Apa Itu Pitch Deck? Ini Pengertian & Cara Membuatnya

Apa Itu Pitch Deck? Ini Pengertian & Cara Membuatnya

Apa Itu Pitch Deck? Ini Pengertian & Cara Membuatnya

Pitch Deck Dalam Bisnis Startup Itu Penting? - KonekzyJogja One SolutionPitch deck biasanya terbuat menggunakan berbagai macam tools umum seperti PowerPoint, KeyNote, atau Prezi. Tak hanya untuk menjelaskan rencana bisnis, pitch deck juga bisa kamu gunakan saat bertemu dengan perusahaan lain untuk bekerja sama atau orang yang akan menjadi calon Co-Founder. Setelah mengetahui apa fungsi dan pengertian pitch deck, selanjutnya adalah bagaimana cara membuatnya. Apa Itu Pitch Deck? Ini Pengertian & Cara Membuatnya. Yuk simak artikelnya.

 

 

 

 

 

 

Pengertian Pitch Deck

profit

Pitch deck adalah sebuah file presentasi singkat berisi penjelasan seputar kondisi bisnis secara umum, mulai dari solusi yang tertawarkan, proyeksi pendapatan, hingga strategi yang akan dilakukan di masa mendatang. Tujuan pembuatan pitch deck yaitu memudahkan Anda dalam memberikan penjelasan terhadap calon investor maupun konsumen. File presentasi berfungsi sebagai patokan untuk hal-hal apa saja akan Anda sampaikan.

Karena kegunaan pitch deck begitu banyak, sebaiknya persiapkanlah materi pitch deck sebaik mungkin. Tools populer yang paling sering tergunakan dalam pembuatan pitch deck yaitu Microsoft PowerPoint, Prezi dan Keynote.

Pilihlah jenis aplikasi atau tools yang paling familiar bagi Anda. Presentasi tidak perlu membuat terlalu heboh, lebih baik membuat sesederhana mungkin agar semua pesan dapat tersampaikan.

Cara Membuat Pitch Deck

Cara Membuat Pitch Deck

1. Buat 10-12 slide presentasi

Sudah disebutkan dalam pengertian bahwa pitch deck merupakan presentasi singkat. Oleh karena itu, Anda tak perlu membuat banyak slide yang akan mengurangi efektivitas presentasi. Jumlah slide yang paling ideal adalah 10 sampai 12.

Mengapa hanya sedikit slide yang perlu ditampilkan? Audiens baik calon investor, konsumen, maupun partner bisnis hanya ingin mengetahui garis besar start up Anda. Jika presentasi dibuat terlalu panjang, dikhawatirkan mereka akan merasa bosan.

2. Cantumkan nama founder dan tim

Bisnis yang sukses tentu harus didukung oleh orang-orang yang kompeten dan mau bekerja sama. Sebutkan dan jelaskan mengenai orang-orang yang terlibat dalam pembentukan startup. Jelaskan pula mengapa orang-orang tersebut yang akhirnya terpilih.

Bagian ini juga digunakan untuk memperkenalkan tim Anda supaya terjalin kedekatan dengan audiens. Bagian perkenalan juga akan membuat calon investor semakin yakin dengan tim Anda yang solid.

3. Berikan gambaran produk

Pada bagian ini, Anda dapat mengisi dengan foto produk secara detail. Apabila produk Anda berupa software atau aplikasi, lampirkan screenshot semua halaman penting yang ada di dalamnya. Jelaskan secara singkat mengenai produk Anda. Sebisa mungkin, Anda memberi keterangan produk paling banyak 10 kalimat.

4. Jelaskan potensi pasar

Poin ini berisi penjelasan mengenai permasalahan yang menjadi latar belakang Anda mendirikan startup. Jelaskan pula berapa orang yang mengalami masalah tersebut, cara Anda mengatasinya, serta potensi apabila menjadikan sebagai bisnis.

Hal ini adalah bagian paling inti yang harus Anda sampaikan kepada calon investor. Keputusan investor untuk membiayai startup Anda sangat tergantung dari penjelasan Anda mengenai potensi pasar. Jadi, Anda perlu memperhitungkannya dengan matang.

5. Mengutarakan masalah pesaing

Keberadaan pesaing adalah sebuah hal mutlak ada dalam setiap bisnis. Dalam pitch deck, Anda perlu menjelaskan secara gamblang tentang potensi persaingan bisnis Anda. Sampaikan pula keunggulan startup Anda dibandingkan para pesaing.

Jelaskan pula bagaimana strategi yang akan Anda lakukan demi memenangkan persaingan. Anda harus menyampaikan optimisme yang masuk akan pada bagian ini.

6. Sebutkan risiko bisnis dan antisipasinya

Satu lagi hal yang juga pasti dari semua bisnis adalah risiko. Anda juga sebaiknya menjelaskan faktor-faktor yang menjadi risiko dalam bisnis. Jangan lupa jelaskan tentang hal yang akan Anda lakukan apabila risiko tersebut benar-benar terjadi.

Susunan Pitch Deck

Sekarang Anda sudah memahami hal-hal apa saja yang wajib dicantumkan dalam pitch deck serta cara membuatnya. Berikutnya, Anda juga perlu memahami bagaimana urutan atau susunan komponen yang telah dijelaskan di atas supaya menjadi pitch deck ideal. Ada dua jenis slide yaitu utama (wajib ada) dan tambahan (opsional).

Slide utama

  1. Rangkuman

Di urutan pertama ada slide rangkuman atau summary. Isinya antara lain:

  • Penjelasan singkat mengenai produk atau startup.
  • Target pasar yang menyatakan dalam nominal uang.
  • Level atau tahapan yang tengah tercapai oleh startup Anda saat ini.
  • Traksi atau kemampuan startup Anda dalam memonetisasi value yang dimiliki oleh pengguna dalam beberapa bulan terakhir.
  • Besarnya pendanaan yang dibutuhkan oleh startup.
  • Jumlah pendanaan yang telah didapatkan dari sumber lainnya.
  • Nama founder dan anggota tim utama disertai pengalaman atau prestasi yang pernah diraih berhubungan dengan startup.
  • Mitra atau investor yang sudah bergabung atau mendanai startup Anda.
  1. Masalah

Sebutkan memakai kalimat singkat saja, untuk uraian lebih lengkap dapat Anda sampaikan secara lisan.

  • Aktivitas atau kegiatan yang rutin terlakukan oleh masyarakat secara umum.
  • Permasalahan yang menghadapi oleh masyarakat ketika menjalankan kegiatan tersebut.
  • Solusi yang sudah ada saat ini.
  1. Solusi

Tawarkan solusi baru guna menyelesaikan permasalahan yang menghadapi oleh masyarakat  slide sebelumnya. Di sini Anda bisa menampilkan gambar produk atau screenshot program yang berkaitan langsung dengan penyelesaian masalah.

  1. Pemasaran produk

bagian ini, sebaiknya Anda menjelaskan 3 poin utama:

  • Keunggulan startup dalam menjual produk
  • Cara mendapatkan konsumen masa permulaan
  • Sebutkan mitra serta konsumen setia permulaan
  1. Traksi
  2. Rencana ke depan

Slide tambahan

Bagian tambahan yang dapat termasukkan ke dalam slide pitch deck adalah:

  1. Tim
  2. Kompetitor
  3. Pengelolaan uang
  4. Pemasaran
  5. Pengembangan produk
  6. Testimoni pengguna
  7. Data finansial

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat