Penyebab HP Tidak Ada Sinyal

Penyebab HP Tidak Ada Sinyal

PENYEBAB HP TIDAK ADA SINYAL

Penyebab HP Tidak Ada Siyal – Hal yang menjengkelkan jika HP kita kehilangan jaringan atau sinyal, hal ini tentunya mengakibatkan komunikasi kita tidak lancar atau bahkan terputus. Langkah apa yang kalian lakukan? Sebelum membahas bagaimana cara mengatasinya, mari kita ketahui penyebab HP tidak ada sinyal.

Penyebab HP Tidak Ada Sinyal

Terdapat beberapa faktor penyebab sinyal HP hilang secara mendadak, agar lebih mudah memahaminya saya akan uraikan beberapa faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

a) Sinyal memang tidak tersedia di daerah anda.
Coba anda cek dengan baik, apakah disekitar area tempat anda berdiri ada tower sinyal. Jika di daerah tersebut sama sekali tidak ada tower sinyal maka dapat dipastikan bahwa wilayah itu memang minim sinyal sehingga wajar jika sinyal HP tiba-tiba hilang.

b) HP Anda Sedang Error
Apakah HP kesayangan anda pernah terjatuh? Jika memang pernah maka bisa jadi ponsel anda mengalami error sehingga daya tangkap sinyal menjadi berkurang secara drastis. Hal itu disebabkan karena kuningan penangkap sinyal bergesar akibat getaran saat terjatuh.

c) Perubahan Pada Pengaturan Jaringan
Jika anda mengatur HP saat berada di wilayah perkotaan ke mode sinyal 3G only demi mempercepat koneksi internet, maka smartphone anda hanya akan menangkap sinyal 3G saja sehingga sulit untuk mendeteksi jaringan biasa. Untuk mengubahnya ke semula silahkan pergi ke menu Pengaturan => Jaringan Seluler => Pilih Mode Jaringan “WSDMA/GSM (sambungan otomatis”.

d) Sinyal Tidak Konsisten
Sinyal HP hilang timbul bisa jadi karena jaringan lagi naik-turun alias tidak konsisten. Hal ini disebabkan oleh layanan operator jaringan yang anda gunakan sedang gangguan ada da masalah lain pada program mereka sehingga berdampak pada penyebaran sinyal yang tidak merata.

e) Faktor Cuaca
Cuaca juga mempengaruhi kuat atau lemahnya sinyal HP anda. Jika cuaca sedang hujan lebat disertai angin kencang dan petir maka sangat mempengaruhi penangkapan sinyal pada HP. Sebaiknya saat cuaca tidak mendukung hindari menggunakan HP (mstiksn HP) demi keamanan anda.

f) Terjadi Kerusakan pada Hardware
Jika HP yang anda miliki pernah masuk ke dalam air, bisa jadi alat penangkap sinyal di HP anda rusak karena alat itu tidak kedap air maka ada komponen yang berkarat. Kerusakan pada hardware inilah yang membuat sinyal HP silang alias tidak ada sinyal.

g) Kerusakan pada Software
Mungkin anda pernah update software? Jika iya, beberapa software yang kita update mungkin mengalami bugs. Jika sebelum update software HP berada dalam keadaan sinyal yang baik-baik saja namun setelah update justru bermasalah maka sebaiknya lakukan downgrade lagi.

h) Terdapat Aplikasi Pihak Ketiga Yang Bermasalah
Sinyal bisa dipengaruhi oleh aplikasi pihak ketiga yang sudah anda install. Aplikasi tersebut mungkin membatasi kekuatan sinyal karena beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi pihak ketiga tidak sesuai dengan perangkat anda.

i) Ada Perbaikan Sinyal Oleh Operator
Operator kemungkinan sedang membenahi system atau tower mereka karena ada suatu masalah atau penambahan fitur baru. Untuk memperbaiki atau menambahkan fitur baru tersebut maka demi keamanan listrik akan dimatikan sementara waktu pada sistem atau tower itu.

Penyebab sinyal HP lemah atau hilang di atas hanya beberapa saja, sebenarnya masih masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi. Lalu bagaimana cara mengatasi sinyal HP hilang tersebut? Silahkan anda baca solusi yang saya berikan di bawah ini yang bisa anda gunakan sebagai referensi.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat