Pentingnya Menentukan Tujuan Bisnis Sebelum Membuat Website

Pentingnya Menentukan Tujuan Bisnis Sebelum Membuat Website

Setiap perusahaan memiliki tujuan bisnis yang berbeda. Mengetahui tujuan bisnis adalah salah satu acuan utama dalam membangun bisnis. Website, sebagai salah satu tool pemasaran digital sangat menentukan tercapainya tujuan utama dari bisnis tersebut.

Berikut adalah beberapa tujuan bisnis yang bisa menjadi pertimbangan bagi pengembang web untuk klien atau perusahaan dalam membangun sebuah website.

Website untuk menciptakan transaksi penjualan

Penjualan adalah indikator penentu keberhasilan sebuah website yang sangat mudah untuk dipahami. Anda bisa memulai dengan mengembangkan sebuah website yang mendukung terciptanya transaksi. Traffic atau lalu lintas web mungkin bisa menjadi faktor utama keberhasilan web Anda, tapi ini bukanlah penentu keberhasilan sebuah website. Akan sangat percuma jika web dengan banyak pengunjung tetapi tidak menghasilkan transaksi sama sekali.

Web e-commerce adalah salah satu website yang mendukung tujuan bisnis ini, dan indikator keberhasilan web juga sangat mudah, karena Anda tinggal melihat laporan transaksi penjualan produk dari sebuah website.

Website untuk mencari daftar prospek dari sebuah layanan bisnis.

Anda mungkin memiliki sebuah layanan bisnis yang dilakukan secara offline seperti penyelenggaraan kursus, pelatihan, workshop ataupun seminar dengan tujuan bisnis adalah mendapatkan peserta sebanyak-banyaknya.

Apakah mendapatkan peserta bisa dijadikan sebagai tujuan website? Ini sangat tidak mudah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk mengikuti pelatihan, kursus dan lainnya. Anda tidak bisa mengandalkan penjualan langsung di website layaknya toko online.

Anda membutuhkan daftar prospek yang tertarik dengan pelatihan atau kursus yang akan diadakan, untuk kemudian di follow-up dan diyakinkan oleh tim sales agar mendaftar menjadi peserta. Indikator untuk mengetahui keberhasilan website adalah dengan melihat jumlah daftar prospek contohnya seperti jumlah pendaftaran newsletter, pendaftaran member dll.

Website untuk meningkatkan traffic atau lalu lintas web dengan tujuan iklan.

Anda tidak mungkin mengenakan biaya kepada user atau reader apabila mereka ingin membaca sebuah konten tertentu dari sebuah website. Yang Anda harus sediakan adalah update konten berkualitas yang dibutuhkan oleh pengunjung website Anda. Setelah kunjungan dianggap memadai, kerjasama bisnis bisa dilakukan dengan penayangan iklan baik berupa banner ads atau sponsored content.

Dibanding dua tujuan bisnis yang dijelaskan sebelumnya, meningkatkan traffic web untuk mendatangkan iklan bukanlah pekerjaan yang mudah, memerlukan waktu lama dan panjang. Pastikan pemilik website, tim pengembang, tim penulis dan tim marketing memahami tujuan dan tingkat kesulitan yang akan dihadapi.

Dan untuk tools yang dapat Anda gunakan untuk melakukan analisa dan keberhasilan peningkatan traffic dan rank web Anda contohnya adalah Google Analytics, Histats atau Similarweb.

Website untuk meningkatkan branding.

Meningkatkan branding adalah salah satu tujuan bisnis dari sebuah website. Salah satu strategi yang efektif dalam membangun branding adalah dengan aktivitas blogging. Dan uniknya ini bukan hanya akan meningkatkan kepercayanan pada layanan dan produk perusahaan tapi juga berlaku bagi kebutuhan personal seperti keahlian, layanan jasa dan lainnya.

Indikator keberhasilan website untuk strategi branding bisa dilihat contohnya dari jumlah voting pada survey yang dilakukan oleh sebuah brand tertentu, atau dengan menghitung jumlah peserta yang hadir pada event yang diselenggarakan oleh brand atau merek pada bisnis Anda.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat