Sebab Traffic Blog Menurun Dan Cara Mengatasinya

Sebab Traffic Blog Menurun Dan Cara Mengatasinya

Sebab Traffic Blog Menurun Dan Cara Mengatasinya

Blog dan Website bisa mengalami peningkatan maupun penuran nah adakalanya dia bisa sangat turun. Jadi traffic blog yang naik turun itu sebenarnya hal yang wajar. Namun bagaimana jika traffic blog menurun dengan sangat drastis? Jika memang blog Anda menurun dengan drastis tentu saja hal ini di luar kewajaran.

Anda harus segera mencari penyebabnya dan segera bertindak agar blog Anda tak jatuh terjerembab dan terhempas ke jurang yang lebih dalam dan segera bangkit dari pesakitan traffic yang rendah. Lalu apa saja penyebab blog mengalami traffic yang turun drastis ini? Berikut ulasan dan cara mengatasi traffic yang turun drastis tersebut.

1. Blog Trending (Musiman)

Penyebab pertama blog mengalami penurunan traffic yang drastis adalah tipe blog yang mengusung tema trending (musiman). Ya, layaknya bisnis musiman, blog musiman pun ada dan membuat traffic anjlok menguat di beberapa waktu dan turun drastis juga di waktu tertentu.

Blog dengan tema trending (musiman) ini misalnya blog niche berita dan blog personal. Kedua jenis blog ini memang seringkali akan akan mendapatkan pengunjung yang sifatnya musiman, karena tema yang diangkat bersifat musiman.

Cara Mengatasinya :

Pilihlah dan kelola blog yang bersifat non-musiman, dalam hal ini adalah blog niche long term seperti niche tutorial atau tips. Dengan blog khusus jangka panjang tersebut, Anda akan memperoleh pengunjung tetap dan tak tergantung musim. Namun jika Anda masih bersikukuh dengan blog musiman Anda, maka Anda harus memposting lebih banyak artikel dalam rentang waktu yang singkat jika ingin traffic blog tetap terjaga dan tidak turun drastis.

2. Volume Persaingan Meningkat

Dunia blogging yang semakin pesat akan membuat persaingan menjadi sangat ketat. Ya, peluang blog yang mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah memang telah membuat banyak orang tertarik menggeluti blogging. Maka dari itu meningkatnya persaingan blog juga berpotensi untuk menggeser posisi blog Anda di SERPs, dan secara teknis kondisi ini akan membuat blog Anda kehilangan trafik dalam jumlah yang signifikan.

Cara Mengatasinya :

Untuk mengatasi hal ini, Anda mau tak mau harus melakukan posting lebih banyak artikel berkualitas secara teratur. Jangan lupa juga untuk memperbanyak backlink berkualitas serta meningkatkan popularitas blog Anda di media sosial.

3. Kualitas Artikel Berdampak pada Traffic Blog

Kualitas sebuah postingan atau artikel memang tak bisa diremehkan. Hal ini dikarenakan search engine yang kini memiliki banyak indikator untuk menilai sebuah kualitas artikel. Maka dari itu memposting artikel berkualitas sangat penting dan bermanfaat untuk menjaga peringkat artikel di index hasil pencarian mesin pencari. Blog yang memiliki postingan artikel yang asal-asalan jelas kan membuat trafficnya menurun secara drastis.

Cara Mengatasinya :

Pastinya Anda harus mulai membangun blog Anda dengan artikel yang berkualitas. Artikel berkualitas bisa ditandai pada banyak hal seperti orisinalitas, kepadatan kata (tidak kurang dari 300 kata) serta memiliki kebermanfaatan pada banyak orang atau pengunjung.

4. Terlalu Sering Mengganti Template

Bagi Anda yang seringkali otak-atik template, maka kali ini Anda harus berpikir ulang. Ini karena kegiatan penggantian template yang berulang-ulang dapat mempengaruhi peringkat suatu blog di SERPs. Sebuah template memang akan memberi banyak peran ketika proses crawling yang dilakukan oleh spider bot search engines, hingga pada akhirnya terlalu seringnya penggantian template akan membuat blog yang bersangkutan akan mengalami penurunan peringkat blog yang drastis.

Cara Mengatasinya :

Pilih template blog yang SEO dan mobile friendly yang cocok dan Anda senangi setelah melalui proses preview terlebih dahulu tentunya. Setelah diinstall, Anda harus mendaftarkannya ke Google Webmaster Tools dengan cara masuk ke layanan tersebut dan memilih menu Fetch As Google. Hal ini dilakukan agar spider bot Google bisa merayapi blog Anda pada saat itu juga.

5. Melakukan Optimasi Secara Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan memang berujung hal yang tidak baik. Termasuk dalam optimasi, yang sebenarnya merupakan usaha untuk meningkatkan pengunjung blog. Optimasi yang berlebihan ternyata akan memberikan dampak buruk pada blog karena Search Engines menganggap hal ini sebagai bentuk kegiatan ilegal. Apabila kegiatan over optimasi ini dilanggar, maka blog Anda akan mengalami penurunan peringkat atau bahkan dihilangkan dari index.

Cara Mengatasi :


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *