Bagian Printer Yang Sering Mengalami Kerusakan

Bagian Printer Yang Sering Mengalami Kerusakan

Bagian Printer Yang Sering Mengalami Kerusakan

Jogja One Solution – Setelah mengetahui komponen komponen printer yang telah kamu baca di artikel ini Komoponen Yang Terdapat Pada Printer Sekarang pada artikel ini akan membahas bagian printer yang sering mengalami kerusakan. Printer adalah alat untuk mencetak suatu dokumen atau bahkan utuk memcetak foto. Jenis jenis printer juga banyak, bahkan ada printer yang khusus untuk menyablon.

Printer sudah banyak digunakan oleh banyak perusahaan swasta dan instansi pemerintah. Perangkat ini memang sangat penting apalagi dalam urusan dokumentasi. Aktivitas perkantoran yang padat mewajibkan alat ini untuk bekerja tanpa henti. Hal ini sangat berpengaruh terhadap performa printer. Sehingga kemungkinan terjadi kerusakan pada printer sangat besar. Kerusakan terjadi pada salah satu komponen atau bagian printer. Tapi sangat memungkinkan kerusakan terjadi lebih dari satu printer.

Berikut bagian-bagian komponen printer yang sering rusak :

  1. Mainboard

    Mainboard merupakan komponen inti dan induk dari sebuah printer. Harganya juga tidak murah alias mahal. Mainboard bertugas dalam mengatur semua perintah kerja dan merupakan tempat dimana pergerakan mekanik dan olahan semua data berada disini.Kerusakan printer pada mainboard :

    • Diode yang terdapat pada mainboard mengalami kerusakan dan menyebabkan system pada mainboard mati total.
    • Mainboard yang rusak juga akan bermasalah, karena mainboard tidak dapat mendeteksi tinta printer. Hal ini ditandai dengan bagian fusenya yang rusak.
  2. Head and Catridgekerusakan printer - Head and Catridge

    Bisa disebut sebagai otak dari outpu/keluaran printer. Perintah print text maupun gambar dicetak dalam bentuk hardfile disini. Permasalahan kerusakan printer yang sering terjadi di head catridge adalah hasil cetakan hardfile terdapat garis-garis. Bahkan akibat kerusakannya tinta tidak keluar sama sekali. Hal ini tentunya merupakan permasalahan yang akan sangat merepotkan. Sehingga dibutuhkan perawatan yang rutin terhadap komponen ini.

  3. Encoder

    Encoder bertugas sebagai timer pada head. Komponen ini tidak terdapat pada beberpa jenis printer. Letaknya berada dibelakang head dan menepel pada catridge.Kerusakan printer yang terjadi pada bagian ini biasanya :

    • Head atau catridge bergerak ke kanan dan kekiri sangat cepat
    • Hasil cetak berupa text atau gambar menyerong dan berbayang kesamping

    Hal ini biasanya terjadi karena bagian ini kotor atau rusak.

  4. Sensor Paperkerusakan printer - Sensor Paper

    Prinsip kerja dari alat ini adalah sebegai detector atau pendeteksi ada atau tidak adanya kertas yang akan diprint. Alat ini juga bertugas dalam mendeteksi ukuran sebuah kertas.  Alat ini terdapat pada bagian atas rol atau samping penarik kertas.Kerusakan printer yang sering terjadi :“paper jam” merupakan informasi yang muncul pada layar. Hal ini berarti terdapat bekas kertas yang tersangkut didalam printer. Hal ini akan menyebabkan terjadinya masalah pada printer. Terdapat peringatan lampu led dibagian kertas menyela bila permasalahan ini terjadi.

  5. Rol Penarik Kertas

    Alat ini berfungsi untuk menarik kertas pada printer. Permasalahan yang biasa terjadi pada bagian ini ssperti :Karet pada roll sudah menipis dan akibatnya printer akan menarik kertas lebih dari satu lembar bahkan tidak bisa menarik kertas sama sekali.

  6. Power Supply

    Power supply berperan penting dalam pengoperasian printer. Bertugas untuk memberikan tenaga untuk menghidupkan printer selain itu komponen printer juga disuplay tegangannya dari bagian ini.Kerusakan printer yang sering terjadi pada power supply :Tidak fungsinya power supply akan berakibat tidak berfungsinya printer sama sekali.

  7. Kabel Flexible

    Sangat jarang bagian ini sering terjadi masalah. Tetapi kerusakan printer pada bagian ini yang kemungkinan terjadi seperti :

    • Tidak bisa mendeteksi katrid meski sudah diganti katrid yang lain.
    • Apabila sensor encoder belum dipastikan kelayakannya. Hal ini akan berpengaruh pada Head catridge yang akan bergeser geser kanan kiri secara cepat.
  8. Timing Disk

    Kualitas kertas sedang dan foto sangat berpengaruh pada kecepatan jalannya saat mencetak. Komponen ini bertugas sebagai pengatur jeda waktu saat printer mulai menarik kertas. Itulah gunannya timing disk berada walaupun tidak semua printer memasang komponen ini kedalamnya.Kerusakan printer yang sering terjadi :

    • Gambar atau teks hasil cetakan berbayang-bayang kearah bawah
    • Pengaturan waktu rol menjadi sangat cepat. Hal ini ditandai dengan lampu indicator menyala selama kira-kira 3 detik.

    Mencuci noda tinta yang menempel pada timing disk bisa menurunkan dan meminimalisir masalah yang terjadi pada komponen ini.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat