Preferred Domain SEO Web

Preferred Domain SEO Web

Preferred Domain SEO Web

Preferred Domain – Didalam proses optimasi sebuah website dengan cara menggunakan SEO terdapat banyak hal yang perlu dioptimasi. Banyak diantara blogger pemula yang hanya memperhatikan optimasi web dan membuat artikel disenangi oleh masyarakat, namun mereka melupakan hal kecil yang sangat bepengaruh untuk website yang mereka buat yaitu preferred domain.

Preferred Domain atau lebih sering dikenal dengan domain pilihan merupakan domain yang dipilih untuk ditampilkan saat mesin pencari menampilkan web anda dalam hasil pencarian. Dengan mengatur preferred domain maka anda telah memberitahukan mesin pencari seperti google dll. Preferred domain ini biasanya dikenal dengan domain yang menggunakan WWW ataupun tanpa WWW. Preferred domain ini hanya dapat diatur dalam satu domain saja.

 

Tujuan Preferred Domain

Seperti yang telah dibahas di atas, preferred domain bertujuan untuk memberitahu mesin pencari tentang domain pilihan yang nantinya akan dirayapi bot mesin pencari Google. Dengan mengatur preferred domainmaka setiap indeksasi Google akan ditampilkan untuk domain yg diatur sebagai preferred domain.

Di dalam hal ini, perlu dilakukan redirect 301 dari domain yang tidak di atur sebagai preferred ke domain yang di atur sebagai preferred. Tujuan dari hal ini yaitu untuk membuat lalulintas data berfokus ke preferred domain tanpa dibagi lagi ke domain yang tidak diatur sebagai preferred.

Dengan redirect 301 ini maka anda tidak perlu membuat banyak properti di Google web master tools. Alasannya karena setiap pengguna yg mengakses ke halaman yg bukan preferred domain akan langsung dialihkan secara permanen ke preferred domain yang telah diatur.

Redirect 301 yang dilakukan bertujuan untuk melakukan pengalihan secara permanen dari domain atau url lama ke format baru sesuai dengan preferred domainRedirect ini akan membantu memberitahukan mesin pencari seperti Google untuk mengalihkan secara permanen semua lalu lintas selain preferred domain ke preferred domain.

Selain hal tersebut, redirect 301 juga dapat digunakan sebagai pengalihan dari domain lama ke domain baru (domain A ke domain B), kasus ini biasanya terjadi saat dilakukan pergantian domain. Dengan melakukan redirect secara permanen dari domain lama ke domain baru maka trafik domain lama akan dialihkan ke domain baru, sehingga penurunan trafik dapat diminimalisir. Penurunan trafik tidak terjadi karena link dari domainlama masih bisa diakses namun dialihkan ke link dari domain baru atau bisa dikatakan link lama tidak mengalami error 404 page not found.

Pada dasarnya antara preferred domain dan redirect 301 akan berjalan seiringan dan saling terkait satu sama lain. Jika anda mengganti preferred domain maka anda disarankan untuk melakukan redirect 301 ke preferred domain yang dituju.

Jika anda menggunakan SSL (https) maka anda dapat langsung melakukan redirect 301 ke url yang menggunakan SSL. Perlu di ingat, apabila sebelumnya anda belum memiliki properti di Google Web Master Tool, maka anda perlu membuat properti baru dengan url dengan SSL.

Jika anda tidak membuat properti baru yang sesuai dengan pengaturan domain pilihan anda dimana sebelumnya sudah dilakukan redirect 301, kemungkinan besar index di properti lama anda akan berkurang dan perlahan akan hilang. Hal ini karena kita telah memberitahukan mesin pencari bahwa url telah dialihkan secara permanen ke domain pilihan baru sedangkan properti yang kita gunakan tidak sesuai dengan domain pilihan yang telah diterapkan.

 

Manfaat dan Peranan Preferred Domain untuk SEO Web


Pada dasarnya preferred domain berfungsi untuk menampilkan url yang diinginkan untuk tampil di hasil pencarian, selain itu jika dikombinasikan dengan redirect 301 juga bermanfaat untuk membuat trafik web menuju ke satu url dan Google tidak perlu melakukan beberapa kali  perayapan dan indeksasi pada domain yang sama yang memiliki format url yang berbeda www atau non-www dan http atau https.

Jika dilihat dari sisi SEO, preferred domain dan redirect 301 akan membuat semua trafik fokus ke URL yang ditunjuk atau diinginkan. Dengan hal ini tidak akan ada trafik yang terbagi, yang mana akan mempengaruhi peringkat hasil pencarian. Selain itu anda pun tidak akan susah dalam me-manajemen properti terlalu banyak dan fokus pada satu properti saja.

 

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat