Pay Per Click Marketing Untuk Bisnis

Pay Per Click Marketing Untuk Bisnis

PAY PER CLICK MARKETING UNTUK BISNIS

PPC – Sudah tidak asing lagi mungkin bagi Anda yang pernah melihat hasil pencarian Google dengan tanda Ads di depannya. Kalau Anda belum tahu, ini sebenarnya adalah iklan. Dari berbagai jenis digital marketing, pay per click marketing atau PPC adalah salah satu strategi internet marketing yang cukup banyak digunakan. Di artikel kali ini kami akan membahas tentang PPC, mengapa orang melakukan PPC, dan bagaimana caranya.

Kenapa perlu PPC?

Mungkin ada dari Anda yang berpikir mengapa kita perlu melakukan PPC kalau Anda bisa mendapatkan traffic secara organic dan gratis? Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda juga perlu melakukan PPC untuk memaksimalkan traffic website yang Anda dapatkan.

Target customer yang lebih tepat

Memasang iklan dengan PPC memperbolehkan Anda untuk menargetkan audience dengan lebih tepat. Ada banyak pilihan saat Anda mengatur iklan pay-per-click Anda misalnya berdasarkan demographics, hobi, dan bahkan device apa yang mereka gunakan. Karena sekarang semakin banyak orang yang mengakses website dari smartphone, ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri. Selain itu, Anda juga bisa melakukan re-targeting (yang dilakukan di remarketing) untuk menarik kembali orang yang sudah mengunjungi website kita agar mereka melakukan transaksi.

Budget yang lebih terkontrol

Memasang iklan biasanya memakan biaya yang besar. Kalau Anda menggunakan PPC, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengkontrol budget PPCnya. Dengan PPC, Anda bisa mengatur budget bulanan dan hariannya agar Anda tidak kelewatan budget. Selain itu, budget pay-per-clicknya bisa Anda edit dan sesuaikan kapan saja. Jadi kalau Anda ingin menambahkan budget Anda setelah melihat hasil yang postif, Anda bisa melakukannya kapan saja. Semakin tinggi budget Anda, semakin sering ads Anda akan muncul. Terkadang keyword yang lebih banyak digunakan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Return on Investment (ROI) yang lebih besar

Salah satu alasan mengapa PPC popular adalah karena Anda hanya perlu membayar jika ada yang mengklik iklan Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan PPC, kemungkinan besar Anda akan mendapat ROI yang lebih besar. Iklan berbayar ini bekerja lebih efektif karena audience iklannya sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Berpengaruh baik untuk SEO

Aturan SEO selalu berubah-ubah karena Google sering mengubah dan mengupdate algoritma SEO. Pay-per-click bisa membantu SEO website Anda jika Anda lakukan secara bersamaan. SEO organic membutuhkan waktu untuk bisa selalu muncul di halaman pertama Google. Sementara PPC akan memberi Anda hasil instan. Anda bisa langsung muncul di ranking pertama halaman hasil pencarian untuk keyword Anda. PPC juga bisa menjadi riset untuk mencari keyword mana yang menghasilkan pengunjung website paling banyak. Nantinya keyword ini bisa Anda gunakan di strategi SEO Anda.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk melakukan PPC? Kalau Anda ingin tahu bagaimana caranya, yuk lanjut baca artikel ini.

Bagaimana cara melakukan PPC?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada berbagai jenis pay-per-click marketing yang bisa Anda lakukan. Dua yang paling popular adalah search advertising dan social advertising.

Search Advertising

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan PPC, kebanyakan orang mulai melakukan pay-per-click marketing dengan search advertising. Search advertising biasanya dibuat dengan menggunakan Google AdWords yang sekarang sudah menjadi Google Ads.

Google Ads adalah sistem iklan PPC paling popular di dunia. Platform ini memperbolehkan Anda untuk memasang iklan di mesin penelusur Google dan produk-produk Google lainnya. Sesuai dengan konsep marketingnya, Google Ads bekerja dengan model pay-per-click. Jadi user akan bid (lelang) keywords dan membayar setiap kliknya. Setiap kali seseorang mencari keyword tertentu di search engine, Google akan memilih beberapa iklan untuk ditampilkan di halaman hasil pencarian. Dalam memilih iklan mana yang ditampilkan Google memperhatikan beberapa faktor seperti kualitas dan relevansi kata kunci dengan campaignnya serta nilai biddingnya.

Kalau ingin dibahas dengan lebih spesifik, ads mana yang lebih muncul bergantung dari ranking ads bisnis tersebut. Ranking ads ini ditentukan dari dua faktor utama yaitu CPC bid (budget yang dipasang oleh advertiser – semakin tinggi akan semakin baik) dan Quality Score (ini terdiri dari click-through-rate, relevansi, dan kualitas landing page akun Anda).

Untuk tahu lebih banyak tentang cara kerja Google AdWords, cara optimasinya, dan bagaimana Anda bisa mengukur kesuksesan campaign Anda, Anda bisa membaca artikel kami tentang Cara Optimasi Google AdWords.

Social Advertising

Social advertising tidak hanya akan membantu sales atau ROI Anda tetapi juga brand awareness dan brand loyalty. Kalau Anda tertarik untuk melakukan social advertising, setiap social media sekarang sudah memiliki program advertising mereka masing-masing.

Facebook adalah salah satu social media yang paling banyak digunakan untuk social advertising. Dengan jumlah penggunanya yang sangat banyak, Anda pasti bisa menemukan audience Anda di Facebook. Social media yang satu ini juga sudah mempersiapkan satu fitur khusus agar Anda bisa beriklan dengan mudah, yaitu Facebook Ads.

Tidak hanya Facebook, Instagram dan Twitter juga memiliki fitur iklan mereka sendiri yaitu Instagram Ads dan Twitter Ads. Instagram adalah salah satu social media yang paling banyak digunakan di Indonesia. Jadi tidak ada salahnya Anda memasang iklan di platform social media visual ini.

Bagi Anda yang bisnisnya bersifat B2B, LinkedIn adalah salah satu social media yang harus Anda gunakan. Kenapa? Karena LinkedIn memiliki karakteristik yang lebih professional dan disinilah banyak pebisnis-pebisnis melakukan diskusi. Sama seperti social media yang lain, LinkedIn juga sudah menyediakan fitur LinkedIn Ads yang baru-baru ini diupdate sehingga Anda juga bisa memasukkan video ads ke dalamnya.

Simpulan

Di artikel ini, kami sudah membahas semua tentang PPC. Sebagai pemula, PPC bisa menjadi salah satu strategi marketing yang efektif untuk membantu penjualan, brand awareness, sampai dengan SEO. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba melakukan pay-per-click marketing sebagai salah satu usaha digital marketing Anda.

 

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat