Yang perlu diperhatikan dalam membangun SEO

Setiap mesin pencari selalu melakukan perubahan algoritma mereka seperti halnya mesin pencari paling populer yang banyak digunakan oleh semua orang, yaitu google. Baru baru ini mesin raksasa terbesar tersebut  telah meluncurkan sebuah inovasi baru yaitu Google Panda 4.0 yang mana membuat perubahan sangat significan pada hasil pencarian telusur raksasa ini. Ini menjadi hal ynag penting untuk diperhatikan oleh para pemilik website maupun blog dimana sumber trafik mereka yang berasal dari mesin pencari Google.

Meskipun ada perubahan, tapi standar penting untuk para webmaster tidak mengalami perubahan sama sekali. Semua ini Google lakukan agar ada feedback yang baik bagi webmaster dan pengunjung mereka, dimana pemilik web dituntut untuk selalu memberikan konten terbaik dan uptodate pada blog/website mereka untuk para pengunjungnya.

Kemudian pertanyaan kita semua adalah bagai mana mengoptimalkan faktor onpage yang relevan untuk pengunjung  dan juga untuk mesin telusur google? Nah, berikut ini merupakan elemen penting dalam SEO website:

1. Buatlah Konten Blog yang berkualitas dan Up to Date
Blog adalah salah satu sarana yang sangat efektif untuk mempublikasikan konten yang berhubungan dengan bisnis, membangun brand, dan meningkatkan jumlah pengunjung. Ini sangat penting sekali untuk saat ini maupun hingga kedepannya.

Dengan memberikan konten berkualitas dan yang up to date serta sesuai dengan usaha sobat jalankan, akan mendapat kepercayaan yang lebih dari para pengunjung, dan pastinya juga dari Google search engine.

2. Manfaatkan Google Authorship
Google Authorship adalah cara Google untuk memverifikasi penulis konten dalam sebuah website, dan memperhitungkan seberapa besar keahlian (otoritas) masing-masing penulis terhadap sebuah topik. Dan ternyata Author Rank (Ranking Penulis) sangat mempengaruhi hasil pencarian di mesin telusur Google.

Google Authorship merupakan fitur yang dikeluarkan oleh google sejak lama, hanya saja masih banyak pemilik website yang belum memanfaatkannya.

3. Optimalkan URL Blog / Website
Optimasi pada URL blog / website sangatlah penting sekali perannya dalam hasil pencarian di search engine. Sebaiknya selalu gunakan permalinks pada website / blog yang mengandung kata kunci dan pastinya sesuai dengan konten yang dibuat. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengoptimalkan URL di situs sobat sekalian :

  • URL harus mengandung kata kunci dan sesuai dengan topik pada konten blog / website
  • Jangan memuat URL terlalu panjang, di sarankan tidak melebihi dari 100 karakter
  • Buatlah 1-2 subdirectori saja pada URL, misalnya : http://www.idca.or.id/mengoptimalkan-keyword/

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat