Apa Itu E-learning dan Mengapa Saat Ini Banyak Dibutuhkan

Apa Itu E-learning dan Mengapa Saat Ini Banyak Dibutuhkan

Pengertian dan Manfaat E-Learning dalam PerusahaanJogja One Solution –Berkat teknologi e-learning maka kegiatan belajar pun menjadi lebih mudah sekaligus menyenangkan. Metode pembelajaran secara digital ini memudahkan pengajar dan yang diajar untuk belajar secara optimal tanpa harus bertatap muka secara langsung. Umumnya memanfaatkan platform untuk bisa terkoneksi secara online oleh beberapa user. Apa itu e-learning dan mengapa saat ini banyak dibutuhkan? yuk simak penjelasannya.

Pengertian E-learning

Apa itu e-learning? Secara umum, E-learning adalah metode pembelajaran digital yang memanfaatkan jaringan internet serta web server sebagai infrastruktur utama. Sehingga proses belajar mengajar bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun asalkan ada koneksi serta akses menuju website e-learning.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan e-learning yang perlu diketahui, beberapa kekurangan e-learning di antaranya seperti membutuhkan kuota internet, perlu gadget untuk mengakses, serta kualitas belajar dipengaruhi oleh sinyal.

Adapun untuk kelebihan e-learning diantaranya yakni mampu menyediakan pembelajaran jarak jauh serta bisa diikuti oleh siapa saja.

Contoh E-learning

Contoh e-learning

4 Manfaat E-learning Bagi Dunia Pendidikan

Masalah utama yang dialami Indonesia dalam mengembangkan e-learning adalah internet. Jaringan internet belum menembus seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Selain itu, tidak semua lapisan masyarakat memiliki perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

Alhasil golongan kelas bawah belum bisa mengikuti metode pembelajaran e-learning dengan baik karena keterbatasan SDA. Padahal, perkembangan global terus meningkat dan Indonesia wajib beradaptasi sesuai kemajuan zaman.

Setelah memahami pengertian e-learning, Anda bisa mendapatkan referensi mengenai manfaat e-learning bagi dunia pendidikan sebagai berikut ini:

1.Menciptakan Sistem Pendidikan yang Efektif

Efektivitas dan efisiensi menjadi manfaat utama dari penerapan belajar e-learning. Kini anak-anak tidak perlu pergi ke sekolah yang mungkin butuh biaya transportasi sebab bisa mengakses sistem belajar secara online.

Akomodasi menjadi lebih mudah sehingga bisa meningkatkan efisiensi biaya pendidikan. Setidaknya harapan pendidikan Indonesia bisa menyentuh semua kalangan tanpa terkendala biaya bisa terealisasi.

2.Sistem pembelajaran yang lebih fleksibel

Manfaat metode e-learning adalah bisa membuat sistem pembelajaran menjadi lebih fleksibel. Setidaknya generasi penerus tidak perlu terpaku belajar di lingkungan sekolah saja, tetapi mereka bisa belajar kapan dan di mana saja. Fleksibilitas waktu belajar juga bisa membuat Anda belajar tanpa kendala jadwal konvensional.

3.Bisa belajar apa saja lebih mudah

Dengan kemudahan teknologi dan informasi yang canggih, pelajar bisa mengulang materi kapan saja. Mau belajar apa saja menjadi lebih mudah sehingga wawasan pelajar bisa bertambah secara luas.

4.Mengikuti perkembangan jaman

Sistem e-learning selaras dengan kemajuan zaman yang semakin canggih. Jika Anda tidak bisa mengikuti perkembangan, maka bersiap menjadi orang konvensional yang mungkin ketinggalan jaman. Dewasa ini, teknologi bisa membantu kehidupan manusia modern menjadi lebih praktis.

Siswa bisa belajar lebih fleksibel dan memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi. Toh, banyak pekerjaan yang umum dilakukan secara konvensional telah berubah mengikuti jaman.

Kini lulusan fresh graduate bisa bekerja lewat online di rumah saja atau freelancer. Kalau Anda tidak mengikuti kecanggihan teknologi, maka tidak bisa berkembang pesat seperti orang lain.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat