Awal Mula Google AdWord

Awal Mula Google AdWord

AWAL MULA GOOGLE ADWORD

Jogja One Solution – Jika pada artikel sebelumnya kita sudah sama-sama memahami tentang Google AdSense. Terdapat satu lagi yaitu google adWord. Yang tidak kalah penting juga Anda harus pahami. Maka dari itu, yuk kita perhatikan ulasan berikut ini mengenai bagaimana asal mula dari Google adWord.

Awal Mula Google AdWords

Kapan Google mulai meluncurkan platform ini?

AdWords mulai diluncurkan pada tahun 2000.

Pada awalnya, pengiklan AdWords membayar layanan bulanan, dan Google akan mengatur dan mengelola campaign mereka.

Lalu untuk mengakomodasi bisnis kecil dan mereka yang ingin mengelola campaign mereka sendiri, Google segera memperkenalkan portal layanan mandiri AdWords. Pada tahun 2005, Google memulai layanan campaign management yang disebut Jumpstart.

Pada tahun 2005, Google meluncurkan Program Google Advertising Professional (GAP) untuk mengesahkan individu dan perusahaan yang menyelesaikan pelatihan AdWords dan lulus ujian.

Pada tahun 2008, Google meluncurkan Google Online Marketing Challenge, latihan akademik di kelas untuk siswa tersier.

Ada lebih dari 8.000 siswa dari 47 negara berpartisipasi dalam tantangan ini pada tahun 2008, lebih dari 10.000 siswa dari 58 negara mengambil bagian pada tahun 2009, sekitar 12.000 siswa pada tahun 2010, dan hampir 15.000 siswa dari 70 negara pada tahun 2011.

Tantangan ini berjalan setiap tahun antara Januari hingga Juni .

Pada April 2013, Google mengumumkan rencana untuk menambahkan campaign yang disempurnakan untuk AdWords guna membantu campaign management melayani pengguna multi-perangkat.

Campaign yang disempurnakan ini bertujuan untuk menyertakan laporan lebih lengkap tentang pengguna. Namun langkah ini telah menjadi kontroversi di antara pengiklan.

Pada Juli 2016, Google meluncurkan iklan “Showcase Shopping”.

Dengan format ini, para penjual produk dapat memilih apakah mereka akan menampilkan serangkaian gambar yang akan muncul dalam hasil pencarian yang terkait atau tidak. Tentu ini juga berhubungan dengan berbagai permintaan pencarian dan kata kunci.

Pada bulan Oktober 2017, Google merevisi batas anggaran harian AdWords, yang sebelumnya ditetapkan pada maksimum 120% dari anggaran harian yang telah ditetapkan, hingga maksimum 200%.

Perubahan ini diluncurkan pada hari yang sama dengan pengumuman itu. Ini memicu kritik dari para profesional pengiklan digital, meskipun Google kemudian menjelaskan bahwa perubahan ini hanya akan memengaruhi campaign jangka pendek, yakni kurang dari 30 hari, sementara untuk campaignyang berjalan lebih dari 30 hari, biaya lebihnya akan dikembalikan.

Pada tanggal 27 Juni 2018, Google mengumumkan rebranding Google AdWords menjadi Google Ads mulai 24 Juli 2018.

Itulah uraian singkat tentang asal mula Google AdWords dari tahun 2000 hingga kini. Dengan sumber daya melimpah, Google Ads tetap menawarkan smart campaign untuk bisnis kecil yang tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk mengelola campaign iklan digital yang rumit.

Lalu Apakah Google AdWords Patut Dicoba?

Tahukah kamu kalau selain Google Ads ada juga platform PPC yang lain?

Ada cukup banyak pesaing Google di bidang ini, diantaranya, Facebook dengan Facebook Ads, Twitter Ads, dan lain-lain. Selain itu mesin pencari Bing dan Yahoo juga memiliki platform iklan digital masing-masing.

Jadi, Google bukanlah satu-satunya mesin pencari yang bermain di bidang iklan digital.

Namun meskipun sudah cukup banyak pesaing, bisa dibilang Google AdWords masih menjadi yang terdepan dalam hal menjangkau target audiens .

Google memperoleh penerimaan cukup besar dari bisnis iklan digital karena yang menggunakanplatform ini cukup banyak.

Meski begitu, masih ada yang ragu untuk menggunakannya karena berbagai alasan. Apakah kamu juga salah satu yang ragu?

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat