Aplikasi Perkantoran Selain Ms.Office

Aplikasi Perkantoran Selain Ms.Office

software yang biasa kita gunakan sehari hari untuk office biasanya Ms.Word, Ms.Excel. Tapi tahukah Anda, masih ada aplikasi yang lain selain Ms. Office. Berikut ini Aplikasi perkantoran selain Ms. Office :

1.  Kingsoft Office 2007

 

Kingsoft Office ini dibuat dan dikenal di China dengan nama WPS Office yang merupakan salah satu produk dari sebuah pengembang software asal China yaitu Kingsoft. Sejak WPS Office 2002 bentuk tampilan serta fitur-fitur didesain mirip dengan Microsoft Office. Dan sejak WPS Office Storm 2005, aplikasi sudah mendukung penuh format-format dokumen Microsoft Office 2000 – 2003.

Tidak dibutuhkan banyak waktu dan latihan untuk menggunakan Kingsoft Office 2007 Personal yang didalamnya terdapat aplikasi Kingsoft Writer (Word), Kingsoft SpreadSheets (Excel), Kingsoft Presentation (PowerPoint).

Dan yang lebih menakjubkan, ketiga aplikasi di atas dalam Kingsoft Office 2007 Personal hanya memiliki ukuran file installer yang kecil (kurang dari 50 MB) dan “tidak rakus” memori sehingga membuat aplikasi ini bisa digunakan di komputer-komputer lama dan juga bisa berjalan di atas Windows Vista. Kelebihan yang lainnya dari Kingsoft Office 2007 Personal ini juga memiliki fitur built-in untuk export dan menyimpan dokumen dalam format PDF.

2.  Corel WordPerfect Office

orel WordPerfect Office X4 menawarkan paket software yang kuat dan fitur yang banyak seperti yang ada di Microsoft Office. User dapat membuka 60 format file, file OOXML dari Office 2007, walaupun file disimpan dalam format yang berbeda. Harga dari software ini dalam perkiraan $299 untuk Standard Edition, termasuk WordPerfect untuk text, Lightning untuk notes, Quattro Pro untuk spreadsheets, Mail, dan Presentations Graphics editor. Sedangkan untuk Home dan Student Edition ($199) terdiri dari aplikasi WordPerfect, Quattro Pro, Presentations, Lighting, dan Visual Intelligence. Untuk Professional Edition ($259), memiliki aplikasi yang sama dengan Standard Edition hanya ditambah database Paradox.

Kelebihan software Corel WordPerfect Office X4 :
Memiliki aplikasi Word Processing, spreadsheet, presentasi, note-taking, email, aplikasi grafis, support lebih dari 60 format file, seperti ODF dan file dari Microsoft Office 2007 dan di bawahnya, mampu menangani PDF seperti OCR di PDF, juga merupakan tool yang kuat untuk dokumen yang panjang. Software ini juga dilengkapi fitur keamanan, dan upgrade tidak akan mengganggu tampilan interface secara keseluruhan.

Kekurangan : software ini agak rumit untuk dipelajari bagi user yang menggunakan Microsoft Office 2007, beberapa fungsi sulit untuk ditemukan, integrasi antar aplikasi masih kurang, dan harga yang cukup mahal.
Spesifikasi utama perangkat lunak Corel WordPerfect Office X4 :

  • Komponen software : Corel Quattro Pro, Corel WordPerfect, Corel Presentations, Corel WordPerfect Mail, Corel Visual Intelligence, Corel WordPerfect Lightning
  • OS : Microsoft Windows Vista Business/Vista Ultimate/Home Basic/Home Premium, Microsoft Windows XP Home Edition/Professional/Media Center Edition
  • Browser : Internet Explorer 6.0 atau di atasnya
  • Processor minimum : 466MHz
  • System minimum : Pentium III, RAM 256 MB, harddisk 600 MB

3.  SSuite Office Software.

Satu lagi aplikasi alternatif pengganti Microsoft Office namun bebas lisensi, SSuite Office. Aplikasi ini berfungsi hampir sama dengan Microsoft Office, yaitu untuk melakukan pekerjaan kantor, misalnya membuat dokumen atau mengedit data. Kelebihan aplikasi ini adalah user tidak harus menginstal JavaScript atau Net Framework. Tanpa kedua aplikasi tersebut, aplikasi SSuite Office dapat Anda manfaatkan untuk membantu pekerjaan Anda. Kompatibilitas software ini terhadap aplikasi lainnya yang terdapat di platform desktop Anda dapat dikatakan cukup baik.

4.  KOffice

KOffice adalah paket aplikasi office untuk K Desktop Environment (KDE). Semua komponennya dirilis dengan lisensi open source. Versi terbaru KOffice adalah 2.3.1, yang dirilis 2011.

KOffice sendiri terdiri dari beberapa aplikasi, yaitu:

  • KWord – pengolah kata
  • KSpread – pengolah angka (Spreadsheet)
  • KPresenter – pengolah presentasi
  • Karbon14 – pengolah gambar vektor

Konsep yang diusung sekilas mirip konsep MS Office 2007, bedanya adalah KOffice memasang toolbar di sebelah kanan/kiri dokumen. Menu didalam aplikasi tidak banyak dan ditata dengan bagus. Anda akan sangat terkesan (seperti saya) pada saat pertama kali membuka dan menjalankan KOffice. KOffice sendiri menggunakan format file ODF untuk menyimpan file, jadi mirip dengan OpenOffice/LibreOffice..

5. GNOME Office

Aplikasi Office satu ini berjalan di lingkungan Linux Gnome. Berbeda dengan yang lainnya, ia mengkombinasikan komponen office semacam AbiWord, Evolution mail, Gnumeric spredsheet, aplikasi Gnumeric DB ke dalam satu paket aplikasi. Jika anda menggunakan Debian, Gnome Office melengkapi dirinya dengan aplikasi tambahan seperti Dia diagram, aplikasi manipulasi gambar GIMP, Inkscape untuk vektor dan alat-alat manajemen proyek.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat