6 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Cloud Storage

6 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Cloud Storage

6 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Cloud Storage

Jogja One Solution –  Cloud storage adalah layanan penyimpanan file di internet, dimana file-file yang tersimpan bisa dikelola dari mana saja selama user masih terhubung dengan cloud storage tersebut melalui jaringan internet. Konsep pada cloud storage sama seperti pada konsep file server di suatu perusahaan. Bedanya infrastruktur pada media storage tersebut dikelola oleh provider cloud, dan selanjutnya dijadikan sebagai layanan penyimpanan file yang bisa diakses dari internet. Di era digital seperti sekarang ini, cloud storage sangat bermanfaat untuk membantu Anda dalam berbagai hal.  Berikut ini 6 alasan kenapa anda harus menggunakan cloud storage:

A.  Dimana saja anda dapat menggunakan Cloud Storage?

Sudah banyak sekali layanan Cloud Storage yang tersedia. Berikut beberapa layanan yang bisa anda gunakan untuk menyimpan data-data anda.

Untuk saya pribadi, saya menggunakan Google Drive. Dulunya saya menggunakan OneDrive, namun karena Google Drive menawarkan Photo Backup dengan kapasitas penyimpanan tak terbatas, saya akhirnya beralih ke Google Drive.

Dan sebenarnya masih banyak layanan Cloud Storage lainnya yang dapat anda gunakan. Namun dari semua itu, saya rekomendasikan 3 layanan tersebut, karena menyediakan tempat penyimpanan gratis dan dapat anda upgrade kapan saja dengan membayarnya.

B.  6 Alasan Menggunakan Cloud Storage

1. Harddisk dapat rusak kapan saja

Apapun jenis harddisk/SSD yang anda miliki, kerusakan dapat terjadi kapan saja. Tidak peduli seberapa baik anda merawat tempat penyimpanan data anda, kerusakan masih dapat terjadi. Harddisk/SSD pun memiliki masa pakai. Harddisk pada umumnya memiliki umur 4-7 tahun tergantung penggunaan. Sedangkan SSD memiliki umur berdasarkan siklus baca dan tulis.

Jika data-data anda sangat penting, atau umur tempat penyimpanan anda sudah lama, maka Cloud Storage merupakan solusi yang tepat. Anda dapat melupakan semua masa pakai tempat penyimpanan, karena data anda sudah aman di Cloud dan di maintenance oleh tenaga ahli.

2. Diakses kapan saja dan dimana saja

Karena data anda berada di server, jika anda memiliki internet, maka anda dapat mengambil file anda dimana saja dan kapan saja. Anda tidak harus membawa laptop anda untuk membawa data. Anda tidak perlu lagi membawa Flashdisk dan barang-barang lainnya.

Jika pengguna Google Drive seperti saya, bisa masuk ke website utama Google Drive untuk login. Jika sudah, maka semua data-data dapat anda akses.

3. Berbagi data menjadi sangat mudah

Apakah anda ingin berbagi foto dan data-data lainnya ke teman anda? Hal tersebut menjadi sangat mudah berkat Cloud Storage. Data yang anda bagi pun bisa anda atur, siapa saja yang dapat mengaksesnya. Anda bisa mengundah secara privat, ataupun dengan berbagi tautan yang dibuat otomatis.

Berbagi Dokumen Di OnedriveSebagai contoh saja, saya akan menggunakan OneDrive untuk berbagi data. Anda hanya klik kanan pada file/folder yang anda bagi dan klik “Share”.

Mengatur Hak Akses File Di OnedriveKemudian, ada 2 cara agar anda dapat berbagi data. Anda dapat mengundang orang dengan memilih opsi “Invite people”. Anda membutuhkan e-mail teman anda untuk melakukan ini. Gunakan cara ini agar anda dapat berbagi data secara pribadi. Anda dapat menggunakan opsi “Get a link” untuk mendapatkan tautan terhadap file yang  bagi.

Berkolaborasilah agar teman anda dapat mengedit dokumen yang sama. Anda hanya perlu memberikan hak akses “Edit” dan undang teman anda. Maka teman anda dapat mengedit secara langsung!

Anda juga dapat melakukan hal tersebut di layanan lainnya seperti Google Drive, Dropbox, dan juga Box.

4. Mengedit dokumen langsung dari browser

Apakah komputer anda tidak memiliki aplikasi pengedit dokumen seperti Microsoft Office? Tenang saja, karena anda dapat melakukannya langsung dari Cloud Storage. Namun, tidak semua layanan Cloud Storage dapat melakukan hal ini. Sejauh ini, gunakan saja OneDrive atau Google Drive, karena dua layanan tersebut memiliki aplikasi Office tersendiri.

OneDrive karena dimiliki oleh Microsoft, maka OneDrive dapat menggunakan Microsoft Office Online. Sedangkan Google Drive menggunakan Google Docs.

Jika anda menggunakan Google Drive, anda dapat dengan mudah membuka dokumen dengan mengklik dobel dokumen yang ingin anda buka.

Jika anda pengguna OneDrive, anda hanya perlu mengklik satu kali saja untuk membuka dokumen.

5. Siap untuk mobile

Seperti pada poin ke-2, anda dapat mengakses data di Cloud dimana saja, termasuk smartphone anda. Anda hanya perlu memasang aplikasi Cloud Storage anda seperti Google Drive, OneDrive, dan Dropbox. Semuanya sudah ada untuk Android dan juga iOS.

Dengan aplikasi Google Drive di Android, anda juga dapat mengakses data-data yang sama seperti yang ada di komputer anda.

6. Backup foto secara otomatis

Ya benar, anda dapat melakukan backup foto secara otomatis dengan layanan Cloud Storage. Namun sejauh ini, saya hanya pernah menggunakan OneDrive dan Google Drive saja saat backup foto. Backup ini pasti dilakukan ketika saya sudah terkoneksi dengan WiFi, sehingga tidak menghabiskan kuota internet mobile saya.

Saat ini, saya akan memberitahukan caranya untuk Google Drive, karena Google Drive menawarkan backup foto dengan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas. Namun, foto anda akan dikompres oleh Google, namun tidaklah terlalu signifikan.

Anda memerlukan bantuan aplikasi Google Photos untuk melakukannya. Jika anda sudah install, maka Google Photos langsung mengarahkan anda untuk menghidupkan Photo Backup untuk anda. Jika anda pengguna lama Google Photo, anda dapat membuka menu dan sentuh “Settings”. Kemudian, sentuh “Back up & Sync”. Maka anda bisa mengaturnya seperti pada gambar diatas.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat