Apa Itu Cloud Hosting?

Apa Itu Cloud Hosting?

Apa Itu Cloud Hosting?

Apa Itu Cloud Hosting? – Cloud hosting adalah tipe web hosting yang tidak hanya menggunakan satu server saja, meliankan menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban (load) dan memaksimalkan jam kerja server (uptime). Dengan nama lain cloud hosting merupakan teknologi yang menggabungkan beberapa server untuk berjalan layaknya satu server utuh. Tujuannya adalah untuk menjaga performa. Jadi, cloud hosting tidak menggunakan single server tetapi menggunakan teknologi yang dikenal dengan nama “cluster” –menggabungkan beberapa resource server secara terpusat. Semakin banyak server yang tergabung di dalam satu cluster maka semakin besar resource yang ditambahkan ke cloud hosting.

Teknologi cluster memungkinkan website tetap berjalan meski salah satu server bermasalah. Saat salah satu server bermasalah, server lain akan menjaga website tetap berjalan. Hal itu membuat uptime cloud hosting cenderung tinggi karena server saling mem-backup.

Selain itu, resource di cloud hosting tidak dipengaruhi atau tidak dibagi dengan pengguna lain karena sudah dedicated.

Cloud hosting secara garis besar berbeda dengan shared hosting pada umumnya. Fokus pada uptime, fleksibilitas dan kemudahan proses scalling, serta private resource adalah beberapa keunggulan dari cloud hosting.

Simpelnya, cloud hosting adalah shared hosting rasa VPS. Kenapa? Karena proses pengelolaan/manajemen cloud hosting sama mudahnya seperti layanan web hosting yang sudah sering Anda gunakan, tapi kualitas dan resource setara dengan VPS.

Cara Kerja Cloud Hosting

Server yang ada di dalam cloud hosting saling membantu saat melakukan serangkaian tugas atau program. Di saat ada server terjadi masalah, server lain yang masih aktif aktif lainnya sementara menggantikan tugas server yang bermasalah untuk melayani permintaan (request) website.

Proses yang sama terjadi pada saat server mengalami kelebihan beban (overload). Server lain di dalam cluster yang sama akan membantu server yang kewalahan memproses permintaan dari website.

Jadi, cloud hosting melakukan pendekatan distribusi. Karena setiap permintaan website didistribusikan ke beberapa lokasi sehingga masalah downtime bisa dicegah saat server cluster mengalami gangguan.

Cloud hosting menerapkan prinsip gotong royong antar server. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan uptime dan lebih cepat melayani permintaan website. Hal ini sangat berbeda dengan server shared hosting yang bekerja secara individu, bahkan saling berebut resource.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat