Apa Itu Schema Markup: Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui

Apa Itu Schema Markup: Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui

Apa Itu Schema Markup: Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui

Penjelasan dan Cara Membuat Schema Markup | Venesyt MediaJogja One Solution – Untuk meningkatkan performa SEO terbaik, Anda harus memahami secara mendalam tentang semua topik yang berkaitan dengan SEO dan beberapa elemen teknis yang harus dipahami meskipun hal itu tidak begitu mudah dipelajari. Salah satu teknik yang perlu diperhatikan adalah schema markup. Schema markup memiliki peranan penting dalam strategi SEO selama bertahun-tahun dan tampaknya mesin pencari utama masih merekomendasikan penggunannya. Tapi, apa itu schema markup: semua hal yang perlu anda ketahui apa saja?. Schema markup adalah sebuah kode dan microdata yang dibuat dengan tujuan membantu mesin pencari memberikan hasil yang lebih informatif bagi pengguna internet. Schema markup memungkinkan Anda untuk membuat deskripsi yang dapat muncul di hasil pencarian.

Mengapa Menggunakan Schema?

Setelah ditambahkan ke website, schema markup menghasilkan deskripsi yang memuat informasi terperinci (biasanya disebut rich snippet). Deskripsi ini nantinya muncul di mesin pencari dan berisikan rating atau peringkat, ulasan, harga, dan informasi lainnya yang ingin ditampilkan.

Meskipun kesannya sepele, jika dikombinasikan dengan SEO (Optimasi Mesin Pencari) – metode untuk mengoptimasi situs agar peringkatnya naik di mesin pencari – schema org bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Fokus utama SEO adalah memperbaiki serta memperbarui kuantitas dan kualitas trafik yang datang ke suatu website melalui hasil pencarian organik di mesin pencari. Schema atau structured data akan jadi salah satu tool terbaik untuk menghasilkan pencarian organik dan memperbanyak trafik.

Schema markup akan menampilkan informasi konteks dari suatu konten. Dengan menambahkannya ke bagian tertentu pada website, mesin pencari bisa dengan mudah mengenali dan mengetahui apa yang dibahas atau disampaikan oleh konten yang Anda buat. Popularitas konten pun meroket dan semakin banyak orang yang datang dan mengakses website Anda.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, meskipun mampu mengenali suatu konten, mesin pencari tidak sepenuhnya bisa memahami isi dari konten tersebut.

 

Apa itu schema - contoh schema di mesin pencari Google

Orang-orang pun jadi lebih mudah memperoleh informasi yang mereka inginkan, misalnya dalam hal ini adalah resep seblak.

Contoh lainnya, ketika Anda mengetikkan kata kunci “Film Schindler’s List” di Google, schema-nya akan terlihat seperti ini:

Contoh schema Schindler's List

Tipe Schema Markup

Selain contoh yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada banyak tipe schema org lainnya yang mungkin Anda sudah sering lihat tapi tidak atau belum bisa mengidentifikasikannya. Berikut 10 tipe schema markup yang paling sering digunakan:

1. Rating/Review Schema

Sebelum memutuskan untuk berlangganan suatu layanan, atau membeli produk, atau menonton film, pastinya Anda terlebih dulu membaca review atau ulasan singkat yang ditulis oleh orang lain, bukan? Nah, di sinilah fungsi schema rating/review. Tipe schema ini akan menampilkan peringkat atau ulasan langsung di halaman hasil pencarian search engine (SERP).

Contoh review schema org2. Organization Schema

Schema markup jenis ini akan menampilkan pengenalan singkat dari suatu perusahaan atau organisasi, termasuk logo resmi, informasi kontak, dan lokasi atau alamat. Setidaknya, audiens yang ingin mengetahui seluk-beluk suatu perusahaan bisa membaca informasi singkat ini terlebih dulu.

Contoh organization schema, structured data3. Person Markup Schema

Person Markup Schema menampilkan informasi dasar tentang figur atau individu, seperti nama, tanggal kelahiran, pendidikan, anggota keluarga, pencapaian, dan informasi penting lainnya.

Contoh person schema markup4. Video Schema

Dengan adanya Video Schema Markup, mesin pencari seperti Google bisa lebih mudah dalam mengindeks video pada suatu website. Schema ini juga akan menampilkan video di Pencarian Video Google, bersamaan dengan video lainnya yang berasal dari YouTube.

Contoh video markup

5. Event Schema

Event Schema Markup akan menampilkan informasi dari suatu acara yang sudah dijadwalkan, seperti tanggal diadakannya acara tersebut, lokasi, dan juga harga tiket. Penggunaan schema tipe ini akan mempermudah orang-orang yang sedang mencari informasi umum dari acara tertentu.

Contoh event markup

6. Recipe Schema

Jika Anda punya website khusus untuk pengolahan makanan dan minuman, menambahkan Recipe Schema Markup akan memberikan manfaat yang menguntungkan. Schema ini akan menampilkan sebagian konten Anda dalam rupa rich snippet. Selain itu, schema org ini juga akan menandai setiap elemen yang ada pada resep sehingga konten Anda akan muncul berdasarkan kata kunci yang dimasukkan audiens, misalnya bahan masakan, waktu memasak, dan lain sebagainya. Audiens pun punya kesempatan untuk melihat-lihat atau menilai konten terlebih dulu sebelum mengklik link yang disediakan.

Contoh recipe schema7. Local Business Schema

Schema ini sangat penting bagi bisnis offline/fisik atau cabang organisasi/perusahaan, seperti restoran, rumah sakit, dll. Local Business Schema Markup mempermudah audiens yang hendak mencari suatu perusahaan atau organisasi. Di dalam structured data ini, terdapat informasi umum berupa alamat, jam buka, info kontak, dll.

Contoh local business schema

8. Product & Offer Schema

Product & Offer Markup menyediakan informasi produk, seperti harga dan status ketersediaan. Biasanya markup ini diaktifkan oleh para pelaku usaha yang ingin menjual barang atau menyediakan layanan tertentu. Tujuannya adalah untuk membuat produk dan layanan jadi lebih menonjol dibanding kompetitor yang tidak menggunakan schema serta mempermudah pembeli melakukan perbandingan.

Meskipun namanya digabungkan, sejatinya markup ini terdiri atas dua tipe. Pertama, Product markup hanya menampilkan nama barang atau layanan. Contohnya seperti di bawah ini:

Contoh product markup

Kedua, Offer markup menampilkan mata uang dan harga suatu produk:

Contoh offer markup

9. Breadcrumb Schema

Breadcrumb Markup adalah skema yang merujuk pada link path atau lokasi halaman tertentu pada website. Skema ini akan membantu user atau audiens yang ingin mengakses halaman tertentu saja. Selain itu, Breadcrumb Markup juga akan mengurangi bounce rate.

Contoh breadcrumb

10. Article Schema

Schema Article Markup mempermudah mesin pencari untuk mengolah dan menampilkan konten berdasarkan informasi, seperti headline, waktu publikasi, gambar fitur, dan bahkan video. Jenis Article Schema Markup cukup bervariasi dan tergantung pada tipe artikel, seperti berita, teknologi, postingan blog, dll.

Contoh article schema

Untuk schema selain sepuluh markup yang disebutkan di atas, bisa Anda cek info selengkapnya di situs schema.org.

Kesimpulan

Apa Itu Schema Markup: Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui. Seperti yang sudah dijelaskan, schema markup adalah structured data atau data terstruktur yang ditambahkan ke HTML konten website untuk mengatur bagaimana suatu konten seharusnya ditampilkan, dilihat, dan dikategorikan di SERP.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat