Pahami Perbedaan SEO dan SEM

Pahami Perbedaan SEO dan SEM

Pahami Perbedaan SEO dan SEM

Pahami Perbedaan SEO dan SEM – Saat Anda baru pertama kali memasuki dunia digital marketing, Anda akan mendengar istilah SEO dan SEM. Anda mungkin bingung apa tujuan dari keduanya dan bagaimana kedua teknik ini mampu membantu Anda meningkatkan penjualan bisnis yang Anda miliki. Dibawah ini akan dibahas mengenai apa itu SEO dan SEM. (Baca juga : SEO Sulit? Tidak Juga!  )

SEO adalah Search Engine Optimization atau kita sebut dengan Optimasi mesin pencari. Sedangkan SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing.

SEO merupakan sebuah strategi atau serangkaian teknik yang dilakukan secara sitematis dengan tujuan agar website/blog kita bisa berada di halaman utama SERP (search engine result page) dengan kata kunci yang telah dibidik. Dengan tujuan agar web/blog kita bisa mendapatkan pengunjung yang bersumber dari mesin pencari, seperti Google contohnya.

Sedangkan SEM Search Engine Marketing merupakan langkah-langkah yang dilakukan dengan bekerja sama secara langsung kepada mesin pencari, dalam hal ini contohnya Google.

Cara Kerja

SEO sendiri merupakan teknik yang membutuhkan keterampilan menganalisa dan mengambil keputusan.  Karena SEO mengharuskan kita untuk menganalisa setiap kata kunci yang akan dibidik juga tingkat kompetisinya.

Pada dasarnya ada 2 (dua) teknik yang dilakukan, yaitu SEO On Page (Klik disini untuk memahami SEO On Page) dan SEO Off Page (Klik disini untuk memahami SEO Off Page). Kedua teknik ini mutlak harus dilakukan dalam mengoptimasi sebuah web/blog agar mendapatkan posisi utama di mesin pencari.

Lain halnya dengan SEM, cara yang dilakukan adalah dengan membayar mesin pencari seperti Google agar menempatkan web/blog kita di halaman utamanya. Cara ini disebut dengan Pay Per Click (PPC), artinya kita akan membayar sejumlah harga tertentu dari seberapa banyak pengunjung yang meng “klik” web/blog kita. Platform yang sering digunakan adalah Google Adword.

Kelebihan SEO dan SEM

Dari sisi pengunjung, dengan teknik SEO kita akan mendapatkan pengunjung yang tertarget (Targeted Traffic) karena orang-orang yang mengunjungi web/blog kita berasal dari orang-orang yang mengetikkan kata kunci di mesin pencari. Dengan kata lain orang-orang tersebut memang membutuhkan informasi tertentu yang kita sajikan.

Berbeda dengan teknik SEO yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk melihat hasilnya. SEM membuat web/blog kita bisa berada di halaman utama secara instant.

Dari sisi pengunjung, sama halnya dengan SEO, target pengunjung yang akan didapatkan merupakan hasil dari kata kunci yang telah dibidik sebelumnya. Sehingga pengunjungnya pun tertarget.

Namun berbeda jauh dengan SEO, dengan membayar iklan singkatnya, SEM membuat blog anda tampil di halaman utama mesin pencari selama anda melakukan pembayaran. Artinya hasilnya tidak permanent (tidak bayar, web tidak akan tampil).

Kesimpulan

SEO dan SEM TIDAK digunakan untuk adanya persaingan satu sama lain. Namun SEO merupakan bagian dari Search Engine Marketing (SEM).

Dan jika anda memutuskan untuk menjual produk secara online atau berbisnis online, maka keduanya perlu anda lakukan, dengan membuat website anda bisa tampil di halaman mesin pencari secara organik (SEO) juga dapat ditampilkan pada bagian iklannya (SEM). Maka SEO dan SEM dibutuhkan untuk memperluas jaringan produk anda secara online.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat