Apa itu DNS dan Bagaimana Cara Kerja DNS?

Apa itu DNS dan Bagaimana Cara Kerja DNS?

Apa itu DNS dan Bagaimana Cara Kerja DNS?

Jogja One Solution – Jika Anda sedang mendalami website, mempelajari server sangat penting untuk memenuhi kebutuhan standar teknologi website saat ini. Dengan adanya DNS (Domain Name Server), maka semua orang dapat menulis domain di web browser Anda, sehingga akan menemukan domain tersebut saat melakukan pencarian di internet. Supaya lebih paham apa itu DNS dan bagaimana cara kerja DNS sendiri, simak artikel ini ya.

A.  Pengertian DNS

DNS adalah sebuah direktori yang memiliki data alamat IP (Internet Protocol) dari seluruh nama domain yang ada di internet. Nama domain seperti alamat situs ini yaitu windowsku.com. Setiap nama domain, memiliki alamat IP yang berupa angka seperti 192.168.100.1.

Kronologisnya, ketika anda mengetik nama domain di browser seperti Chrome, Firefox, atau Microsoft Edge, DNS akan menerjemahkan nama domain tersebut ke dalam alamat berupa angka. Angka tersebut merupakan alamat menuju server tempat situs tersebut berada.

B.  Cara Kerja DNS

Agar nama domain tadi bisa berubah menjadi alamat berbentuk angka, ada 4 tahap atau 4 server yang diperlukan. Semua itu dilakukan dalam hitungan milidetik saja, sehingga proses ini sangat mengagumkan. Berikut 4 tahap tersebut.

1. DNS Recursor

DNS Recursor merupakan server yang menerima masukan nama domain yang telah anda ketik di browser. Ketika anda pertama kali mengetik nama domain, maka nama domain tersebut masuk pertama kali ke server ini.

Server DNS Recursor ini biasanya diberikan oleh ISP atau penyedia internet anda. Server ini bertugas mencari server mana yang memiliki data mengenai nama domain yang telah anda ketik.

2. Root Nameserver

Server ini menjadi server yang dituju oleh DNS Recursor setelah anda mengetik nama domain. Bertindak selayaknya indeks pada kebanyakan buku, Root Nameserver akan menganalisa domain yang telah anda ketik. Server ini terletak di berbagai penjuru dunia. Server DNS Recursor ini yang akan mencari Root Nameserver mana yang paling dekat dengan lokasi anda mengakses situs web, sehingga responnya lebih cepat.

Proses analisa dimulai dengan memisahkan nama situs dengan TLD atau Top Level Domain. TLD merupakan ekstensi dari alamat situs. Misalnya situs Windowsku.com ini memiliki TLD “.com”. Setelah TLD ditemukan, maka server Root Nameserver akan mencari server yang memiliki TLD tersebut.

3. TLD (Top Level Domain) Nameserver

Server ini akan merespon atas informasi dari Root Nameserver. Di dalam TLD Nameserver, hanya memuat TLD yang spesifik. Jika TLD Nameserver memuat TLD “.com”, maka isinya hanyalah alamat situs yang memiliki TLD “.com” saja.

4. Authoritative Nameserver

Terakhir, TLD Nameserver akan menuju ke server ini. Authoritative Nameserver ini memuat informasi apa alamat IP untuk situs yang anda masukkan. Setelah alamat IP ditemukan, server ini akan mengirim balik informasi akhir ke server DNS Recursor agar halaman bisa dimuat dan anda dapat melihat situsnya.

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat