Apa Itu Printer DTG Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Printer DTG Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Printer DTG Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jogja One Solution – Sablon. Tentu tidak asing di telinga kalian mendengaar kata sablon. Tapi, tahukah kalian? Jaman sekarang sudah makin berkembang. Untuk menyablon pun sekarang sudah memakai printer yang disebut dengan printer DTG. Dengan adanya printer ini, para pengusaha sablon menjadi lebih mudah untuk memproduksi sablon. Karena printer ini sangatlah praktis dan sangat membantu para pengusaha sablon. Tapi tentu saja, printer ini juga memiliki kelebihan serta kekurangan.

Apa yang Dimaksud dengan Mesin Printer DTG?

Sablon DTG adalah teknik menyablon, menggunakan mesin cetak dengan metode tinta khusus yang dapat langsung ke kain (garmen). Melalui proses pre-treatment, lalu diakhiri dengan proses heatpress. Hasilnya akan tercetak lebih baik dan halus, hasil cetak pun tidak akan luntur karena menggunakan tinta khusus garment.

Perkembangan Teknologi Mesin Printer DTG Saat Ini

Di pasaran Indonesia mesin printer DTG bisa dikatakan cukup laris, karena mesin cetak ini mampu mencetak di atas kain yang berwarna gelap.

Ukurannya pun saat ini bisa menjangkau A3 yang semula hanya ukuran A4. Kualitas yang dihasilkan pun setara dengan baju kaos yang ada di outlet-outlet distro, sehingga banyak diminati masyarakat.

Kelebihan Teknik DTG

  • Proses kerjanya yang lebih praktis jika dibandingkan dengan teknologi sablon konvensional.
  • Mencetak dengan tingkat kerumitan yang tinggi, seperti wajah orang menjadi lebih mudah.
  • Bisa memproduksi dalam jumlah satuan.
  • Kualitas yang dihasilkan jauh lebih baik dibandingkan cara konvensional.

Kekurangan Teknik Sablon DTG

  • Area cetaknya masih terbatas, maksimal A3
  • Jika produksi masal waktu yang digunakan jauh lebih lama
  • Biaya produksi lebih mahal dibandingkan sablon konvensional
  • Untuk warna kaos yang gelap, membutuhkan tambahan tinta warna putih sedangkan untuk tinta warna putih harganya cukup mahal.

Daya Tahan Tinta Mesin Printer DTG

Tinta DTG memiliki daya tahan yang terbilang awet, hasil cetakanya halus dan juga tajam. Tidak mudah luntur sebab hasil print-nya permanen hingga ke serat kain. Tidak mudah rusak meski disetrika. Untuk jangka waktunya, tergantung dari cara perawatan baju kaos tersebut.

Waktu yang Diperlukan Untuk Mencetak Satu Baju Kaos

Mencetak baju kaos berwarna putih, diperlukan 5 sampai 8 menit dengan ukuran A3. Sedangkan mencetak baju kaos berwarna selain putih, ada penambahan proses yaitu mencetak warna putih terlebih dahulu sebagai dasarnya. Waktu yang diperlukan untuk baju kaos diluar warna putih yaitu 15 sampai 20 menit dengan ukuran A3.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat