Perbedaan SEO On-page dan SEO Off-Page

Perbedaan SEO On-page dan SEO Off-Page

Dalam melakukan SEO ada dua strategi yaitu SEO On-page dan SEO Off-page. Faktor keduanya sangat penting untuk keberhasilan optimasi SEO website. Tetapi kedua faktor ini memiliki sisi yang berbeda untuk menigkatkan peringkat mesin pencarian. Nah kami akan memberikan informasi tentang perbedaan kedua faktor tersebut.

Ada dua analisa utama ketika mesin pencari melihat atau mengevaluasi situs Anda yang kemudian dibandingkan dengan situs lain.

  • On-page : Berisikan tentang apa situs Anda (atau halaman Anda) ?
  • Off-page : Bagaimana otoritas situs Anda? Dan sepopuler apa?

Secara sederhana Anda bisa mengartikan seperti ini, mendapatkan peringkat sebagian besar ditentukan oleh faktor SEO On-page, sementara seberapa tinggi peringkat situs Anda dalam hasil pencarian sangat ditentukan oleh faktor SEO Off-page.

 

Apa itu SEO On-Page ?

SEO On-page (juga dikenal sebagai SEO “on-site”) yaitu tindakan mengoptimalkan bagian dari dalam web Anda yang akan mempengaruhi peringkat mesin pencari. Atau hal-hal yang Anda sendiri memiliki kendali untuk dapat merubah situs web Anda sendiri. Berikut adalah faktor – faktor penting dari SEO On-Page.

TAGS TITLE

Masukan kata kunci yang Anda targetkan dalam tag judul dari setiap halaman situs Anda. Ada banyak praktik terbaik yang masuk untuk menulis tag judul yang efektif.

HEADINGS (H1)

Judul biasanya adalah kata-kata terbesar pada halaman, karena alasan itulah maka mesin pencari memberi sedikit lebih berat daripada copy halaman Anda lainnya. Oleh karena hal Ini adalah ide yang baik untuk mentargetkan kata kunci Anda ke dalam judul di setiap halaman web, tapi pastikan kata kunci yang dimasukan kedalan judul tersebut secara akurat mencerminkan konten halaman Anda.

STRUKTUR URL

Jika memungkinkan Anda bisa memasukan kata kunci ke URL. Namun, jangan mengubah semua URL hanya agar ada kata kunci di dalamnya. Anda tidak harus mengubah URL lama kecuali Anda berencana untuk mengarahkan halaman-halaman lama ke yang baru. Atau Anda bisa berkonsultasi dengan para ahli sebelum melakukan hal ini.

ALT TEXT UNTUK GAMBAR

Setiap sistem manajemen konten wajib untuk Anda menambahkan sesuatu yang disebut “alt text” untuk semua gambar di website Anda. Teks ini tidak terlihat dimata pengunjung web Anda melainkan sebenarnya lebih difungsikan untuk mesin pencari lebih mudah dalam menjelajahi gambar dan memahami isi gambar Anda, sehingga memasukkan beberapa kata kunci yang relevan untuk menggambarkan gambar akan membantu mesin pencari memahami konten halaman Anda.

KECEPATAN LOADING HALAMAN

Google ingin membantu penggunanya menemukan apa yang mereka cari secepat mungkin untuk memberikan pengalaman pengguna yang terbaik. Oleh karena itu, mengoptimalkan halaman web Anda untuk memuat lebih cepat membantu peringkat situs Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian.

HALAMAN KONTEN

Konten di halaman Anda tentu harus bermanfaat untuk orang. Jika mereka mencari sesuatu dan mereka menemukan halaman Anda, maka mereka harus dapat menemukan apa yang mereka cari. Halaman konten harus mudah dibaca dan memberikan nilai kepada pengunjung website Anda. Google memiliki berbagai cara untuk mengukur apakah konten Anda berguna atau tidak.

INTERNAL LINK

Internal link yang mana menghubungkan link ke halaman lain di situs Anda berguna untuk pengunjung dan juga berguna untuk mesin pencari.

SEO On-page memastikan bahwa situs Anda dapat dibaca oleh pelanggan potensial dan robot mesin pencari. Ketika Anda memiliki website dengan SEO On-Page yang bagus, maka mesin pencari dapat dengan mudah mengindeks halaman web Anda, memahami tentang apa situs Anda, dan mudah menavigasi struktur dan isi dari website Anda, sehingga peringkat situs Anda sesuai yang Anda targetkan.

Apa itu SEO Off-Page?

SEO Off-page berfokus pada peningkatan otoritas domain Anda melalui tindakan mendapatkan link dari situs-situs lain. Sebuah analogi yang baik untuk bagaimana otoritas bekerja adalah ini. Logikanya seperti ini, jika Anda memiliki bathtub dengan diisi bebek karet di dalamnya (bebek adalah halaman web Anda), dan Anda mulai mengisi bak mandi dengan air (air adalah link), Bebek Anda tadi semua akan naik ke atas. Hal ini adalah seperti situs peringkat yang dimiliki Wikipedia yang memiliki begitu banyak air di bak mandinya bahwa jika Anda melempar bebek karet lain di dalamnya, itu akan langsung mengapung ke atas tanpa usaha lainnya. Ada nilai yang disebut “Domain Authority” yang menghitung bagaimana berwibawa website Anda dibandingkan dengan situs lain. Anda dapat mengetik nama domain Anda ke sini untuk melihat skor websitenya Anda disini.

 

Faktor SEO off-page terbesar adalah jumlah dan kualitas backlink ke website Anda. Beberapa contoh cara Anda dapat membangun link ke website Anda adalah:

  • Membuat konten yang mengagumkan yang membuat orang ingin me link ke web Anda karena sangat berharga.
  • Share konten Anda ke sosial media yang pada akhirnya menghasilkan link.
  • Outreach e-mail ke influencer industri Anda yang pada akhirnya akan link ke web Anda.
  • Guest blogging di situs terkait. Guest posting ini akan memiliki link kembali ke situs Anda.

Sementara kuantitas link masih penting, pencipta konten dan SEO profesional menyadari bahwa kualitas link sekarang lebih penting daripada kuantitas Link, dan dengan demikian, membuat konten yang dapat dibagikan adalah langkah pertama untuk mendapatkan link berharga dan meningkatkan SEO off-page Anda. Berapa banyak link yang Anda butuhkan untuk kebaikan SEO off-page? Itu adalah pertanyaan yang sulit dan itu akan didasarkan pada Domain Authority pesaing Anda, karena Anda ingin memastikan Anda bermain di sandbox yang sama. Sekali lagi, kualitas menang di atas kuantitas ketika untuk link building.

Mana Yang Lebih Penting?

Ini bukan tentang memilih antara SEO On-page dan Off-page. Hal ini akan seperti memilih antara pondasi atau atap untuk memutuskan mana yang digunakan untuk rumah Anda. SEO On-page dan off-page bekerja sama untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda dalam mode pelengkap. Namun, SEO umumnya menyarankan Anda untuk memperbaiki halaman SEO On-page berturut-turut sebelum berfokus terlalu banyak pada SEO Off-page. Sama seperti membangun rumah, Anda ingin mengatur pondasi terlebih dahulu sebelum membangun sisi-sisi rumah lainnya. Seperti pondasi, Anda mungkin perlu untuk datang kembali dan melakukan beberapa perawatan terhadap SEO On-page dari waktu ke waktu. Menyeimbangkan keduanya akan membantu membuat situs Anda “bilingual” sehingga pengguna dapat memahaminya begitu juga untuk robots mesin pencari dan karena itulah akan membantu peringkat web Anda mulai membaik.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *