Atasi Blackscreen Pada Laptop Padahal Mesinnya Nyala

Atasi Blackscreen Pada Laptop Padahal Mesinnya Nyala

Atasi Blackscreen Pada Laptop Padahal Mesinnya Nyala

Jogja One Solution – Jika kalian pernah mengalami blackscreen pada saat menyalakan laptop, padahal lampu daya hidup, kipas berjalan, harddisk berjalan normal tetapi tidak ada yang muncul di layar. Dalam masalah ini mungkin laptop kalian harus memberikan catu daya yang tepat untuk semua bagian hardware tetapi motherboard tidak bisa boot karena beberapa kegagalan hardware atau boot motherboard kalian normal tapi tidak mampu menunjukkan tampilan hanya karena layar laptop anda rusak .

Jika laptop Anda menunjukkan tanda-tanda power supply bermasalah atau dengan kata lain sudah tidak mampu mensuplay daya karena sudah lama digunakan, Anda dapat mencoba menggunakan adaptor daya yang berbeda atau memeriksa daya yang masuk dengan alat ukur daya.
Ada beberapa hal yang dapat memperbaiki laptop kalian yang blackscreen. Cobalah ikuti langkah langkah di bawah ini :

Tampilan/Display

Pertama kita mulai dengan layar

Kadang-kadang masalahnya adalah hanya karena tampilan layar anda rusak. Jika tampilan kalian mati atau rusak motherboard kalian tidak akan pernah bisa menunjukkan sesuatu di layar atau memberikan beberapa kode kesalahan. Kalian harus memecahkan masalah ini sendiri.
Untuk memecahkan masalah ini, kalian memerlukan sebuah layar eksternal untuk memeriksa apakah laptop kalian bekerja dengan baik atau tidak. Jika menggunakan layar eksternal masih belum berhasil, berarti kalian memiliki masalah dengan tampilan layar kalian. Kalian harus menggantinya dengan yang baru untuk memperbaiki laptop kalian atau jika laptop kalian masih tidak menunjukkan apa pun di layar. Jika layar eksternal dapat menampilkan display, maka yang bermasalah adalah layar internal kalian. Untuk itu kalian dapat beralih ke solusi berikutnya di bawah ini.

Cek bios

Kadang-kadang bios sistem kami berhenti bekerja karena beberapa alasan dan bios perlu di restart untuk berjalan dengan baik kembali. Untuk mereset bios laptop kalian, ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Langkah 1 – matikan laptop dan cabut adaptor daya.

Langkah 2 – keluarkan baterai laptop.

Langkah 3 – tekan tombol power laptop selama 20 detik untuk menguras semua baterai

Langkah 4 – nyalakan laptop kalian tanpa baterai.

Cara Ini benar-benar akan mereset bios kalian dan sekarang kalian dapat menjalankan laptop kalian seperti sebelumnya. Jika laptop kalian masih blackscreen, kalian dapat mengikuti solusi berikutnya di bawah ini :

Cek RAM

 
Biasanya masalah blackscreen adalah 90% disebabkan oleh RAM, ini berarti kalian mempunya ram mati atau motherboard kalian kotor, coba bersihkan dahulu, jika sudah bersih namun masih blaxkscreen silahkan ikuti langkah selanjutnya atau beli ram baru dan lihat apakah masalah kalian terselesaikan.

Memecahkan masalah RAM

Langkah 1 – Cabut semua sumber daya seperti baterai atau adaptor daya.
Langkah 2 – Buka laptop kalian dimana RAM berada, lepaskan RAM dari slotnya secara hati-hati.
Langkah 3 – Bersihkan ram laptop kalian dengan benar yaitu coba bersihkan kaki RAM dengan penghapus sampai dirasa tidak ada lagi kotoran yang menempel.
Langkah 4 – Masukan ram kembali ke laptop kalian dan dimasukkan kembali penutup juga.
Langkah 5 – Hidupkan laptop kalian.
Jika kalian punya dua ram terpasang di komputer kalian, coba melepas salah satu dari mereka dan coba untuk menghidupkan komputer Anda.

Jika komputer kalian masih tidak menyala coba lepas ram yang dari slotnya dan pasang ke dalam slot lain.
Jika komputer kalian masih tidak mampu menyala, coba lakukan langkah-langkah seperti sebelumnya dengan memasang ram lain kalian (sebaliknya). Jika semua gagal kemungkinan RAM kalian mati, kalian dapat mencoba untuk meminjam ram kompatibel dari teman kalian dan pasang di laptop kalian untuk memastikan apakah ram kalian sudah mati atau tidak.
Jika kalian menemukan ram anda mati, kalian dapat mencoba untuk memperbaiki ram kalian sendiri.

Masalah Motherboard / GPU



Jika semua solusi di atas tidak bekerja pada laptop kalian berarti kalian memiliki masalah dengan motherboard kalian, saya sarankan kalian untuk melakukan servis laptop kalian ke ahlinya, jangan mengambil resiko besar dengan memperbaiki motherboard kalian sendiri.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat