Optimalisasi JavaScript Meningkatkan Performa Website

Optimalisasi JavaScript Meningkatkan Performa Website

OPTIMALISASI JAVASCRIPT MENINGKATKAN PERFORMA WEBSITE

JavaScript – JavaScript merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT. Bahasa ini memiliki keunggulan tersendiri, seperti yang akan kita bahas pada artikel kali ini mengenai bagaimana cara mengoptimalisasi javascript untuk meningkatkan performa website.

 

1. Penggunaan normal <script>

Mari mulai dengan menentukan apa yang dilakukan <script> tanpa atribut apa pun. File HTML akan diuraikan hingga file JavaScript ditemukan, pada saat itu parsing akan berhenti dan permintaan akan dibuat untuk mengambil file (jika itu eksternal). Script kemudian akan dieksekusi sebelum parsing dilanjutkan.

<script>

js execution normal

Kalau ditempatkan di antara tag <head>, hai ini akan buruk karena akan mempengaruhi proses rendering halaman. Solusi yang sangat umum untuk masalah ini adalah meletakkan tag skrip ke bagian bawah halaman, tepat sebelum tag penutup </ body>.

2. Menggunakan atribut Async

Teknik ini adalah yang terbaik, parser HTML dapat dilanjutkan dan skrip akan dijalankan segera setelah siap atau setelah berhasil dimuat.

<script async>

js execution async

Atribut ini hanya tersedia untuk file JavaScript yang ditempatkan secara eksternal. Ketika JavaScript eksternal memiliki atribut ini, file dapat diunduh saat dokumen HTML masih di-parsing. Setelah diunduh, parsing dijeda agar skrip dapat dieksekusi.

3. Menggunakan atribut Defer

Proses ini menyelesaikan unduhan file selama parser HTML dan hanya akan dijalankan setelah parser selesai.

<script defer>

js execution defer

Seperti JavaScript yang dimuat secara async, file dapat diunduh saat dokumen HTML masih diparser. Namun, meskipun file telah diunduh sepenuhnya sebelum dokumen selesai diparsel, skrip tidak dijalankan hingga parser selesai.

Kapan kita mesti menggunakan async atau defer?

  • Jika JavaScript bersifat modular dan tidak bergantung pada JavaScript apa pun, gunakan async.
  • Jika JavaScript memanggil JavaScript lain maka gunakan defer.

 

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat