Apa Itu Hosting Dan Domain

Apa Itu Hosting Dan Domain

apa itu hosting dan domainAPA ITU HOSTING DAN DOMAIN

Jos–  Mungkin beberapa orang masih belum paham, apa itu hosting dan domain, nah di artikel kali ini akan dibahas mengenai 2 hal tersebut, kita mulai dari hosting terlebih dahulu.

 Apa Itu Hosting?

Kalau diibaratkan sebuah rumah atau bangunan, hosting itu seperti tanah tempat bangunan itu berdiri. Semakin luas tanahnya, maka akan semakin leluasa pula kita dalam membangun, mau dibentuk seperti apa ya terserah kita.

Sedangkan bangunan rumah tersebut itu bisa diibaratkan seperti website kita. Mau dibentuk miring, lurus, memanjang, atau melebar, ya suka-suka kita.

Namun bedanya jika di dalam bangunan itu kita bisa menempatkan berbagai macam perabot, almari, kasur, kulkas, meja, kursi, dan lain sebagainya, di website kita menempatkan berbagai macam file yang berbentuk teks, gambar, dan file aplikasi.

Nah, lalu bagaimana caranya kita menggunakan hosting?

Cara menggunakan hosting adalah dengan menyewa hosting terlebih dahulu. Cara mendapatkannya juga mudah, cari saja provider atau penyedia hosting yang ada di sekitar Anda. Atau, cari saja di internet.

Itulah gambaran simple-nya.

Jadi nggak usah pusing, nggak usah dibikin ribet. Paling mudah menggambarkan apa itu hosting yaitu dengan analogi bangunan dan tanah tadi.

Apa Itu Domain?

Ibarat sebuah bangunan, tanah tempat bangunan berdiri adalah hosting, sedangkan bangunan adalah website, dan alamat bangunan tersebut adalah domain.

Seringkali orang terbalik-balik dalam memahami istilah ini. Jangan khawatir, Anda tidak sendirian, saya pun begitu dulunya. Nah sekarang jadi kewajiban saya untuk menyampaikan kepada Anda.

Kemudian untuk memilikinya, Anda bisa membelinya di domain provider.

Satu hal yang perlu diingat, nama domain ini bukan berarti setelah Anda membeli lalu bisa jadi milik Anda seterusnya. Tidak… Kepemilikan nama domain ada masa berlakunya. Minimal 1 tahun. Dan setelah expired, Anda bisa memperpanjang jika masih ingin menggunakannya.

Idealnya, ketika memilih nama domain yang hendak digunakan ada baiknya yang mudah diingat dan diucapkan. Sehingga memudahkan orang lain yang ingin mengunjungi situs Anda.

Selanjutnya, jika Anda sudah memiliki alamat domain, pastikan hubungkan dengan server hosting Anda supaya domain tersebut bisa diakses. Istilahnya adalah pointing IP. Maksudnya arahkan alamat IP domain Anda ke IP hosting milik Anda. Setelah itu baru orang lain bisa melihat Anda di internet.

Disamping itu ada juga beberapa istilah yang sering digunakan, seperti:

  • Sub Domain
  • Addon Domain
  • Parking Domain

Nah, sekian penjelasan mengenai hosting dan domain, semoga bermanfaat.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat