Kriteria Blog Yang Disukai Pembaca

Kriteria Blog Yang Disukai Pembaca

Di dalam sebuah blog, content adalah raja. Ya, ternyata yang menentukan banyak tidaknya pengunjung adalah bagaimana kita menyajikan isi yang menarik dan memang dibutuhkan orang. Berikut adalah 10 tips dari saya bagaimana membuat artikel di blog yang disukai pembaca.

Keep it Short. Perbedaan antara menulis blog dan media cetak adalah bahwa blog tentu dibaca di layar elektronik yang secara relatif melelahkan mata. Buatlah sebuah artikel yang sederhana dan pendek saja, maksimal 500-600 kata. Pembaca di blog lebih suka tulisan yang to the point dan bisa habis sekali baca.

Keep it Simple. Sebuah blog bisa menjadi sebuah media untuk menunjukkan expertise Anda. Namun sekali lagi, pengunjung yang datang ke blog Anda belum tentu sama expert nya dengan Anda. Jadi, tetaplah buat tulisan yang sederhana dan mudah dipahami. Buatlah yang rumit bisa dijelaskan dengan sederhana. Bukan justru menjelaskan hal sederhana dengan jalan yang rumit.

Koreksi Kesalahan. Dalam beberapa tulisan saya sebelumnya, saya menyarankan bagi Anda yang ingin memulai blogging, maka tulislah apa yang ada di pikiran Anda dan biarkan mengalir. Hanya seringkali blogger lupa untuk melakukan cek terakhir sebelum tulisan dipublikasi. Koreksi kesalahan sebaiknya setelah tulisan jadi, bukan saat kita sedang menulis karena itu bisa sangat mengganggu.

Hindari bahasa SMS. Bahasa SMS atau bahasa chat yang dimaksud adalah bahasa yang disingkat-singkat. Ini biasa terjadi jika kita menggunakan mobile blogging, yaitu ngeblog dengan ponsel. Tapi ternyata sering juga saya jumpai yang menggunakan komputer dengan hal yang sama. Tlg jgn skli” mnulis sprti ini dlm blogging. 4p4lag1 sep3rt1 1Ni.

Cek Flow. Ini biasanya saya lakukan setelah selesai menulis. Mengecek flow sebenarnya hanya ingin melihat aliran tulisan. Apakah tulisan di awal relevan dan runtut hingga penjelasan paling akhir. Namun cek flow jarang saya pakai jika membuat artikel list seperti ini.

Tulis tentang Passion. Saya pernah bertemu dengan seorang yang mengatakan bahwa yang paling penting bukanlah mencintai topik, namun mencintai aktivitas menulisnya. Tetapi bagi saya, menulis itu luas. Menuliskan apa yang kita cintai justru akan mampu mendongkrak semangat dan produktivitas menulis kita.

Menulis secara berkala. Saya kasih sebuah bocoran rahasia tentang menulis di blog yang membedakan dari yang lain: konsistensi. Tulisan yang diinginkan pembaca sebenarnya sederhana, jika mereka sudah suka maka mereka akan sangat menantikan tulisan berikutnya. Maka menulislah dengan konsisten.

Minta pendapat. Adalah salah satu cara yang biasa saya lakukan ketika awal menulis blog. Ternyata masukan dari berbagai macam pembaca membuat saya semakin tahu bagaimana cara menulis yang memang benar-benar mereka inginkan.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat