10 Cara Merancang Situs Web E-niaga Anda untuk Lebih Banyak Konversi

10 Cara Merancang Situs Web E-niaga Anda untuk Lebih Banyak Konversi

10 Cara Merancang Situs Web E-niaga Anda untuk Lebih Banyak Konversi

21 Tool E-Commerce Terbaik Untuk Mendukung Bisnis Online Anda - Wirtoyo.ComArsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorUntuk meningkatkan tingkat konversi pada Anda situs e-niaga, tidak ada bagian dari perjalanan pelanggan yang dapat diabaikan. Dari kamu halaman arahan ke halaman pembayaran Anda, setiap aspek situs e-niaga Anda perlu dirancang dengan cermat. Namun mengembangkan perjalanan pengguna yang berhasil menyeimbangkan pengalaman belanja yang menyenangkan dengan jalur yang jelas menuju konversi lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Untuk membantu Anda merancang jalur konversi yang lebih menyenangkan dan disengaja di situs web e-niaga Anda, kami telah menyusun daftar beberapa praktik terbaik untuk diikuti. Berikut ini 10 cara merancang situs web e-niaga anda untuk lebih banyak konversi.

1. Tambahkan CTA yang jelas.

Memiliki ajakan bertindak (CTA) yang jelas sangat penting untuk mengubah lalu lintas situs web menjadi penjualan.

Perdagangan elektronik situs CTA sering kali adalah tombol “Beli Sekarang” atau “Tambahkan ke Keranjang” yang menonjol di laman web untuk menarik perhatian pengunjung dan mendorong mereka untuk mengeklik. Ini biasanya dilakukan dengan menggunakan warna kontras dan elemen desain yang unik, di antara taktik lainnya. Dan seperti contoh yang disebutkan di atas, susunan kata dalam CTA harus dibuat pendek dan manis.

Selain itu, pastikan CTA Anda selaras dengan maksud dari halaman web tempatnya berada. Misalnya, CTA di halaman produk Anda mungkin bertuliskan “Beli Sekarang” sedangkan CTA di halaman konten mungkin “Baca Lebih Lanjut”.

2. Ciptakan rasa urgensi.

Pertimbangkan untuk menciptakan rasa urgensi di situs e-niaga Anda. Satu Studi CXL menemukan bahwa, dengan menciptakan rasa urgensi di situs e-niaga, rasio percakapan meningkat lebih dari 330%.

Ini dapat dilakukan hanya dengan mengubah cara Anda mengubah CTA – misalnya, mengubah CTA dari “Belanja di Sini” menjadi “Belanja Sekarang” dapat memberikan dorongan yang dibutuhkan pengunjung untuk berkonversi.

3. Tawarkan pembayaran sederhana dengan sekali klik untuk semua pelanggan.

Dengan mengadopsi proses checkout sekali klik, pelanggan dapat melewati langkah “tambahkan ke keranjang” dan check out dengan cepat dan efisien saat masih di halaman produk. Faktanya, dengan melakukan ini, checkout sekali klik dapat mempersingkat proses checkout hingga 90%.

Hal ini penting karena dengan meniadakan langkah-langkah tambahan yang diperlukan dalam proses pembayaran tradisional, keranjang belanjaan kemungkinan kecil diabaikan karena proses yang sederhana dan efisien.

Meskipun Anda memilih untuk tidak menerapkan pembayaran sekali klik, sederhanakan proses pembayaran situs Anda sebanyak mungkin untuk meningkatkan konversi dan menurunkan pengabaian keranjang. Anda dapat melakukan ini dengan meminta input data yang sangat minimum dari pelanggan Anda agar prosesnya efisien bagi mereka.

4. Tambahkan SSL bilah hijau.

Telah ditemukan itu pengabaian keranjang belanja dapat berkurang jika Anda menampilkan SSL bilah hijau di situs web Anda. Inilah tampilannya di berbagai mesin telusur:

greenbar ssl

Bilah hijau SSL membantu menyampaikan situs web tepercaya dan bereputasi – ini bukan hanya petunjuk visual bagi pelanggan, tetapi juga memainkan peran penting dalam keamanan situs Anda.

Memiliki SSL greenbar mengenkripsi informasi pembayaran pengunjung, yang mempersulit peretas dan penipu untuk mencuri informasi mereka. Sederhananya, pengguna tidak ingin membeli dari situs web yang tidak aman.

Dalam ujian, dua formulir dibuat untuk diselesaikan pelanggan – satu tanpa segel Verisign dan satu lagi tanpa segel Verisign.

greenbar ssl dan situs web tepercaya

Ada 42% meningkat dalam konversi pada formulir yang berisi segel Verisign, menunjukkan bahwa pengunjung lebih cenderung untuk berbagi data pribadi dan melakukan konversi ketika mereka yakin bahwa itu aman.

5. Menawarkan metode pembayaran yang berbeda.

Ada ratusan cara berbeda untuk membayar online yang tidak bergantung pada kartu, termasuk debit langsung, transfer bank, dompet digital, faktur elektronik, mata uang digital (seperti Bitcoin), dan banyak lagi.

Meskipun tidak mungkin menawarkan 100+ metode pembayaran di situs web Anda, penting bagi Anda untuk memahami target pasar Anda dan dapat menawarkan metode pembayaran yang paling sesuai untuk mereka.

Misalnya, situs web dengan pengeluaran rata-rata $ 50 dapat memperoleh keuntungan dari menawarkan pembayaran gaya kartu kredit dan debit, sedangkan situs web seperti overclockers.co.uk mungkin ingin mendorong opsi pembiayaan karena nilai produk yang dijual jauh lebih tinggi.

Cobalah untuk menyediakan tiga metode pembayaran teratas di sektor Anda – hal itu akan menghasilkan peningkatan tingkat konversi 30% untuk bisnis.

Overclocker melakukan pekerjaan yang hebat ini dengan menunjukkan semua opsi yang tersedia untuk membeli dalam deskripsi produk, dan di dekat CTA.

contoh overclocker menawarkan metode pembayaran yang berbeda

6. Menggabungkan review produk atau perusahaan.

Ulasan adalah salah satu alat paling ampuh untuk mengubah minat apa pun pada produk Anda menjadi penjualan – calon pelanggan ingin mendengar dari pembeli lain seperti mereka.

Tambahkan ulasan pelanggan langsung di samping atau di bawah produk Anda untuk menunjukkan kepercayaan Anda. Rekomendasi pelanggan mendorong keputusan pembelian karena pelanggan cenderung mempercayai ulasan dari pelanggan yang terkait dengan mereka. Untuk melakukan ini, berikan kesempatan kepada pelanggan untuk memberikan umpan balik instan tentang kualitas produk atau layanan Anda.

Amazon mengelola ulasan pelanggan mereka dengan baik – faktanya, salah satu hal pertama yang Anda lihat saat mencari produk apa pun adalah daftar ulasan pelanggan.

contoh amazon ulasan pelanggan di samping produk

7. Tambahkan citra yang dipilih dengan baik.

Citra yang sangat baik dari produk atau layanan yang Anda jual sangat penting ketika mencoba meningkatkan konversi online – seperti kata pepatah lama, “sebuah gambar bernilai 1000 kata.”

Pastikan Anda memiliki foto produk berkualitas tinggi, yang mencakup semua sudut dan detail. Hal ini membuat pembeli yakin akan apa produknya, kualitasnya, dan apa yang mereka harapkan saat menerimanya.

Di sisi lain, jika Anda memiliki gambar berkualitas rendah tanpa fungsi zoom dan kurangnya detail, Anda akan membuat calon pelanggan merasa cemas dan bertanya-tanya apa yang harus Anda sembunyikan.

Sebenarnya, hanya sebagian kecil dari pengunjung situs Anda yang benar-benar mengunjungi seluruh halaman dan membacanya kata demi kata – artinya gambar Anda dapat berdampak pada pemahaman pelanggan tentang merek dan produk Anda.

8. Optimalkan situs web Anda untuk seluler.

Akun seluler untuk sekitar setengah dari lalu lintas web di seluruh dunia. Dengan mengingat hal ini, situs e-niaga Anda harus ramah seluler.

Proses pembayaran yang sederhana bahkan lebih penting di perangkat seluler daripada di desktop. Pengguna bekerja dengan layar yang jauh lebih kecil, jadi semakin sedikit gangguan semakin baik. Tetap sederhana.

Penting juga untuk mengingat sifat data telepon yang tidak dapat diandalkan. Dengan sinyal telepon yang turun dalam sekejap, yang mengurangi kecepatan unduh pengguna (sangat cepat!), Situs Anda harus dioptimalkan untuk seluler. Ini akan memungkinkan waktu muat yang cepat, bahkan saat koneksi internet lambat. Langkah sederhana seperti ini dapat membuat perbedaan antara pelanggan yang berkonversi di seluler atau mengunjungi situs pesaing.

9. Tulis deskripsi produk yang ringkas dan efektif.

Deskripsi produk adalah alat utama dalam gudang penjualan e-niaga Anda. Tanpa deskripsi produk yang efektif, Anda pasti akan kehilangan klik dan pembelian.

Fokus pada pembeli ideal Anda dan targetkan mereka dengan kata-kata dan deskripsi produk Anda yang berhubungan dengan mereka. Tujuan mereka, dan tantangan mereka. Hal ini akan membuat pelanggan merasa bahwa Anda memahami siapa mereka dan apa yang mereka butuhkan dari Anda – yang pada akhirnya membuat mereka merasa lebih percaya diri dalam memilih untuk berbisnis dengan Anda.

Di atas segalanya, faktor terpenting yang harus dipertimbangkan saat menulis deskripsi produk Anda adalah membuatnya tetap ringkas. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, pengguna akan membaca lebih dari beberapa baris. Jika Anda memang memiliki banyak informasi yang perlu Anda sampaikan kepada pelanggan Anda.  Anda dapat mempertimbangkan untuk menyembunyikannya di balik tombol “baca lebih lanjut” atau memotongnya. Menjadi poin-poin yang mudah dipahami atau bahkan memasukkan infografik.

10. Desain tata letak yang sederhana.

Membuat perjalanan yang mudah diikuti dan kohesif dari beranda hingga checkout. Merupakan salah satu faktor terpenting saat menurunkan rasio pentalan dan meningkatkan rasio konversi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa situs web yang memiliki tampilan bersih (artinya, lebih banyak ruang putih, gambar lebih besar, dan lebih sedikit teks) akan melihat tingkat keterlibatan pengguna yang jauh lebih tinggi daripada situs web yang tidak. Itulah 10 cara merancang situs web e-niaga anda untuk lebih banyak konversi.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat