Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Internet

Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Internet
by

Pemasaran melalui media sosial paling banyak mencuri perhatian, alasannya media sosial paling banyak digunakan user sehingga lebih menjanjikan untuk promo atau berbagi informasi menarik dan berpotensi menghasilkan produk yang berniai jual tinggi. Ayo manfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mendapatkan banyak nilai tinggi.

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran bisnis melalui internet marketing yang dapat Anda coba:

1. Membuat Website/ Blog Khusus untuk Bisnis

Poin ini adalah satu hal yang sangat krusial bila kita ingin bertahan di tengah persaingan bisnis di jaman digital seperti sekarang ini. Kita tidak bicara tentang bisnis yang dibangun untuk setahun atau dua tahun, tapi kita bicara tentang bisnis yang bisa bertahan selama yang Anda inginkan.

Jika Anda memperhatikan, sekarang ini banyak usaha offline yang sudah membuat website/ blog khusus untuk memasarkan produk mereka melalui internet. Selain sebagai media pemasaran, website/ blog juga bisa menjadi salah satu cara untuk membangun brand bisnis mereka.

Dan untungnya, membuat website itu tidak semahal menyewa ruko untuk tempat usaha. Bahkan ada beberapa platform gratis yang bisa dimanfaatkan.

2. Pemasaran Bisnis dengan Email Marketing

Email marketing adalah salah satu cara pemasaran online yang sudah cukup ‘jadul’ tapi masih tetap efektif hingga saat ini, setidaknya sampai saat artikel ini dibuat. Konsumen atau calon konsumen yang suka rela memberikan alamat email mereka ke bisnis Anda adalah calon konsumen yang sangat potensial.

Dengan sistem email blast yang terencana, kita bisa mengirimkan email yang berisi penawaran secara berkala kepada konsumen ataupun calon konsumen. Dan kemungkinan besar orang yang belum pernah membeli produk yang Anda tawarkan pada suatu saat akan membeli produk di bisnis Anda, ini hanya masalah waktu saja.

3. Pemasaran Melalui Media Sosial

Hari gini siapa sih yang tidak pernah bermain-main di media sosial? Bahkan menurut beberapa penelitian, penggunaan media sosial mendapat porsi yang sangat besar di internet saat ini.

Tantangan dalam melakukan pemasaran melalui media sosial ini adalah ketika membangun konten. Masing-masing media sosial berbeda perlakuannya dalam penyajian konten, dan dibutuhkan pengetahuan dan skill yang cukup baik dalam mengelola akun media sosial untuk bisnis.

4. Pemasaran Melalui Jaringan Periklanan

Walaupun cukup banyak jenis pemasaran online yang bisa dilakukan dengan gratis, namun beriklan di jaringan periklanan tetap memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pemasaran gratis. Salah satu kelebihan beriklan adalah trafik potensial ke website bisnis kita bisa didapatkan dengan lebih cepat.

Masing-masing jaringan periklanan tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Misalnya Google Adwords, beriklan di jaringan periklanan milik Google ini sangat cocok untuk produk yang memberikan solusi terhadap masalah seseorang. Biasanya orang mencari informasi melalui Google, dan ketika orang tersebut mengetikkan sebuah kata kunci maka hasil pencarian akan disertai dengan iklan. Jadi, beriklan di Google Adwords memang sangat efektif bila kita ingin langsung jualan karena langsung ada calon pembelinya.

5. Pemasaran Melalui Konten Marketing

Sebenarnya poin #5 ini masih sangat berhubungan dengan poin #1, tapi lebih spesifik kita melakukan pemasaran melalui berbagai konten yang kita posting di blog bisnis. Semakin banyak konten berkualitas yang kita posting melalui blog bisnis kita, maka peluang untuk mendapatkan trafik dari search engine juga akan semakin besar.

Nah, di atas tadi adalah ulasan singkat mengenai strategi pemasaran bisnis melalui internet marketing yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan ataupun branding. Internet sudah memberikan banyak kemudahan dalam hal pemasaran, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat