Pemasaran itu penting! Lalu kegiatan pemasaran mana yang harus difokuskan?

Pemasaran itu penting! Lalu kegiatan pemasaran mana yang harus difokuskan?

Hasil gambar untuk Pemasaran itu penting! Lalu kegiatan pemasaran mana yang harus difokuskan?Apa itu pemasaran? Pemasaran adalah kegiatan berkelanjutan yang harus konsisten. Bisnis tanpa pemasaran yang tepat akan mengantarkan pada kondisi mati suri. Pemasaran tanpa inovasi strategi akan membawa bisnis anda jalan ditempat. Jadi penting menerapkan strategi tepat fungsi dalam membantu meluaskan jangkauan pasar dan meningkatkan konsumen. Di dalam setiap usaha bisnis, pemasaran memegang peran yang cukup vital bagi kelangsungan usaha bisnis bersangkutan. Sebuah usaha bisnis dengan hasil produk yang biasa saja bisa jadi sukses hanya karena strategi pemasaran

Bisnis baru yang bertujuan untuk membesarkan brand, pemasarannya harus tangguh, konsisten dan terencana, mulai harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Kegiatan pemasaran menjadi fondasi seberapa luas jangkauan pasar yang bisa ditembus oleh produk baru anda.

Banyak pemilik bisnis yang bingung dan bertanya tanya, bagaimana cara memasarkan bisnis yang baik? Di Jaman ini ada banyak kegiatan pemasaran yang nampaknya potensial _ Sesungguhnya kegiata mana sih yang paling penting untuk difokuskan? Agar tidak berujung hanya menghabiskan waktu dan tenaga saja.

Satu pertanyaan yang sangat familiar dan banyak ditanyakan yaitu, bagaimana cara memasarkan agar memberi dampak yang besar dalam waktu yang singkat? Dewasa ini semua orang ingin hasil yang besar, cepat dengan usaha yang gampang dan singkat. Adakah cara yang seperti itu?

Ooo saya belum mampu menjawab itu dengan pasti, Namun langkah tepat dan terbaik untuk memajukan bisnis adalah dengan berani melakukan dan mencoba. Dengan berani memulai menerapkan sebuah strategi suatu proses telah dimulai. Segala sesuatu pasti ada prosesnya. Mi instant saja dibuat dengan suatu proses. Jadi jangan terbiasa menjadi manja, nikmati setiap proses sambil pelajari. Dari proses tersebut akan anda temukan metode pemasaran terbaik yang cocok pada bisnis anda.

Berikut adalah 6 tindakan pemasaran yang rutin dan berkelanjutan harus anda lakukan

1. Perencanaan

Rencana kadang dianggap sebagai hal yang sepele. Rencana dianggap tidak penting sehingga kadang diabaikan. Namun rencana bisnis adalah hal yang penting sebagai kerangka pengembangan usaha. Saat semua sudah direncanakan, segala sesuatunya akan mudah diikuti dan diorganisir. “Anda harus tahu kemana harus pergi sebelum benar-benar sampai di tujuan itu”

Pikirkan sebuah rencana, kemudian tuliskan rencana tindakan yang mampu menghartakan bisnis anda pada suatu target tertentu, sebagai contoh * mengembangkan facebook page untuk sebulan kedepat (target +100 fans).
Rencana dibuat dengan jelas dan spesifik. Jika platform yang digunaka facebook, maka fokuslah disana, hingga target 100+ tercapai.

  • Berikut adalah perencanaan singkat kegiatan pemasaran bulanan yang bisa anda coba terapkan
    Meluncurkan varian produk baru/ layanan baru/ program baru (Namun sebelumnya harus ada analisa berkaca dari produk/ jasa sebelumnya) Dalam bidang jasa bisa menambahkan jasa kosultasi gratis dalam menambah minat konsumen.
  • Mendapat 100+ followers dan fans facebook (Membuat daftar nama siapa saja yang akan diundang untuk pengenalan bisnis baru anda)
  • Membuat promosi dan memasang iklan (Tentukan dimana iklan akan dipasang dengan budget yang telah ditentukan dengan rinci)
  • Meningkatkan traffic kunjungan website 1000 per hari dengan rutin update konten
  • Memberlakukan diskon khusus (Rencana promo dengan sistem potongan harga harus sudah anda perhitungkan dari sejauh-jauh hari. Seperti pemberian potongan harga di hari raya atau potongan harga setiap pembelanjaan diatas sekian ribu)

2. Sosial media

Sosial media telah menjadi platform fenomenal sebagai tempat promosi terbaik. Ada banyak calon konsumen potensial disana, sehingga para pelaku bisnis berjuang dan gencar dalam promosi di sosial media. Rutin membuat konten dan mempublikasikannya, membagikan link sampai membangun relasi. Peranan sosial media sangat besar dalam membantu mengembangkan pemasaran bisnis.

Investasikan beberapa waktu anda untuk fokus melakukan pemasaran di sosial media. Yang terpenting anda harus konsisten dan berkelanjutan. Jangan posting hanya saat mood bagus atau saat ada ide saja. Luangkan waktu khusus untuk sosial media. Rancang konten kreatif untuk anda bagikan kalau bisa setiap hari. Pastikan konten disertakan deskripsi yang baik dan hastag yang tepat.

Setiap waktu anda bisa meningkatkan pengunjung dengan rajin membagikan/ repost sebuah postingan. Tandai teman-teman anda yang membutuhkan informasi terkait, sehingga jangkauan pemasaran bisa meluas dari teman ke teman teman lainnya.

– Buat jadwal khusus untuk media sosial anda (Contoh setiap 8 pagi dan 8 malam)
– Buat daftar konten-konten yang akan dipublikasikan (Konsep konten yang akan dipublikasi harus sudah dipersiapkan sebelumnya) Ini memudahkan anda kerja karena sudah terkonsep, tinggal eksekusi.
– Beri sentuhan kreatifitas dalam setiap postingan anda (Padukan gambar dengan text, bentuk storyboard sampai banner)

3. Memasang iklan dan promosi

Jika ingin pemasaran anda cepat berkembang, cobalah beriklan. Anggarkan budget setiap bulan khusus untuk beriklan. Jika anda kreatif dan mau meluangkan waktu lebih, bisa mencoba layanan iklan gratis.

Bisa juga mencoba advertising sosial media, seperti facebook atau pinterest. Beriklan di sosial media cepat mampu meningkatkan jangkauan pasar anda. Kita ambil contoh di facebook, dengan budget 1 USD per hari anda bisa menjangkau 5000 audience lebih. Dari 5000 pembaca itu anggap saja ada 1 pembeli yang bertransaksi sebesar 30 USD, biaya iklan anda terbayarkan bukan?!!

4. Email Broadcast

Pemasaran jangka panjang menggunakan metode email list sering diabaikan padahal efektifitasnya tinggi. Bayangkan jika anda telah memiliki rekam data pelanggan ataupun calon pelanggan anda yang tersimpan dalam daftar email. Anda dalam sekali waktu bisa mengirimkan newsletter ataupun update terkini ke semua daftar email. Atau saat anda menggelar promo besar-besaran, bisa saja anda broadcast informasi dengan email.

McKinsey menyatakan bahwa pemasaran dengan email memiliki efektifitas 40% lebih tinggi untuk mendapatkan pembeli dibandingkan facebook maupun twitter. Karena apa? Karena daftar email yang anda dapat tentu bersumber dari orang-orang yang pernah memiliki hubungan dengan bisnis anda. Baik subscriber dari website anda maupun data pembeli anda sebelumnya.

Sediakan platform online untuk memudahkan audience mengakses bisnis anda, dengan form subscription ataupun fans page khusus.

Jika sampai saat ini anda belum menggunakan email broadcast dalam mendukung pemasaran, segera kumpulkan daftar email pelanggan anda. Broadcast newsletter secara berkala. Kirimkan informasi menarik untuk memancing ingatan dan minat konsumen.

5. Review

Setiap bulan lakukan review statistik pemasaran anda. Amati seberapa tinggi peningkatan jumlah pelanggan dan profit yang bisa dicapai, bandingkan dengan bulan sebelumnya. Dari sisi sistem, lakukan analisa terhadap traffic website (berapa visitor harian, berapa lama rata-rata orang berseluncur di website anda, halaman mana yang paling banyak dikunjungi dll). Lakukan reiew terhadap jumlah followers, jumlah pelanggan baru dll.

Buku-kan juga biaya investasi iklan anda. Dari semua data yang terkumpul, indentifikasi kegiatan mana yang berhasil dan mana yang kurang efektif. Ini bisa dijadikan acuan untuk rencana pemasaran bulan berikutnya, anda bisa fokuskan pada kegiatan yang memang benar-benar bekerja untuk bisnis anda.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat