Apa Itu Phishing, Apa Bahayanya

APA ITU PHISHING, APA BAHAYANYA

Jos– Beberapa dari kalian mungkin pernah mendengar istilah phishing. Sebenarnya, Apasih phishing itu?, Nah, Berikut adalah pembahasan mengenai apa itu phishing dan bahayanya.

 

Phishing Dan Bahayanya

Phising adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target. Istilah ini berasal dari kata “fishing” = “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya. Phising bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu. Hal ini bisa saja dengan maksud mencari celah untuk beberapa akun yang terhubung dengan akun yang telah didapat.

Phising biasanya sering digunakan pada email, dimana penyebaran melalui email ini dilakukan untuk memberikan informasi yang mengarah ke halaman palsu untuk maksud menjebak korban. Untuk menghindari phising, pengguna harus lebih berhati-hati dengan memperhatikan beberapa hal keamanan. Sebagai contoh, jika Anda mengakses suatu halaman website, maka pastikan anda berada di halaman website dengan url domain yang benar. Misalnya, untuk login facebook pastikan anda mengakses halaman facebook.com bukan halaman selain itu.

Phising banyak memakan korban di sektor social media, hal itu dikarenakan social media merupakan akun harian yang sering digunakan oleh pengguna, tanpa sadar pengguna memasuki halaman jebakan yang menyebabkan pengguna bisa saja terjebak karena halaman palsu tersebut.

Tidak hanya itu, phising juga terkadang bisa terjadi manipulasi dimana komputer yang terinfeksi bisa saja memanipulasi beberapa hal yang membuat halaman itu merupakan halaman aslinya, sehingga perlu diperhatikan untuk komputer anda tidak terkena virus untuk menghindari kasus ini.

Cara Mencegahnya

  • Sebelum mengklik dan memasukkan informasi yang bersifat privasi, selalu periksa ejaan link URL yang disisipkan di dalam email.

  • Gunakan perangkat lunak anti phishing.

  • Jika kamu menerima email dari sumber yang sepertinya kamu kenal, namun kamu curiga, hubungi sumber tersebut dengan membuat email baru daripada memilih tombol reply di email tersebut.

  • Jangan menaruh informasi pribadi seperti tanggal lahir, alamat, atau pun nomor telepon di platform yang dapat diakses oleh umum seperti media sosial.

    Nah, Itulah pembahasan mengenai apa itu phishing, Intinya kita harus berhati hati dalam bersocial media ya.

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat