10 Manfaat Penting Merutinkan Menulis

10 Manfaat Penting Merutinkan Menulis

10 Manfaat Penting Merutinkan Menulis

10 Manfaat Penting Merutinkan Menulis - QwordsJogja One SolutionMenulis sering dikaitkan dengan tugas, baik bagi para pelajar ataupun pekerja. Tetapi, sesungguhnya, terlepas dari kewajiban-kewajiban tersebut, manfaat menulis sangatlah banyak, khususnya manfaat untuk diri sendiri. Dengan menulis, kita dapat memperoleh banyak manfaat yang dapat dirasakan langsung atau pun di kemudian hari. Tempo Institute akan memberikan Anda beberapa manfaat menulis. Berikut ini 10 manfaat penting merutinkan menulis.

 

 

 

10 Manfaat Menulis

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai manfaat menulis secara lebih banyak. Kami sudah merangkumnya menjadi 10 manfaat penting merutinkan menulis, berikut pembahasannya:

1. Tempat untuk menuangkan ekspresi

Manfaat menulis yang pertama adalah sebagai tempat menuangkan ekspresi diri. Anda bebas membuat tulisan ketika sedang sedih, senang, galau, marah atau lainnya saat tidak bisa bercerita kepada orang lain. Tulisan dipilih menjadi media yang paling tepat untuk menuangkan segala ekspresi.

Tulisan bisa membuat rasa “mengganjal” pada diri bisa lepas. Untuk medianya paling banyak saat ini adalah lewat social media, tidak perlu panjang dan lebar asal sudah tersampaikan bisa lega. Dengan tulisan ini sama saja Anda bercerita kepada orang lain, karena tulisan akan dibaca langsung oleh orang lain.

2. Meningkatkan kreativitas seorang

Percaya kalau menulis bisa menambah kreativitas? Saat proses menulis otak Anda akan mencari ide-ide baru yang akan dituangkan dalam tulisan. Nah inilah yang membuat seorang penulis menjadi lebih kreatif karena otak selalu diajak berfikir. Kreativitas Anda akan semakin baik saat Anda rajin menulis, untuk itu sering-seringlah berlatih menulis.

3. Memperkuat daya ingat

Memperkuat daya ingat

Saat proses membuat tulisan, tidak hanya tangan dan mata saja yang bekerja melainkan otak manusia juga ikut bekerja. Pekerjaan otak dimulai dengan mencari ide tulisan kemudian membuat kerangka tulisan sampai membuat tulisan sampai selesai.

Jika otak sering dilatih dengan membaca dan menulis, maka kinerja otak akan semakin kuat. Otak manusia ibarat seperti otot manusia yang perlu dilatih setiap saat agar tetap kuat. Agar daya ingat semakin kuat, maka memperbanyaklah dengan menulis agar muncul ide-ide segar yang tersimpan dalam pikiran.

4. Menjadikan hidup lebih produktif

Pernahkan Anda melakukan kegiatan menulis sebelum memulai hari? Ternyata ini memiliki manfaat yang besar terutama membantu otak manusia lebih fokus untuk memulai kegiatan pada hari itu. Menulis bisa menjadi pemanasan otak sebelum memulai bekerja, jadi saat bekerja otak manusia sudah siap. Tidak perlu menulis yang berat-berat, cukup menulis kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu sampai menjelang tidur kembali.

5. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Saat menulis, Anda tidak bisa menggunakan bahasa yang asal sesuka hati. Ada aturan baku dalam penulisan dan penggunaan EYD yang harus ditaati. Satu hal yang pasti, saat menulis perlu mengetahui kira-kira siapa audiens yang akan membacanya, sehingga bisa menyesuaikan dengan bahasa yang akan dipilih. Dengan cara seperti ini kemampuan dalam berbahasa Anda bisa meningkat dan berkembang.

6. Media belajar yang baik

Media belajar

Penelitian dari APA PsycNet menyebutkan bahwa siswa yang menuliskan curhatan tentang mata pelajaran di sekolahnya mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak menuliskannya. Nah inilah menjadi salah satu manfaat menulis untuk media belajar yang baik terutama pada siswa. Tidak sampai disitu saja, penelitian ini juga bisa Anda aplikasikan pada orang dewasa dan lansia.

7. Membuat bicara lebih lancar

Perbendaharaan kata yang dikuasai akan berpengaruh pada skill saat berbicara. Ini akan berguna ketika Anda diharuskan berbicara dimuka umum tanpa menggunakan teks. Semakin bagus tulisan Anda maka kemampuan berbicara Anda akan ikut meningkat dengan sendirinya.

8. Media komunikasi terbaik

Seringkali saat kita berkomunikasi secara langsung, banyak terjadi salah ucap dan menyebabkan orang lain tersinggung. Berbeda dengan media tulisan yang lebih aman saat menyampaikan pesan kepada pembaca, kita memiliki waktu untuk mengkoreksi tulisan apakah sudah benar atau belum. Selain itu biasanya permintaan maaf atau pemberian ucapan selamat menggunakan media tulisan yang lebih efektif untuk menjalin komunikasi yang baik.

9. Membantu mencapai tujuan

Apakah Anda termasuk orang yang suka menuliskan resolusi setiap tahunnya atau planning ke depan pada selembar kertas? Jika benar maka selamat ini menjadi salah satu hal yang membantu untuk meraih kesuksesan. Sebuah studi menyebutkan bahwa seorang yang menuliskan resolusi dan planningnya memiliki keberhasilan 42% lebih besar dibandingkan yang tidak menuliskannya. Ketika orang menuliskan tujuannya, alam bawah sadarnya akan tergerak untuk selalu mengingatkan akan tujuan yang pernah dibuat.

10. Menghasilkan uang

Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet

Tidak hanya sebatas tugas dan hobi saja, ternyata tulisan bisa menghasilkan uang dan bisa menjadi suatu profesi yang menjanjikan. Sudah banyak profesi yang basic utamanya adalah seorang penulis seperti blogger, content writer, copywriter, UI UX writer, penulis naskah, penerjemah, jurnalis dan masih banyak lainnya.

Nah demikianlah pembahasan mengenai manfaat penting merutinkan menulis. Jika saat ini Anda masih belum rutin cobalah untuk membuat jadwal rutin menulis setiap hari dan rasakan perbedaanya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat