7 Kunci Bertahan Dalam Bisnis Di Era Pandemi

7 Kunci Bertahan Dalam Bisnis Di Era Pandemi

7 Kunci Bertahan Dalam Bisnis Di Era Pandemi

Resep Bertahan Saat Pandemi Ala Arief Yahya - Ekonomi Bisnis.comJogja One Solution – Inovasi sangat diperlukan untuk menjaga keberlangsungan industri di tengah kondisi krisis seperti pandemi Covid-19, yang mana telah melemahkan daya beli konsumen dan perekonomian di semua sektor. Terlebih Indonesia tengah beranjak menuju tahap pemulihan pasca-Covid 19 dan industri harus terus bertahan dan guna menjaga perekonomian negara tidak semakin terpuruk.  Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu menyatakan bahwa senjata utama bangkitnya dunia usaha saat ini tidak bisa hanya bergantung pada kebijakan fiskal dari pemerintah, tetapi juga pada kemampuan industri dalam berinovasi menciptakan produk yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.  Berikut ini 7 Kunci Bertahan Dalam Bisnis Di Era Pandemi.

 

Kunci Bertahan Dalam Bisnis

Pada kesempatan kali ini Kami sudah mengumpulkan 7 kunci bertahan dalam bisnis diera pandemi. Berikut pembahasannya:

1.  Cash management

Pengaturan keuangan bisnis menjadi kunci utama agar bisnis bisa tetap bertahan sampai masa pandemi Covid 19 ini berakhir. Anda mungkin sudah memiliki catatan dan pengelolaan keuangan yang baik dalam perusahaan, tetapi dalam hal cash manajemen yang tidak tepat akan menimbulkan permasalahan terutama pada era pandemi saat ini. Hal terpenting saat ini adalah memiliki aset dalam bentuk cash.

Pastikan cash flow aman tidak sampai mengganggu operasional perusahaan. Pebisnis harus mulai melakukan negosiasi pembayaran terutama untuk para kreditur, penagihan pembayaran konsumen, meminta keringanan pajak, dan lain sebagainnya agar arus cash flow perusahaan tetap aman sampai pandemi berakhir.

2.  Bentuk tim manajemen krisis

Strategi bertahan dalam bisnis yang kedua adalah dengan membentuk tim manajemen krisis. Tim ini dibentuk dengan mengambil perwakilan dari tiap-tiap divisi untuk membahas dan menentukan prioritas masalah yang sedang dihadapi kedepannya.

Ajak semua perwakilan dari setiap divisi untuk berfikir bagaimana cara melakukan identifikasi, melakukan penilaian, memahami dan mengatasi situasi saat ini. Kemudian dari semua hasil tersebut lakukan identifikasi kira-kira mana yang paling baik untuk diaplikasikan saat ini.

3.  Merumahkan karyawan yang tidak sesuai kebutuhan

Karyawan memang salah satu aset berharga dalam bisnis, tetapi sekarang ini karena bisnis tidak berjalan dengan semestinya maka karyawan malah menjadi beban perusahaan. Operasional perusahaan yang tidak seimbang antara pemasukan dan pengeluaran menyebabkan Anda perlu memangkas berbagai sumber biaya pengeluaran, salah satunya adalah karyawan yang tidak sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Tindakan ini bukan tanpa alasan karena berhubungan dengan bisnis Anda kedepannya. Jika memang masa pandemi ini berakhir, Anda bisa memanggil lagi beberapa karyawan yang sudah dirumahkan untuk bergabung lagi.

4.  Manfaatkan peluang

Jangan lihat pandemi saat ini dari kacamata musibah saja, melainkan Anda harus jeli melihat peluang yang tercipta dari wabah ini. Memang diakui banyak bisnis yang kehilangan pelanggan, apalagi dengan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) membuat semua orang tidak bisa kemana-mana.

Jika bisnis Anda ikut terdampak dalam penerapan PSBB, maka Anda harus memutar strategi bagaimana bisa tetap berjalan. Contoh saja sebelum virus Corona datang bisnis Anda bergerak dalam bidang makanan, karena pandemi Anda bisa memanfaatkan peluang dengan menjual makanan siap saji kepada konsumen dengan layanan pesan antar sampai rumah.

5.  Berikan promo dan diskon

Pemberian Diskon Produk

Sedang masa seperti ini kok malah memberikan promo dan diskon? Cara ini dilakukan agar para konsumen tertarik dengan produk-produk yang Anda jual. Pastikan promo dan diskon yang diberikan tidak akan memberikan kerugian pada bisnis yang sedang dijalankan. Sebelumnya pastikan Anda melakukan perhitungan yang matang untuk harga jual yang paling sesuai dan menarik untuk konsumen.

6.  Memaksimalkan layanan online

Karena banyak larangan keluar rumah, Anda harus mulai memanfaatkan media online sebagai salah satu strategi pemasaran. Konsumen biarkan berbelanja dari rumah untuk membeli semua kebutuhannya.

Untuk mempermudah layanan online, Anda bisa bergabung dengan mitra ojek online, mendaftar marketplace atau membuat website sendiri. Nah untuk Anda yang berencana membuat website untuk memaksimalkan media online.

7.  Kerja keras dan pantang menyerah

Tidak hanya bisnis Anda yang terdampak covid 19, masih ada banyak bisnis dari penjuru dunia yang mengalami hal yang sama dengan Anda. Untuk itu Anda harus tetap bekerja keras dan pantang menyerah untuk melewati era pandemi saat ini.

Demikianlah pembahasan mengenai 7 kunci bertahan dalam bisnis diera pandemi . Silahkan sahabat Qwords praktekkan semua tips di atas, jika Anda memiliki tips yang lebih bagus dan belum tercantum di atas bisa Anda tambahkan pada kolom komentar dibawah.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat