Rahasia Digital Marketing Untuk Bisnis Startup

Rahasia Digital Marketing Untuk Bisnis Startup

Rahasia Digital Marketing Untuk Bisnis Startup

Bisnis Startup – Bisnis startup belakangan ini menjadi populer terutama dikalangan generasi millenial. Anak muda zaman sekarang banyak yang memilih terjun ke dunia startup dan sejenisnya, terkadang mereka berfikir agar lebih kekinian. Startup yang dipercaya dapat menjawab dan solusi dan tantangan perkembangan zaman yang terjadi dimasyarakat modern. Bisnis startup masa kini banyak berkembang dalam berbagai bidang dan layanan khususnya dalam bidang teknologi. Dengan berkembangnya teknologi dan informasi saat ini, memberikan para pebisnis startup inovasi-inovasi.

Dalam memasarkan sebuah bisnis startup tidak bisa lepas dengan pemasran digital yang biasanya sering disebut dengan digital marketing. Digital marketing ini sendiri berarti segala aktifitas promosi atau pemasaran menggunakan media digital seperti internet dalam bentuk foto, video, tulisan dan masih banyak lagi. Perusahaan startup akan sangat membutuhkan strategi digital marketing untuk menunjukkan eksistensinya sebagai bisnis yang  berkembang. Namun, tidak banyak yang tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh para pebisnis startup dalam menggunakan digital marketing sebagai media beriklan mereka.

 

Rahasia Digital Marketing 

1. Media sosial sebagai brand awareness

Penggunaan media sosial sudah tidak lazim lagi dalam digital marketing. Selain sebagai sebuah wadah promosi, kegunaan media sosial bagi bisnis Anda adalah sebagai brand awareness (kesadaran merek).

 

Pengguna media sosial di Indonesia statistik

 

Pengguna media sosial yang banyak dan terus meningkat ini tentu menjadi lahan basah terutama bagi pebisnis startup untuk melancarkan strategi pemasaran secara tertarget. Dalam praktiknya, media sosial bukan hanya digunakan untuk iklan tapi juga agar dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen sehingga konsumen bukan hanya mengenal brand Anda dengan baik tapi juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya konsumen pada brand Anda.

Media sosial yang dimaksud tentu bukan hanya Instagram, Facebook dan Twitter, tapi Anda juga perlu untuk memeperhatikan Website, LinkedIn, dan media sosial lainnya yang dapat diakses dengan mudah oleh konsumen.

 

2. Lebih unik lebih baik

Dalam era serba digital saat ini, mau tidak mau para pelaku bisnis banyak pula yang beralih ke digital marketing sebagai pola pemasaran yang kekinian. Hal tersebut tentu menimbulkan banyak pesaing karena dengan menggunakan internet, tidak ada lagi batasan teritori dalam bisnis. Maka dari itu lah, dalam dunia digital marketing inovasi adalah suatu kemestian.

Inovasi yang dilakukan bukan sekedar inovasi yang lebih baik karena setiap pelaku bisnis dengan tuntutannya pasti akan berbuat yang lebih baik. Tapi yang terpenting adalah dengan menjadi lebih unik yang menjadikan bisnis Anda memiliki ciri khas sehingga akan menjadi pembeda dengan pesaing yang lain. Terutama bagi perusahaan startup, menjadi unik tentu diharapkan dapat membantu bisnis Anda lebih dikenal khalayak.

Unik dalam hal produk dan jasa yang Anda jual, misalnya dalam pelayanan ataupun dalam strategi promosi dan iklan yang dilakukan. Meskipun pada umumnya iklan menggunakan platform yang sama, namun dengan konten yang unik dan inovatif, perusahaan startupAnda akan menjadi tampak berbeda.

 

3. Konten kreatif dan edukatif

Dalam digital marketing, konten merupakan hal penting yang menjadi corong dalam beriklan dan promosi. Perencanaan pembuatan konten menjadi salah satu peranan yang perlu diperhatikan dalam strategi pemasaran. Konten yang baik akan mampu menarik pelanggan potensial untuk membeli produk dan jasa yang Anda tawarkan. Sehingga hal ini dapat meningkatkan alur penjualan bisnis Anda.

 

Konten yang kreatif tidak sekedar fokus pada promosi, tapi juga untuk melakukan edukasi kepada pelanggan. Bayangkan, di era internet yang serba mudah ini setiap orang bisa dengan mudah beriklan dimana saja dan kapan saja dan itu tentu menjadi hal yang umum. Tapi, sebagai perusahaan startup yang ingin memiliki nilai lebih dalam bisnis, konten yang kreatif juga mengedukasi akan banyak dicari oleh konsumen. Karena dengan konten kreatif, pelanggan bukan hanya menjadi sasaran promosi dari perusahaan tapi juga mampu mengedukasi sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen.

 

Dengan konten yang kreatif pula, promosi yang dilakukan oleh bisnis Anda akan terlihat tidak seperti iklan yang malah menganggu konsumen tapi justeru menjadi edukasi yang dicari sesuai kebutuhan konsumen. Konten dapat berupa tulisan, video, foto, dan desain grafis.

 

4. Search Engine Optimization

 

Setelah membuat website dan akun media sosial, juga telah membuat konten yang kreatif, selanjutnya gunakan SEO (Search Engine Optimization) untuk menjadikan website Anda berada di urutan teratas ketika calon konsumen mencari tentang bisnis Anda. Anda dapat melihat contohnya pada gambar dibawah ini (Kolom pencarian pertama dengan tulisan hijau “Ads” merupakan iklan dari Google Adwords).

 

 

Perlu dipahami bahwa website yang keren dan konten yang bagus saja tidak cukup membuat visitor datang dengan sendirinya. Hal tersebut karena banyak pelaku bisnis  juga melakukan hal yang sama dengan membuat website yang mungkin jauh lebih bagus dari Anda.

 

SEO diperlukan untuk meningkatkan traffic kunjungan ke website Anda. Dengan demikian, penggunaan SEO ada kaitannya dengan konten yang terdapat dalam website Anda. Semakin Anda sering mengunggah konten kreatif yang Anda buat dan menggunakan SEO untuk meningkatkan traffic-nya, maka akan banyak pula visitor ke website Anda.

5. Influencer Marketing Campaign

Influencer marketing

 

Influencer marketing secara sederhana diartikan sebagai cara promosi dan beriklan yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki pengaruh dan mempunyai banyak followers di internet. Cara ini dilakukan sebagai salah satu word of mouth dalam pemasaran.

 

Influencer marketing sebenarnya tidak asing dalam dunia pemasaran. Hanya saja, penggunaan media sosial yang terus meningkat belakangan ini serta produksi konten yang bagus, dan bisa diakses langsung oleh target market menjadikan influencer marketing kini banyak digunakan sebagai salah satu media dalam digital marketing.

 

Artis/selebgram/youtuber/professional yang biasanya menjadi ikon influencer marketingini dapat mengedukasi dan mempromosikan produk bisnis Anda dengan memberi kesan yang baik dan positif kepada para pengikutnya. Kekuatan word of mouth inilah yang menjadi kunci persuasi jika dilakukan dengan benar.

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih influencer marketing yang akan digunakan oleh produk bisnis Anda salah satunya adalah jumlah pengikut influencer tersebut. Biasanya, semakin banyak pengikutnya maka akan mempengaruhi jangkauan promosi dan harga yang ditawarkan.

 

 

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat