Meningkatkan Domain authority pada SEO

Meningkatkan Domain authority pada SEO

 

 

Hasil gambar untuk Domain authority pada SEO

Apa itu domain authority?

Bagi anda yang menekuni kegiatan SEO, istilah domain authority sangat biasa didengar. Domain authority adalah sebuah metrik hasil pemetaan nilai suatu website yang dikeluarkan oleh MOZ. Domain authority/ DA dibuat dan dikembangkan oleh MOZ untuk membantu para developer website mengetahui seberapa bagus peringkat website pada mesin pencari. Dapat dikatakan DA adalah salah satu faktor pagerank website.

Bagaimana cara mengetahui domain authority suatu website?

DA sangat berkaitan dengan SEO. Nilai DA dipengaruhi oleh kualitas SEO suatu website. Dalam analisa tool MOZ ada kurang lebih 40 faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya DA, seperti usia website dan backlink. Teknik backlink adalah salah satu strategi SEO offpage yang membantu untuk meningkatkan nilai DA sebuah website. Nilai DA biasanya ditampilkan dengan angka 0-100. Semakin tinggi nilai DA semakin prioritas juga posisi sebuah website di SERP.

Nah bagaimana cara mengetahui DA website? Untuk mengetahui domain authority suatu website, bisa cek dengan beberapa cara, diantaranya menggunakan OSE, Moz analytic, dan Moz bar yang diinstal pada browser. Dengan membandingkan nilai DA website anda dengan website kompetitor anda bisa mulai menganalisa. Satu jawaban kenapa website anda tidak kunjung mendapat peringkat bagus di Google bisa jadi karena DA yang masih rendah.

Bagaimana meningkatkan DA sebuah website?

Cara meningkatkan DA sebuah website dapat kita rumuskan dengan mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi nilai DA. Adapun faktor yang mempengaruhi nilai DA sebuah website, diantaranya:

1. Usia website/ domain name

Ternyata yang besar mempengaruhi DA adalah usia website.Website yang baru berusia 1 bulan, 2 bulan yang dibiarkan secara natural berjalan (tanpa kegiatan boost) akan memiliki DA 1. Seiring dengan waktu dan rutinitas update pada website maka perlahan nilai DA akan meningkat.

2. Rutin dan konsisten update konten

Disetiap bahasan selalu saja diingatkan bahwa jadwal update konten yang rutin adalah solusi mempertahankan persaingan website. Konten adalah segala galanya, konten adalah jalur-jalur pembangun traffic website. website tanpa konten itu seperti raga tanpa urat nadi.

3. Tingkatkan SEO Onpage website

SEO Onpage adalah satu bagian penting dari sekian banyak aktivitas SEO. Teknik SEO dapat dibagi menjadi 2 yaitu SEO Onpage dan Offpage. Secara singkat dapat dijelaskan SEO onpage adalah kegiatan mengoptimasi sebuah website dari dalam atau internal website itu sendiri. Mulai dari design, coding, konten, kecepatan, atribut gambar, meta tag dan link anchor. Sedangkan SEO Offpage adalah kegiatan mengoptimasi website dari faktor faktor luar. Seperti memasang link ke website lain, bertukar link, submit url ke website lain dan sebagainya.

4. Jumlah backlink

Backlink adalah url website kita berada di website lain. Secara sederhananya alamat website kita disisipkan pada sebuah website lain. Jika url website anda bisa berada pada website lain yang memiliki DA tinggi, secara otomatis website anda akan terpengaruh. Menyisipkan url di website lain tidaklah bisa sembarangan. Pilih website yang benar-benar relevan dan sesuai dengan niche website anda.  Jangan pernah menerapkan cara curang dalam mendapat backlink.

5. Traffic dan kecepatan website

Pada artikel artikel sebelumnya sudah banyak kami bahas bagaimana mendatangkan traffic website tinggi dan bagaimana mengoptimasi kecepatan website. Jangan lupa lakukan optimasi website dan pastikan loading time website anda kurang dari 5 detik. Seorang pengunjung tidak mau menunggu terlalu lama. Kecepatan website perlu dioptimalkan baik untuk pengunjung maupun mesin pencari guna mendapat meningkatkan skor DA.

Sudah terjawabkan apa itu domain authority dan bagaimana cara meningkatkan DA untuk meraih posisi strategis Google. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan pada website anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *