10 Trik SEO Ampuh Untuk Toko Online Wajib Coba

10 Trik SEO Ampuh Untuk Toko Online Wajib Coba

10 Trik SEO Ampuh Untuk Toko Online Wajib Coba

Belajar SEO: 10 Tips SEO Ampuh Untuk Blog Baru | Seni BerpikirJogja One Solution – Di era yang serba maju seperti sekarang ini, tidak sulit untuk membuka bisnis meski hanya dengan modal minim. Salah satunya adalah dengan bisnis online. Bisnis ini adalah metode pemasaran produk yang efektif dengan biaya yang kecil untuk mendapatkan omset yang berkali-kali lipat banyaknya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa pebisnis online yang dahulu hanya bermodal 50 ribu saja bisa mendatangkan omset jutaan rupiah. Berikut ini 10 trik SEO ampuh untuk toko online yang wajib di coba:

1. Sertakan Deskripsi Produk yang Dijual

Dalam memberikan gambaran barang yang dijual, Anda perlu memasukkan sebuah kata kunci agar lebih mudah dikenali pengunjung serta berikan deskripsi produk secara lengkap, panjang dan jelas. Pihak Google menilainya sebagai website yang relevan.

Saat membuat deskripsi, tuliskan 1.750 hingga 2.000 kata. Pembagiannya, yaitu 1.000 kata tentang deskripsi murni produk. Sisanya untuk menuliskan pembukaan, review, fitur, penjelasan tentang spesifikasi yang lebih mendalam dan penutup.

2. Perbaiki Struktur Website Toko

Pelanggan akan puas jika struktur halaman web rapi dan tidak menyulitkan pembaca. Di samping itu, ini juga akan berpengaruh terhadap rating pencarian website toko online Anda di mesin pencari Google.

Ada prinsip-prinsip harus diterapkan di dalam menyusun struktur halaman web, yakni buat pembagian kategori yang simpel, mudah dilihat, berikan kategori tambahan dari tema umum dan batasi tingkatan pada setiap topik yang diberikan agar tidak ada pembahasan terlampau dalam.

3. Berikan Review Produk

Cara ini tidak hanya berpengaruh pada SEO toko online Anda. Aspek marketing dan sales pun ikut terpengaruh. Review pelanggan akan meringankan pekerjaan Anda dalam membuat konten, sehingga dapat tambahan isi secara mudah.

Review di toko online melalui dua cara. Pertama, Googlebot memiliki bahan lebih untuk crawling ketika ada banyak pembahasan penggunaan. Kedua, konten panjang memancing pembaca untuk menghabiskan waktu lama di web.

4. Atasi Masalah Teknis Pada Toko Online Anda

Pertama, perbaikilah halaman yang salah atau error di hasil pencarian. Caranya, dengan menambahkan tag noindex pada bagian <head> website toko online. Tuliskan <meta name=”robots” content=”noindex”> dan <meta name=”googlebot” content=”noindex”>.

Kemudian, atasi masalah duplicate content, hal ini akan membahayakan reputasi SEO toko online Anda. Caranya, aktifkanlah noindex pada halaman yang diinginkan lalu tambahkan tag “rel=canonical”, sehingga memberi tahu Google bahwa konten web bukan merupakan duplikat.

5. Buat Blog Bisnis

Pada dasarnya, ada banyak manfaat yang diberikan pada pembuatan sebuah blog untuk kepentingan bisnis. Hal tersebut akan meningkatkan reputasi, hubungan komunitas dengan pelanggan, trafik dan juga penjualan.

Selanjutnya, bagaimana cara mengoperasikan blog bisnis? Pertama, Anda harus tentukan tujuanya untuk apa. Kedua, petakan pengalaman dari pelanggan untuk mencari tahu produk yang mereka butuhkan. Terakhir, tulislah ide konten berdasarkan “customer journey” yang telah diketahui.

6. Berikan Rekomendasi Produk Sejenis

Trik SEO toko online berikutnya adalah untuk meningkatkan banyaknya pengunjung hingga 5 kali lipat dengan cara menulisan rekomendasi terkait produk sejenis yang dijual pada toko online Anda. Selain itu, rata-rata pembelian produk akan meningkat sebesar 50 persen.

Selebihnya, fitur ini akan meningkatkan pengalaman pengguna yang akan membuat jumlah trafik ke toko online semakin meningkat. Begitu pula dengan kemungkinan user untuk kembali mengunjungi toko online Anda.

7. Integrasikan Toko Online Dengan Sosial Media

Dengan cara ini kemungkinan tidak bisa disebut sebagai

toko online. Akan tetapi, fitur tersebut dijamin akan meningkatkan “user experience” atau pengalaman pengguna.

Sebisa mungkin integrasikan toko online dengan media sosial yang ada dengan menyediakan tombol share di bawah.

Di samping itu, yang lebih penting ialah sediakan fitur buat akun (login) dengan akun sosial media, kebanyakan pengguna sangat malas untuk membuat akun baru di toko online. Tidak sedikit pula yang mengaku mengisi data secara asal-asalan.

8. Konfigurasi URL

Dalam hal ini, URL harus ditulis dengan jelas. Dengan begitu, pengguna dan Googlebot akan memahami jalan menuju web secara mudah. Selain itu, mereka juga bisa menebak isi web hanya dengan membacanya saja.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun URL adalah buatlah alamat yang pendek dan samakan dengan judul halaman. Hindari memasukkan kata-kata tidak perlu dan jangan gunakan penyertaan subkategori.

9. Bangun Reputasi di Mesin Pencari Dengan Teknik Link Building

Reputasi toko online tidak cukup jika hanya dibangun dari dalam websitenya sendiri. Segala trik optimasi SEO yang disebutkan sebelumnya hanyalah satu bagian dari usaha. Untuk melengkapinya, Anda perlu membangun reputasi dengan link building dari luar.

Alasannya, tentu saja agar semakin banyak orang tahu tentang keberadaan toko online Anda. Di samping itu, link building juga akan mempengaruhi rating pencarian di Google yang sudah pasti akan meningkatkan jaringan bisnis.

10. Update Produk Bila Sudah Terjual dan Stok Habis

Pada promosi toko online menggunakan website, Anda tidak perlu menghapus halaman produk layaknya seperti di media sosial. Di sini, yang perlu dilakukan adalah menuliskan kata “Stok Habis” atau “Sudah Terjual” ketika produk telah laku terjual.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat