3 Tips Memilih Blog Berkualitas sebagai Referensi Belajar

3 Tips Memilih Blog Berkualitas sebagai Referensi Belajar

Cara Membuat Blog dalam 6 Langkah Praktis (untuk Pemula)Jogja One Solution- Anda pasti sering mendengar kata ‘blog’, kan? Entah ketika sedang berselancar di internet ataupun pada saat bercakap dengan teman. Bisa dibilang blog sudah memiliki peranan yang cukup besar dalam gaya hidup dan tren masyarakat zaman sekarang. Blog mewadahi berbagai profesi, mulai dari mereka yang sekadar menulis hingga mereka yang menjadikan blog sebagai mata pencarian utama. Fakta yang positif ini tentu mendorong keingintahuan Anda: bagaimana, sih, cara membuat blog? simak yuk 3 Tips Memilih Blog Berkualitas sebagai Referensi Belajar!

Selain bekerja dan beribadah yang dilakukan di rumah, satu hal yang tidak kalah penting dari kedua itu adalah belajar dari rumah. Baik siswa maupun mahasiswa mengalami keadaan dimana mereka harus menjadikan kamar, kost atau ruang keluarga mereka sebagai tempat mereka sekolah.

 

Banyak sekolah atau kampus di Indonesia yang memberlakukan proses belajar dari rumah karena memang anjuran dari pemerintah. Maka dari itu platform pembelajaran online saat ini sangat gencar dipakai dan dimanfaatkan oleh para siswa atau mahasiswa.

WAG (Whatsapp group), zoom, google classroom, dan lain sebagainya menjadi alat yang saat ini efektif untuk menjalankan kegiatan belajar dari rumah. Selain itu para siswa atau mahasiswa juga menggunakan search engine sebagai alat untuk mencari materi, mengingat perpustakaan juga sedang menutup diri dari para pengunjung. Hal ini menimbulkan persoalan lain, yaitu bagaimana mencari blog atau website yang pantas untuk dijadikan sebagai referensi? mengingat banyak sekali blog atau website di luar sana yang tidak kredibel untuk dijadikan sebagai referensi tugas sekolah atau kuliah, atau hanya sekedar sebagai bahan bacaan saja.

Selain itu, banyak dari siswa atau mahasiswa yang masih gagap dalam mencari sumber di internet. Berikut ini adalah tips mencari blog atau website yang layak untuk digunakan sebagai refensi pembelajaran kalian.

1. Pehatikan Domain dan Ekstensi Blog atau Website Berkualitas sebagai Referensi Belajar

Domain adalah alamat blog atau website, untuk bisa mengakses suatu blog atau website kita memerlukan domain. Contoh domain adalah kompasiana.comgipang.comtirto.id, dan lain sebagainya. Sebagai sebuah alamat untuk mengakses blog atau website, domain menjadi aspek yang sangat penting untuk mengidentifikasi kualitas blog atau website. Pilihlah blog yang sudah menggunakan domain TLD, domain TLD adalah domain yang menggunakan ekstensi .com, .id, .net, .co.id, .org, .edu, dan seterusnya. Jangan memilih blog yang masih gratisan, contohnya namablog.blogspot.com, atau namablog.wordpress.com, karena dari domain sudah terlihat jelas seberapa besar keseriusan penulis dalam menulis di blog atau website, hal itu tentunya akan berpengaruh pada kualitas tulisan.

2. Pilih Niche yang sesuai Blog Berkualitas sebagai Referensi Belajar

Niche adalah jenis konten dalam suatu blog atau website. Salah satu cara dalam memilih blog atau website yang layak untuk kita gunakan sebagai referensi bacaan adalah dengan memperhatikan niche blog atau website tersebut. Karena tidak mungkin apabila kita mencari materi tentang sejarah, namun kita membuka blog yang membahas tentang travelling. Meskipun ada tulisan sejarahnya, tapi blog tentang travelling tetaplah travelling, bukan blog sejarah. Selain itu kita bisa mencari blog atau website yang memang berniche edukasi, misalnya blog atau website yang fokus membahas mengenai dunia akademis atau materi-materi dalam berbagai disiplin keilmuan. Atau bisa juga mencari blog atau website yang menampung berbagai macam jurnal atau makalah dari akademisi yang benar-benar berkompeten.

3. Cari Penulis Blog atau Website yang Kompeten

Tips ketiga adalah dengan memperhatikan siapa penulis dalam blog tersebut. Siapa bukan hanya mempertanyakan nama, tapi bagaimana latar belakang pendidikannya. Carilah blog atau website yang memuat tentang tulisan akademis yang ditulis oleh akademisi. Contohnya, sekarang banyak sekali dosen-dosen yang memiliki blog pribadi yang apabila dalam blog tersebut terdapat materi yang anda cari, blog tersebut sangat rekomended untuk dijadikan sebagai bahan referensi. Jangan memilih blog atau website yang penulisnya anonim, karena hal tersebut tentu tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Kesimpulannya, cara paling efektif dalam mencari sumber yang kredibel adalah dengan mencari website yang memuat tentang data-data jurnal penelitian. Sudah dipastikan, materi yang ditulis di jurnal tersebut sangat kredibel. Akan tetapi tidak semua materi yang dicari tersedia dalam bentuk jurnal. Maka tiga tips di atas bisa jadi penduan bagi anda untuk menentukan blog atau website mana yang layak untuk anda jadikan sebagai bahan bacaan atau referensi belajar anda.

Tiga tips di atas tentu tidaklah cukup, ada banyak hal lain yang juga perlu untuk diperhatikan. Tingkatkan ketelitian anda dalam mencari sumber dalam proses belajar anda, karena hal itu sangat berpengaruh terhadap kualitas pengetahuan yang anda dapatkan. Terimakasih

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat