Apa yang Dilakukan Saat Komputer Freeze?

Apa yang Dilakukan Saat Komputer Freeze?

Apa yang Dilakukan Saat Komputer Freeze?

Jogja One Solution – Saat kita menjalankan suatu aplikasi di laptop biasanya laptop atau komputer kita tiba-tiba ngehang atau not responding. Nah kali ini kita akan membahas apa yang dilakukan saat komputer freeze.

Jika kamu menjalankan sebuah aplikasi, lalu tiba – tiba not responding, atau bahkan freeze / hang kamu tidak bisa menutup aplikasi itu secara langsung. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat komputermu hang. Jika kamu khawatir tentang dokumen penting yang belum kamu simpan, pastikan program yang kamu gunakan mempunyai fitur autosave, sehingga kamu dapat mengembalikan dokumen itu setelah me-reboot / restart komputermu.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat komputermu Freeze.

Komputer freeze, hang

Tunggu Beberapa Saat

Tunggulah. Beri komputer beberapa menit untuk memprosesnya. Terkadang komputer terlihat seperti hang, namun sebenarnya komputer hanya sedang lambat atau sibuk menjalankan task yang rumit dan banyak.

Apakah Komputer Mengalami “Deadlock”?

Lihat apakah komputer dapat merespon sesuatu dengan menekan tombol Caps Lock di keyboard dan lihat indikator led (cahaya) dapat menyala dan dapat dimatikan. Jika komputer dapat menghidupkan dan mematikan Caps Lock, lanjut ke tahap berikutnya. Jika tidak ada yang terjadi, komputer mengalami deadlock, dan kamu harus merestart komputermu.

Buka Task Manager dan End Task

Jika tombol di keyboard masih berfungsi seperti tombol Caps Lock, Windows masih berjalan, namun ada program lain yang Not Responding dan membuat komputer hang. Tekanlah Ctrl + Alt + Del untuk membuka Windows Task Manager. Jika Task Manager sudah terbuka, pilih program yang Not Responding dan pilih End Task, lalu komputer seharusnya sudah tidak lagi hang.
Namun ingat! Masih memerlukan sekiranya 20 detik untuk menghentikan program yang Not Responding. Jadi, jika kamu sudah mengklik ‘End Task’, tunggulah hingga program itu benar-benar tertutup.

Restart komputermu

Jika sudah melakukan cara diatas, mungkin masih ada hardware atau driver yang tidak bekerja dengan benar. Seperti hard disk, VGA, RAM, atau hardware lainnya yang dapat menyebabkan hang. Beberapa device atau alat mungkin dapat menyebabkan hang jika jarang diupdate, tidak sesuai dengan driver lain, atau hanya tidak bekerja dengan baik.

Serahkan Komputermu ke Ahlinya Untuk diperbaiki

Jika kamu sudah mencoba cara diatas tetapi tidak behasil, Mungkin jika dibiarkan lama akan bertambah buruk. Disarankan untuk membawa komputermu ke tempat reparasi komputer dan biarkan teknisi untuk mendiagnosa dan memperbaiki masalahnya.
Itulah beberapa hal yang bisa kalian lakukan saat laptop hang atau not responding, Semoga bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat