Dampak esalahan Komunikasi dalam Bisnis

Apa Dampak dari Kesalahan Komunikasi dalam Bisnis?

Apa Dampak dari Kesalahan Komunikasi dalam Bisnis?DAMPAK KESALAHAN KOMUNIKASI BISNIS

Komunikasi BisnisBisnis, sepertinya sekarang sudah banyak orang memilih untuk menjalankan bisnis sendiri dibandingkan ikut orang atau menjadi karyawan. Nah dalam berbisnis salah satu kunci utama adalah pandai berkomunikasi dengan rekanan. Namun dalam hal berkomunikasi ini harus diperhatikan juga tata caranya, dengan tujuan menjaga hubungan dengan rekanan dalam segi komunikasi. Jika kita terdapat kesalahan, pasti akan berdampak yang kurang mengenakkan untuk berjalannya bisnis kita.

Dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis

Berikut adalah beberapa dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis yang perlu anda ketahui:

1. Terjadi kesalahpahaman

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dampak kesalahan dalam berkomunikasi dapat menimbulkan kesalahpahaman. Kesalahpahaman yang terjadi ini mengakibatkan beberapa dampak negatif yang timbul. Memang pada dasarnya masing-masing individu tidak mudah untuk memiliki pandangan atau presepsi yang sama, pasti seseorang pernah mengalami perbedaan pandangan terkait kalimat yang diucapkan oleh seseorang. Hal tersebut memang wajar, akan tetapi tidak lantas anda sebagai pelaku bisnis menganggap kesalahpahaman ini adalah hal yang biasa. Sebagai pelaku bisnis harus memastikan pesan atau informasi yang diberikan tersampaikan dengan baik dan tepat, sehingga hal itu akan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman akibat kesalahan dalam berkomunikasi.

2. Kinerja tidak maksimal

Pada dasarnya kinerja yang tidak maksimal ini juga terkait dengan terjadinya kesalahpahaman. Ketika seseorang mengalami kesalahpahaman maka ia bisa saja mengerjakan atau berfikiran yang salah tentang informasi yang diterimanya. Sehingga akan menimbulkan ketidaksesuaikan antara informasi dengan kinerja bisnis yang dijalankan. Kinerja yang tidka maksimal sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh dampak kesalahan dalam berbisnis saja. Ada beberapa faktor seperti sumber daya manusia yang menjalankan bisnis tersebut, dan strategi bisnis yang tidak tepat. Untuk itu, anda perlu mempertimbangkan hal lainnya juga.

3. Proses bisnis berantakan

Dengan melakukan kesalahan dalam berkomunikasi pada saat menjalankan bisnis maka akan menimbulkan dampak buruk, dimana bisnis yang dijalankan akan sulit mengalami perkembangan yang baik. Mengingat dengan adanya komunikasi yang baik maka akan mampu memberikan solusi jika bisnis yang dijalankan menemui masalah ataupun membahas terkait rencana-rencana yang akan dilakukan untuk bisnis kedepannya. Sehingga proses bisnis yang dijalani akan lebih meningkat, dan dapat dikembangkan secara lebih efisien. Sebaliknya jika terjadi kesalahan dalam berkomunikasi maka akan mengakibatkan proses bisnis yang tidak optimal mengingat proses-proses bisnis yang direncanakan mengalami berbedaan informasi atau kesalahan informasi.

4. Pemasaran dan pelayanan menurun

Berkomunikasi dalam bisnis tidak hanya berkaitan dengan rekan kerja tetapi juga dengan konsumen. Dimana sudah menjadi suatu keharusan jika pelaku bisnis melakukan komunikasi dengan baik pada saat melakukan pemasaran dan pelayanan. Dengan begitu diharapkan kegiatan pemasaran dan pelayanan ini dapat mampu dijalankan dengan maksimal supaya meningkatkan angka penjualan dan membuat konsumen lebih tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga akan memberikan kepuasan konsumen karena mampu memberikan pelayanan terbaik, dan penjelasan terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan bagi anda pelaku bisnis dapat meraih angka pendapatan atau penjualan yang signifikan.

5. Kehilangan kepercayaan

Dampak kesalahan berkomunikasi yang satu ini dapat dikatakan sangat fatal. Mengingat ketika seseorang terus melakukan kesalahan komunikasi yang kurang baik akan menimbulkan kesalahpahaman dan dari kesalahpahaman itulah akan sedikit demi sedikit menghilangkan rasa kepercayaan. Padahal seperti yang kita ketahui dalam menjalankan bisnis perlu adanya sebuah tim untuk melakukan kerjasama. Jika dalam suatu tim terdapat anggota yang tidak saling percaya satu sama lain maka akan menimbulkan kinerja yang tidak efektif dan rasa yang kurang nyaman dalam berbisnis. Dengan kondisi seperti itu, maka kesalahan yang berhubungan dengan komunikasi harus dihindari demi kelangsungan bisnis dalam meraih kesuksesan.

Demikianlah beberapa dampak kesalahan dalam berbisnis yang perlu anda ketahui supaya nantinya akan lebih sadar dalam memperhatikan cara berkomunikasi yang baik. Semoga bermanfaat.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat