8 Plugin Migrasi WordPress Terbaik

8 Plugin Migrasi WordPress Terbaik

Panduan Lengkap Cara Migrasi WordPress ke Hosting Baru - Centerklik™Jogja One Solution – Memigrasi situs web dari satu host ke host lain dapat menjadi pekerjaan yang berisiko dan menghabiskan waktu, terutama jika Anda tidak yakin bagaimana cara melakukannya. Itulah sebabnya banyak orang tidak ingin memigrasi situs mereka secara manual: mereka khawatir mereka akan menghancurkannya. Di situlah plugin migrasi berguna. Tetapi dengan begitu banyak plugin yang bagus tersedia, mungkin sulit untuk memilih yang terbaik untuk bisnis Anda. Artikel ini akan membahas 8 plugin migrasi wordpress terbaik, simak artikelnya.

Mengapa Anda Perlu Memigrasi WordPress Anda?

Sebagian besar user WordPress pemula sering memilih layanan hosting dengan sedikit fitur saat membuat situs. Namun, seiring pertumbuhan situs dan trafiknya, mereka perlu memilih paket hosting yang berbeda, atau bahkan mengganti layanan hosting yang sedang dipakai

Alasan lain untuk memindahkan situs WordPress adalah ketika Anda ingin pindah dari server lokal, yang Anda gunakan untuk mengembangkan website, ke server yang live, sehingga situs web Anda dapat di-online-kan.

Terakhir, jika Anda adalah developer pemula untuk website, dan membuat situs untuk klien di server Anda,  situs WordPress yang sudah Anda buat harus dipindahkan ke server klien.

Anda selalu dapat memindahkan situs secara manual, tetapi jika Anda tidak terbiasa dengan beberapa inti konfigurasi jaringan, mungkin nantinya akan mengalami masalah.

Untuk menghindari masalah saat migrasi situs WordPress, kami telah membuat daftar 8 plugin migrasi WordPress favorit kami yang pastinya akan membantu Anda untuk memindahkan situs WordPress Anda dalam waktu singkat.

8 Plugin Migrasi WordPress Terbaik

Ada kabar baik dan buruk. Kabar baiknya adalah ada banyak plugin migrasi WordPress di luar sana. Berita buruknya yaitu tidak semua plugin tersedia secara gratis dan memilih satu di antara banyaknya plugin akan memusingkan.

Itulah sebabnya kami mempersempitnya menjadi delapan plugin migrasi WordPress terbaik, sehingga Anda mengambil keputusan yang tepat!

1. Duplicator

plugin migrasi wordpress duplicator

Duplicator adalah salah satu plugin migrasi paling populer di internet. Plugin memberikan solusi lengkap untuk back-up situs dan migrasi WordPress.

Duplicator dapat memigrasi situs web WordPress dari satu penyedia hosting ke yang lain dengan mudah.

Prosesnya sederhana, aman, dan cepat. Duplicator juga menjamin bahwa migrasi antara domain atau host dapat berjalan dengan lancar tanpa downtime sama sekali.

Selain itu, walaupun versi gratisnya sudah bagus, Anda dapat mencoba versi premium plugin migrasi WordPress ini hanya dengan 49 USD per tahun.

Paket premium memungkinkan Anda untuk mengakses cPanel langsung dari installer, melakukan backup reguler, dan menyediakan akses ke sejumlah cloud storage, seperti Dropbox, Amazon S3, Google Drive, dan banyak lagi.

2. All-In-One WordPress Migration

plugin all-in-one WP migration

Plugin migrasi WordPress ini menyediakan opsi ekspor dan impor file yang cukup sederhana. Apa yang paling penting, Anda dapat memilih data mana yang “ditinggalkan” saat bermigrasi. Data tersebut dapat berupa plugin, tema, komentar, atau gambar dari perpustakaan media Anda.

Salah satu fitur terbaik dari All in One WP Migration adalah kemampuannya untuk menyesuaikan ukuran file yang ditransfer ke hosting baru dengan membuat “bypass” ke dalam sistem.

Kemampuan ini sangat berguna bagi user shared hosting karena paket hosting tertentu biasanya membatasi seberapa banyak Anda dapat memodifikasi pengaturan default WordPress.

Plugin All in One Migration WordPress dapat di-download secara gratis. Namun, Anda juga dapat membeli ekstensi premium yang harganya dipatok mulai dari 59 USD hingga 179 USD.

Paket versi premium akan memberi Anda berbagai fitur tambahan seperti dukungan cloud storage melalui Dropbox, OneDrive, dan Google Cloud Storage.

3. BackupBuddy

plugin backupbuddy

BackupBuddy adalah plugin backup yang sangat baik untuk WordPress. Plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat backup otomatis terjadwal – harian, mingguan, atau bulanan – yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Backup yang dibuat oleh BackupBuddy dapat mempermudah proses migrasi website Anda.

Plugin ini juga menawarkan fasilitas penyimpanan cloud yang sangat baik untuk menyimpan data backup, termasuk FTP, Dropbox, dan Rackspace Cloud. Selain itu, Anda dapat mengirim data cadangan langsung ke email Anda!

Plugin ini tidak tersedia secara gratis. Untungnya, Anda hanya perlu membayar sekali saja untuk mendapatkan lisensi seumur hidup yang harganya sibanderol dari 80 USD hingga 199 USD.

Selain memindahkan situs web Anda, BackupBuddy juga dapat digunakan untuk menggandakan dan mengembalikan situs. Selain itu, plugin ini akan memberi Anda akses ke forum dukungan premium, update baru, dan penyimpanan 1GB untuk data Anda.

4. WP Migrate DB

wp migrate db untuk migrasi wordpress

WP Migrate DB memiliki pendekatan berbeda untuk memigrasi webiste Anda dibandingkan dengan plugin lain yang telah kami sebutkan di atas.

Alih-alih mengekspor file, plugin ini mengekspor database situs web ke komputer Anda sebagai file SQL. Lalu, ekstensi ini digunakan untuk mengimpor file ke domain atau host baru.

WP DB Migrate dapat mengganti URL secara otomatis di databse situs Anda. Proses ini juga memungkinkan Anda untuk menyingkirkan data yang tidak perlu seperti komentar pengunjung pada posting, spam, dan konten lama.

Selain itu, plugin ini menyimpan data cache secara komprehensif, sehingga Anda dapat mengulangi proses migrasi berkali-kali ke berbagai domain dan host yang berbeda.

Anda dapat menggunakan plugin secara gratis atau membeli versi premiumnya seharga 90 USD. Versi premium memungkinkan Anda untuk memigrasi situs Anda dengan sekali klik, langsung dari dashboard WordPress.

5. UpdraftPlus

plugin migrasi wordpress updraftplus

UpdraftPlus adalah plugin gratis yang akan membantu Anda untuk membuat cadangan file dan basis data WordPress secara otomatis.

Plugin ini akan menyinkronkan database dengan layanan cloud storage seperti Dropbox, Google Drive, FTP, SFTP, dan SCP. Anda bahkan bisa mendapatkan backup website dan dikirim ke email Anda jika kapasitas inbox-nya mencukupi.

Semua file backup Anda akan dikompresi dalam format ZIP dan dikategorikan ke dalam berbagai jenis file. Oleh karena itu, Anda dapat memilih data yang ada yang ingin Anda restore, seperti tema, plugin, database, gambar, dan banyak lagi.

UpdraftPlus tersedia secara gratis tetapi juga memiliki versi premium. Paket premium yang harganya sekitar 70 USD hingga 195 USD per tahun. Plugin ini akan memberi Anda pembaruan gratis, dukungan gratis, dan penyimpanan gratis sebesar 1 GB selama setahun.

6. Migrate Guru

plugin migrate guru

Migrate Guru dikembangkan untuk menyederhanakan migrasi default WordPress. Plugin ini memungkinkan Anda untuk migrasi website dengan memproses database situs Anda di servernya sendiri. Metode ini dapat mengurangi risiko kehilangan data selama migrasi secara signifikan.

Plugin migrasi WordPress ini dapat memindahkan 1 GB data dalam waktu kurang dari 30 menit. Plugin ini dirancang untuk memindahkan website yang memiliki database besar (hingga 200 GB!).

Status migrasi Anda akan diperbarui secara berkala melalui email, sehingga Anda dapat melacak seluruh proses migrasi dari mana saja.

Migrate Guru tersedia secara gratis. Semua fungsinya dapat digunakan tanpa biaya add-on tambahan.

7. VaultPress

plugin vaultpress untuk migrasi wordpress

VaultPress adalah plugin migrasi WordPress premium yang harganya dibanderol sekitar 3,5 USD per bulan. Tool pintar ini dibuat dan dikembangkan oleh Matt Mullenweg, salah satu pendiri WordPress.

VaultPress memiliki banyak fungsi berguna untuk mendukung proses backup, termasuk sistem keamanan backup tambahan untuk memastikan bahwa proses migrasi WordPress Anda dapat berjalan dengan lancar.

Sayangnya, VaultPress hanya dapat digunakan bersama JetPack, sebuah plugin premium yang menjaga situs web Anda dari ancaman spam dan malware mengganggu. Karena itu, jika Anda sudah memiliki antispam lain, Anda mungkin harus menggantinya dengan JetPack supaya dapat menggunakan VaultPress.

8. Super Backup and Clone

plugin super backup and clone

Super Backup and Clone adalah plugin migrasi WordPress premium yang menawarkan layanan backup otomatis. Anda dapat mengatur interval backup sesuai dengan kebutuhan Anda serta memigrasikan, memulihkan, atau menambahkan database baru ke situs Anda menggunakan koneksi cloud yang cepat dan aman.

Karena menggunakan layanan premium seperti yang disebutkan tadi, Anda agaknya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk menggunakan plugin ini.

Dengan paket reguler seharga 35 USD, Anda akan mendapatkan update gratis dan juga dukungan gratis selama 6 bulan (Anda dapat memperpanjang dukungan hingga 12 bulan dengan membayar biaya tambahan sebesar 11 USD).

Selain itu, Anda juga dapat membeli paket extended seharga 190 USD. Paket ini akan memberi Anda akses ke berbagai fitur tambahan, seperti layanan email premium dan dukungan pengembang yang lebih lama (hingga 12 bulan).

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat