Akibat Charge Laptop Terlalu Lama

Akibat Charge Laptop Terlalu Lama

AKIBAT CHARGE LAPTOP TERLALU LAMA

Jos– Seringkali kita meningalkan laptop dengan keadaan tercharge terlalu lama, Semalaman bahkan seharian, Ternyata kebiasaan yang satu ini bisa berakibat buruk loh, Apasih akibat buruknya?, Yuk kita simak akibat charge laptop terlalu lama berikut ini.

Baterai jadi overheat

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini laptop-laptop keluaran terbaru semakin canggih. Hampir sebagian besar laptop modern saat ini menggunakan teknologi baterai baru seperti baterai lithium ion. Baterai ini kuat dan dapat di-charge ratusan kali tanpa mempengaruhi masa pakai baterai.

Bukan itu saja, ketika baterai sudah dalam keadaan 100% penuh, perangkat secara otomatis dapat memutuskan arus listrik atau arus listrik yang masuk saat baterai penuh jadi nggak berpengaruh lagi. Hal ini karena baterai memiliki komponen internal yang membantu mengontrol tingkat pengisian daya.

Namun, tanpa disadari nyatanya ada bahaya lain yang mengancam. Satu hal yang harus diperhatikan adalah baterai jadi mudah panas saat diisi daya. Termasuk baterai lithium ion ternyata sangat sensitif terhadap panas.

Jika kalian melakukan charge laptop terlalu lama dan merasakan hawa panas dari perangkat, maka segera cabut charger laptop dan biarkan suhunya turun. Pasalnya, suhu lebih dari 30 derajat Celcius bisa merusak baterai yang pada gilirannya mengurangi masa pakainya secara signifikan. Hal ini telah terungkap dari uji coba baterai yang dilakukan Battery University seperti dikutip dari Guiding Tech.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa melakukan charge laptop hingga 100% penuh dan membiarkannya sampai panas 25 derajat Celcius menyebabkan kapasitas baterai akan menurun sebanyak 20% dalam tiga bulan. Bahkan, baterai yang terisi penuh namun overheating hingga 60 derajat Celcius akan kehilangan kapasitasnya lebih dari 40% dalam waktu tiga bulan.

 

Overheating mempengaruhi komponen lain dalam laptop

Selain dapat mengurangi umur baterai, panas dari baterai juga dikhawatirkan dapat mempengaruhi komponen-komponen keras lain dalam laptop. Ini bisa saja terjadi karena panas terperangkap akibat udara pembuangan sulit keluar. Jika dibiarkan, udara panas tersebut berputar balik ke dalam laptop kamu dan pada akhirnya membuat komponen-komponen laptop jadi panas dan rusak.

Kondisi seperti seringkali terjadi tanpa kamu sadari. Misalnya, kamu memakai laptop di atas bantal atau tempat lain yang tidak memiliki ventilasi baik sambil melakukan charge. Contoh lainnya, kamu bekerja di kafe sambil charge laptop, lalu saat hendak pulang, kamu langsung memasukkan laptop ke dalam tas meski laptop terasa panas dipegang.

Karena itulah, jangan charge laptop terlalu lama. Charge daya sesuai kebutuhan saja, kemudian cabut setelah terisi penuh. Cara ini akan membantu kamu menjaga keawetan daya tahan baterai sekaligus menjaga umur laptopmu sendiri.

Nah, Itulah beberapa akibat charge laptop terlalu lama, Semoga bermanfaat

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat