Apa Itu Data Center Dan Fungsinya

Apa Itu Data Center Dan Fungsinya

APA ITU DATA CENTER DAN FUNGSINYA

Jos– Berikut adalah pembahasan mengenai apa itu data center, karena beberapa orang mungin belum mengerti mengenai apa itu data center.

 

Data Center

Arti Data Center adalah sebuah ruangan yang di rancang sedemikian rupa untuk menempatkan server komputer dan perangkat jaringan komputer yang terhubung ke jaringan Internet. Pengertian data center dapat juga di pahami sebagai ruangan “Pusat Data” dalam bahasa Indonesia.

Ruangan datacenter tersebut harus memenuhi syarat tertentu  agar aman dan stabil dari gangguan baik secara fisik maupun virtual sehingga data yang ditempatkan pada server di data center dapat selalu mudah dan cepat di akses oleh para pengguna. Oleh karena itu pembangunan data center di perlukan konsultan data center yang berpengalaman

dalam membangun data center.

Seperti Google dan Facebook, mereka memiliki data center sendiri untuk kegiatan usahanya sehari-hari. Dan data center google serta facebook ini tergolong data center raksasa dengan luas puluhan ribu meter.

Siapa Pengguna Data Center ?

Secara umum, data center dapat digunakan oleh siapa saja yang memerlukan ruangan penyimpanan data yang sangat terjaga dan di dukung koneksi internet berkecepatan tinggi.

Saat ini pengguna data center di Indonesia baru sebatas pemerintahan dan perusahaan besar seperti perusahaan asuransi dan perbankan dan perusahaan multi nasional.

Bagi perusahaan multi nasional yang beroperasi di Indonesia, contohnya seperti Aplikasi Uber dan Grab Bike atau Grab Car, tentunya data mereka akan lebih cepat di akses jika mereka meletakan aplikasinya tersebut pada data center yang berlokasi di Indonesia.

Misal seperti pada perusahan jaringan gerai makanan seperti Mc Donald, mereka juga perlu menggunakan data center untuk kebutuhan akses data sehari-hari yang tergolong cukup besar, maka data center cukup berarti untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari.

Pusat data ini selain bermanfaat untuk peletakan aplikasi, akses data, juga untuk lebih berhemat. Betapa tidak, jika sebuah perusahaan atau organisasi membangun sendiri data center baik dalam skala kecil maka investasi yang diperlukan cukup besar dan belum tentu optimal, dengan memakai data center tentu permodalan perusahaan dapat lebih optimal selain kinerja lebih efisien.

Nah, Itulah penjelasan mengenai apa itu data center, Semoga bermanfaat.

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat