6 Cara Efektif Menarik Pelanggan Ke Online Shop

6 Cara Efektif Menarik Pelanggan Ke Online Shop

Setelah membuat online shop, langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya? Tentunya adalah mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Tapi bagaimana jika justru sepi dari pelanggan? Jangan pernah khawatir jika pelanggan toko onlinemu tak kunjung datang. Yang benar adalah kita tidak bisa menunggu pelanggan itu datang dengan sendirinya. Cobalah 6 strategi berikut ini untuk membantu mendapatkan pelanggan pertamamu.

1. Berikan insentif dengan penawaran gratis

Memberikan secara gratis? Mungkin kamu ragu-ragu untuk menawarkan sesuatu yang gratis, namun teknik ini cukup berhasil untuk menarik minat pelanggan pertamamu untuk berbelanja. Berikut adalah beberapa contoh “penawaran gratis” yang bisa dipertimbangkan:

Gratis demo jika berlaku
Pengiriman gratis
Beli 2, dapat 1 gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
Bonus atau Hadiah khusus untuk pesanan pertama

Teknik ini juga merupakan kesempatan yang bagus untuk membangun daftar email pelanggan dengan cara meminta alamat email jika mereka ingin mendapatkan penawaran gratis. Hasilnya ini akan meningkatkan basis pengguna dan memberikan feedback yang dapat digunakan sebagai testimonial untuk mempromosikan produkmu.

2. Optimalkan Jejaring Sosial

Banyak pelanggan potensial ada di sosial media. Situs jejaring sosial membuat mudah bagi orang untuk terhubung dengan siapapun. Mempromosikan produk dan jasa di sosial media akan membantu pelanggan potensial menemukan merekmu dengan mudah. Gunakan situs jejaring sosial yang paling populer saat ini seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan LinkedIn untuk mempromosikan info atau penawaran yang menarik bagi pelanggan. Penggunaan sosial media yang baik akan bisa mengkonversi yang dulunya pembaca dan fans biasa menjadi pelanggan yang sebenarnya.

3. Tingkatkan Iklan Online

Jika memiliki budget lebih, bisa investasikan sebagian ke dalam strategi iklan yang efektif. Hal ini akan membantu mengarahkan ke target pelanggan yang diinginkan dan meningkatkan traffic. Beberapa contoh program periklanan terbesar saat ini seperti Google AdWords, Amazon Product Ads, dan Facebook Ads. Jika dilakukan dengan benar, penjualan produkmu akan meningkat secara drastis. Tapi hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset untuk menentukan pilihan yang paling cocok dengan budget dan target pelangganmu. Gunakan Google Keyword untuk membantu mencari tahu apa yang dilakukan pesaing untuk mengarahkan traffic dan meningkatkan penjualan e-commerce mereka.

4. Buat konten yang berkualitas untuk meningkatkan traffic

Tawarkan sesuatu yang menarik untuk meningkatkan keterlibatan pengunjung dan mendorong mereka untuk berbagi dengan orang lain. Berikut adalah beberapa contoh konten yang dapat meningkatkan traffic:

Posting Blog: Tulis tentang topik yang relevan agar lebih mudah terhubung dengan pelanggan dan berikan pengetahuan seputar produk maupun industri. Membuat konten blog yang berkualitas memungkinkan pembaca untuk secara rutin mengunjungi blogmu.

Video: Kamu bisa mengolah video dengan berbagai cara untuk meningkatkan keterlibatan pengunjung dan menawarkan pengalaman yang menyenangkan ketika mereka mengunjungi situsmu. Kamu bisa menggunakan video untuk berbagi demo produk, testimonial, tutorial, dan banyak lagi.

Berita yang relevan: Cara lain untuk meningkatkan traffic dan konversi adalah dengan menjadi sumber informasi yang berguna dan posting berita yang relevan yang mungkin dicari oleh pelanggan.

5. Meningkatkan Visibilitas dengan Marketplaces online

Selain menampilkan produk toko onlinemu sendiri, kamu bisa menampilkannya pada situs terkemuka seperti eBay, Amazon, Esty, dll. Dengan marketplace online yang sudah besar tersebut kamu bisa mengambil keuntungan dari dalamnya. Selain itu juga membuat mereka lebih mudah membeli produk dari situs yang jelas dikenal dan terpercaya, sambil untuk membangun visibilitas toko onlinemu.

6. Promosi melalui Referrals

Banyak cara lain untuk memperluas jaringan dan mengembangkan bisnis online, salah satunya adalah dengan menawarkan ‘upah’ bagi pelanggan atau calon pelanggan yang merujukkan ke toko onlinemu. Kamu bisa memulai dengan memberikan kupon ke pelanggan yang mengklik ‘like’ pada situs jejaring sosial atau bahkan memberikan upah pada pelanggan yang memberikan rujukan pelanggan lain ke toko onlinemu. Ini adalah cara yang bagus untuk mulai membangun basis pelanggan setia karena mereka dirujuk oleh seorang teman atau anggota keluarga yang telah mereka kenal dan percaya.

Nah itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menarik pelanggan ke online shopmu, semoga bermanfaat ^^


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat