4 Cara Terampuh Mematikan Update Windows 10 Yuk Simak

4 Cara Terampuh Mematikan Update Windows 10 Yuk Simak

4 Cara Terampuh Mematikan Update Windows 10 Yuk Simak

4+ Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Sementara dan Permanen

Jogja One Solution – Pembaruan otomatis ( automatic updates) biasanya bisa membuat komputer atau laptop lebih gesit dan aman. Namun, tak sedikit yang menganggap bahwa fitur tersebut sedikit mengganggu. Masalah inilah yang kerap ditemukan oleh para pengguna Windows 10. Sistem operasi tersebut memang memiliki fitur pembaruan otomatis yang tidak terduga. Hal ini justru membuat para pengguna merasa tidak nyaman dengan keberadaan update otomatis di Windows 10. Misalnya, apabila koneksi internet yang digunakan berasal dari ponsel (via tethering), maka update otomatis inibisa menguras kuota pengguna tanpa disadari. Berikut ini 4 cara terampuh mematikan update windows 10

Cara Mematikan Update Windows 10

1. Mematikan sementara update Windows 10

Cara pertama ini tidak bisa Anda gunakan untuk mematikan update windows secara permanen, paling tidak Anda bisa mengatasi update Windows 10 yang sering mengganggu. Untuk caranya bisa Anda ikuti tutorial berikut ini:

  • Silahkan buka menu “Start” dan masuk ke “Settings
    Buka menu Settings

     

  • Kemudian pilih menu “Update & Security
    Pilih update and security
  • Tunggu sampai terbuka dashboardnya, kemudian pilih menu “Windows Update” dan kemudian scroll kebawah dan pilih menu “Advanced options
    Advanced options
  • Jika sudah pastikan semua button dalam keadaan off semua, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
  • Selamat Anda sudah berhasil mematikan Windows 10 update.

2. Mematikan lewat koneksi Internet

Alternatif lainnya Anda bisa menggunakan cara kedua yaitu dengan mematikan update Windows 10 lewat koneksi internet. Jadi Anda bisa membatasi update untuk menghemat kuota internet. Perlu diketahui bahwa update memerlukan banyak kuota internet, apalagi bagi Anda yang menggunakan koneksi lewat mobile pasti akan cepat habisnya.

Nah berikut cara mematikan koneksi lewat jaringan internet, silahkan ikuti panduannya berikut ini:

  • Silahkan buka menu “Start” dan masuk ke “Settings
    Buka menu Settings
  • Selanjutnya cari menu “Network & Internet
    Menu Network and Internet
  • Setelah terbuka, silahkan klik menu “WiFi” kemudian pilih “Manage known network
  • Pilih nama wifi yang Anda gunakan kemudian klik kanan dan pilih “Properties
    Pilih menu Properties WiFi
  • Jika sudah silahkan scroll kebawah pilih pada menu “Metered connection” dan “set as metered connection” menjadi “On
    Off Metered Connection

Silahkan tunggu tidak akan ada lagi update Windows 10 pada laptop atau komputer Anda saat menggunakan jaringan WiFi.

3. Mematikan melalui windows update startup service

Cara ketiga Anda bisa mematikan Windows 10 update lewat Service Windows, caranya cukup mudah sekali hanya butuh beberapa langkah saja. Silahkan ikuti penjelasannya dibawah ini:

  • Silahkan klik pada kolom pencarian Windows dan tuliskan “Service
    Run as administrator

     

  • Jika sudah muncul silahkan klik kanan “Run as administrator
  • Tunggu hingga muncul dashboard Service, jika sudah silahkan scroll kebawah dan temukan menu “Windows Update”, silahkan klik kanan pilih “Properties”.
  • Pada bagian “Startup type” silahkan Anda ubah dari “Automatic” menjadi “Disable”.
    Disable service

     

  • Jangan lupa pilih “Apply” dan “Ok” untuk menerapkan semua setting yang sudah Anda lakukan tadi.

4. Cegah untuk proses install

Terakhir, Anda bisa mencegah proses instalasi update Windows 10 yang sudah berhasil di download. Caranya Anda tinggal masuk ke Control Panel > System and Security > Security and Maintenance. Kira-kira tampilannya seperti ini.

Security and Maintenance

Silahkan Anda klik “Stop Maintenance” untuk menghentikan proses update Windows 10 secara berkala. Jika Anda ingin mengaktifkan kembali tinggal pilih “Start Maintenance” lagi.

Keuntungan Update Windows 10

Memang update Windows 10 bagi kebanyakan orang mengganggu terutama saat sedang sibuk-sibuknya menggunakan laptop atau komputer. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya update Windows itu memiliki keuntungan, lalu apa saja itu? berikut pembahasannya:

1. Banyak bug yang dapat diperbaiki

Update sebenarnya memiliki keuntungan yaitu bisa memperbaiki bug-bug dan permasalah pada sistem yang sebelumnya. Sebagai sistem operasi dengan pengguna terbesar di dunia, Windows selalu berupaya untuk memperbaiki bug-bug yang sering dijumpai. Apalagi Windows 10 tergolong OS baru, jadi masih butuh banyak penyempurnaan.

2. Lebih aman dari serangan virus

Keuntungan update selanjutnya adalah lebih aman dari serangan virus. Biasanya saat ada virus jenis baru, para developer software berupaya untuk memberikan update keamanan agar para pengguna aman dari ancaman virus tersebut.

3. Tidak perlu menunggu update OS terbaru

Terakhir, update Windows memiliki keuntungan yaitu OS selalu terupdate sehingga tidak berbeda jauh dari segi fitur dan fungsi dari sistem operasi yang terbaru.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat