Asal Usul Website

Asal Usul Website

Asal Usul WebsiteASAL USUL WEBSITE

Jasa Pembuatan Website Jogja – Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

Kenali Sejarah Website

Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.

Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.

Sebuah website dibuat di dalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).

1. Pre Web

Definisi Usenet

Usenet singkatan dari User Network merupakan sistem perangkat lunak yang membagikan artikel ke banyak sites diseluruh dunia. Usenet ini menggunakan teknologi UUCP dalam membagikan artikelnya. Artikel yang ada pada Usenet dapat disortir sesuai dengan topik yang sedang didiskusikan.

Definisi Gopher

Gopher adalah TCP/IP Application layer protokol yang dirancang untuk menyebarkan, mencari dan mengambil dokumen melalui internet. Sangat mengarah pada desain dokumen menu, pada tahap awalnya protokol Gopher disajikan desain menarik untuk alternatif World Wide Web, tetapi akhirnya gagal dalam mencapi popularitas.

Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah para pengguna internet tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Ghoper dapat memungkinkan  user akan mengakses ke berbagai situs dunia. Selain itu, Ghoper juga dapat digunakan secara hirarki.

Definisi FTP

FTP sendiri merupakan singkatan dari File Transfer Protokol. Protokol FTP juga salah satu protokol yang paling awal dikembangakan oleh Abhay Bhushan sekitar tahun 1970-an.

Fungsi FTP itu sendiri adalah melakukan transfer file antara komputer yang terhubung dengan jaringan iternet. Dalam bahasa teknis, FTP diketahui sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. Hal ini mencakup serangkaian peraturan dan prosedur untuk transfer digital yang aman.

Definisi Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung secara global atau mendunia. Karena terhubung secara global melalui jaringan, kita dapat saling bertukar data/informasi. Jaringan internet bekerja berdasarkan suatu protokol atau aturan. Aturan itu adalah TCP/IP, suatu protokol yang digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan. Setiap komputer mempunyai suatu nomor unik yang kita ketahui dengan alamat IP.

Memex

Memex merupakan singkatan dari Memory Extender. Vannevar Bush adalah orang yang memberikan nama itu. Memex disebut-sebut sebagai pelopor dari teknologi hiperteks yang muncul dikemudian hari.

2. Web 1.0, Web 2.0, dan Web 3.0

  • Web 1.0 yang sejak tahun 1992 mulai mengenalkan berbagai web browser, serta mendorong perkembangan pemanfaatan Web sebagai penyedia informasi. Pada tingkat ini web masih bersifat read only.
  • Web 2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini menambah sifat yang read only menjadi read write. Aplikasi berbasis Web semakin banyak diterapkan. Web dan jejaring sosial dimulai dengan lahirnya berbagai sarana seperti wikipedia, blog, friendster.
  • Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru mencermati pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat