Bagaimana Cara Kerja Penyimpanan Cloud

Bagaimana Cara Kerja Penyimpanan Cloud

BAGAIMANA CARA KERJA PENYIMPANAN CLOUD

JosCloud Storage adalah model penyimpanan data komputer di mana data digital disimpan dalam kumpulan yang logis. Penyimpanan fisik mencakup banyak server (terkadang di beberapa lokasi), dan lingkungan fisik biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting.

Penyedia penyimpanan awan ini bertanggung jawab untuk menjaga agar data tersedia dan dapat diakses, dan lingkungan fisik terlindungi dan berjalan. Orang dan organisasi membeli atau menyewa kapasitas penyimpanan dari penyedia untuk menyimpan data pengguna, organisasi, atau aplikasi.

Cara Cloud Storage Bekerja

Sebuah cloud storage bisa bekerja jika ada satu data server yang sudah terhubung dengan jaringan internet. Dengan menggunakan internet, client atau yang menggunakan layanan cloud storage akan mengirimkan salinan dari file yang dimilikinya dan kemudian server akan otomatis mencatat file tersebut kedalam media penyimpanan.

Saat client akan mengambil kembali file miliknya tersebut, si client bisa mengakses data yang dimaksud lewat interface yang sudah berbasis web.

Setelah itu, file tersebut nantinya otomatis dikirimkan ke komputer client atau server akan memberikan izin kepada client untuk mengakses, merubah dan mengambil data yang ada pada server tersebut.

Biasanya, sebuah sistem cloud storage akan mengandalkan lebih dari satu server. Hal tersebut dikarenakan komputer server membutuhkan perawatan ataupun perbaikan nantinya, sehingga data akan diakses melalui komputer server lainnya.

Cloud storage akan menyimpan data yang sama atau disebut dengan redudancy agar jika salah satu data server mati atau dalam perbaikan, client tetap bisa mengakses data miliknya dari komputer server lainnya.

Jika cloud server tak memiliki redudancy, maka klien akan kesulitan mengakses data atau file miliknya jika komputer server sedang down atau mati. Sehingga sistem cloud server akan mengcopy data dari client ke beberapa komputer server yang terhubung agar client bisa mengakses datanya walau salah satu dari komputer server sedang mengalami gangguan.

Nah itulah bagaimana cara kerja penyimpanan cloud , Semoga bermanfaat.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat