Apa Itu Market Share dan Bagaimana Cara Mengukurnya

Apa Itu Market Share dan Bagaimana Cara Mengukurnya

Pentingkah Mengetahui Market Size dan Bagaimana Cara Mengukurnya?Jogja One Solution – Klasifikasi konsumen dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat pendapatan, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial. Pangsa pasar atau pangsa pasar adalah bagian dari pasar yang dikendalikan oleh perusahaan dan semua potensi penjualan, umumnya dinyatakan dalam persentase. Pangsa pasar adalah persentase total penjualan perusahaan dari semua sumber dengan total penjualan produk (barang dan jasa) dalam industri tertentu. Apa itu market share dan bagaimana cara mengukurnya? yuk simak artikel ini.

 

 

 

Apa itu Market Share?

Untuk mengenal segala sesuatu tentang market share, setidaknya Anda perlu memahami secara mendasar seputar market share itu sendiri. Market share adalah bagian penting perusahaan untuk mengetahui data permintaan. Data ini menunjukkan seluruh segmen pasar yang terbagi ke dalam golongan tertentu, mulai dari gender, kelas ekonomi, dan sebagainya. Data seputar market share memang harus diperbarui secara konsisten agar lebih akurat.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Sales dan Marketing

Menurut definisi market share itu sendiri, memang data yang terdapat di dalam penjelasan hanya menunjukkan waktu dan tempat tertentu saja. Namun, dari data pangsa pasar ini, Anda bisa mengetahui potensi penjualan yang bisa dihasilkan.

Dari persentase penjualan produk perusahaan, Anda bisa melakukan analisa langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Semua ini dilakukan sebagai antisipasi agar perusahaan tidak terjebak pada jurang yang sudah terlihat dari data pangsa pasar.

Banyak perusahaan yang membuat market share untuk mencari strategi bisnis atau pemasaran dalam beberapa waktu ke depan. Sebab dari data market share, Anda lebih mudah menganalisis siapa pesaing dan pelanggan pada produk yang dijual.

 

Jenis-Jenis Market Share

market share

Untuk mengenal lebih jauh terkait market share, maka sahabat Qwords harus mengenali jenis market share yang menjadi target perusahaan. Pasalnya, setiap perusahaan akan mengetahui pangsa pasarnya sebelum dan setelah melakukan analisis terhadap penjualan produknya selama ini.

Berdasarkan ilmu macam macam market share, Anda dapat menggolongkannya ke dalam dua jenis berbeda. Kedua jenis market share terbagi antara nilai dan volume yang mana memiliki tolak ukur tersendiri dalam setiap jenisnya.

Untuk jenis market share yang memiliki wujud nilai, berarti keseluruhan dari pangsa pasar tersebut dihitung berdasarkan total segmen penjualan. Dari sini, dapat difokuskan bahwa perusahaan menghitung seluruh data berdasarkan capaian harga.

Sedangkan pada jenis market share berwujud volume, keseluruhan datanya dihitung berdasarkan data penjualan yang mengacu pada jumlah unit. Jadi, jenis market share ini berfokus pada total barang yang saat ini sudah terjual di pasar.

Pada umumnya, kedua jenis market share yang telah disebutkan tadi tidak bisa berada di titik linier sejajar. Misalkan kemungkinan perusahaan memiliki nilai yang tinggi, namun bisa saja volume market share cenderung rendah.

Bagi Anda yang menggeluti dunia saham, sangat penting untuk mengetahui bagaimana market share pada sebuah perusahaan. Keseluruhan angka inilah yang akan berpengaruh pada pertumbuhan nilai dan volume pada perusahaan nantinya.

Cara Mengukur Market Share

cara mengukur market share

Mengukur seberapa tinggi tingkat keberhasilan perusahaan memang bisa dilakukan melalui data yang dianalisis dalam market share. Akan tetapi, tahukah Anda mengenai cara mengukur pangsa pasar yang ada pada sebuah perusahaan?

Cara menghitung market share perusahaan haruslah dilalui dengan tahap analisis dan riset pada pasar yang menjadi segmen penjualan. Maka dari itu, Anda sebagai pengusaha harus mengerti siapakah pasar yang akan dijadikan target ke depan.

Dari proses analisis pasar inilah, Anda akan melihat seberapa besar potensi yang mampu dimunculkan pada pemilihan pasar tersebut. Ketahui dulu siapa dan seberapa besar segmen pasar yang akan dibidik secara detail. Apabila sudah mengetahuinya, Anda bisa memahami seluruh pesaing yang memiliki potensi untuk menguasai pasar yang sama. Dengan cara ini, Anda bisa mencari strategi bisnis terbaik untuk membuat promosi menjadi lebih tepat sasaran.

Meningkatkan Market Share

pertumbuhan

Setelah Anda memiliki data dan gambaran jelas seputar ukuran market share perusahaan, maka bisa dicari seberapa besar potensinya. Faktanya, terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan sebagai strategi meningkatkan market share.

Langkah paling awal yang harus diterapkan adalah pemilihan ide bisnis dengan jumlah pesaing rendah. Proses perencanaan ini pasti bisa menimbulkan kemudahan bagi Anda untuk bisa mengambil segmen pasar seluas mungkin.

Baca juga: Cara Menentukan Niche Market Yang Tepat Untuk Bisnis Online

Berikutnya adalah memberikan keyakinan bahwa bisnis perusahaan Anda bisa mencapai visi dan misi dalam penjualan. Dari situ, akan ditemukan prinsip kuat sebagai landasan untuk mencapai target bisnis dalam market share tersebut.

Jangan lupa untuk melihat seberapa tinggi kekuatan pesaing dalam bidang bisnis yang sama. Melalui strategi ini, Anda mampu menentukan harga paling efektif yang bisa dicapai segmen pasar dengan kualitas terbaik. Semenjak perusahaan sudah mulai berjalan, bangunlah jaringan pasar yang baik untuk memperlancar bisnis Anda ke depan. Semakin besar jaringan pasar dalam bisnis, semakin tinggi pula peluang Anda untuk menguasai pasar.

Dari keseluruhan penjelasan di atas, pastinya Anda bisa menguasai pangsa pasar secara luas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa market share adalah sebuah perhitungan dalam bentuk persentase dari total penjualan perusahaan. Kiranya sampai disini pembahasan seputar market share untuk bisnis. Jika Anda tertarik untuk memperbesar jangkauan target pasar di ranah digital, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat website sebagai tempat jual beli.

Baca Juga: 10 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Paling Ampuh & Berhasil

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat