Mengoptimalkan SEO Website Bisnis

 Mengoptimalkan SEO Website Bisnis

 Mengoptimalkan SEO Website Bisnis

Saat ini bisnis online banyak mengandalkan mesin pencari dalam proses marketing bisnis mereka, termasuk para pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Proses marketing bisnis UMKM melalui internet adalah sesuatu yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Tentu saja mengoptimalkan SEO website bisnis di pasar lokal menjadi sesuatu yang sangat vital bagi pertumbuhan bisnis UMKM tersebut.

Selain itu, pengguna smartphone saat ini sudah terbiasa menggunakan mobile devices milik mereka untuk mengakses internet dari mana saja. Internet akan memberikan dampak yang sangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan setiap usaha, baik itu usaha kecil, menengah, ataupun skala besar. Jadi, jika Anda seorang pemilik UMKM atau bisnis di pasar lokal, maka Anda harus mengoptimalkan website bisnis Anda di mesin pencari.

David Trully, seorang yang ahli dibidang SEO mengatakan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan SEO website bisnis untuk pasar lokal. Dengan cara ini, situs bisnis Anda akan mudah ditemukan dihalaman utama mesin pencari oleh para pengguna internet.

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa dilakukan untuk membuat SEO situs bisnis menjadi optimal di pasar lokal:

1. Daftarkan Usaha Anda di Google Places

Google places adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk membuat bisnis Anda berada pada halaman utama Google. Dengan begitu, para pengguna internet akan lebih mudah menemukan informasi tentang bisnis Anda melalui mesin pencari.

Pastikan Anda sudah mendaftarkan bisnis Anda di Google Places. Berikan data yang lengkap dan jelas tentang bisnis Anda, diantarnya; Nama usaha, alamat, nomor telepon, URL website bisnis. Dengan mencantumkan informasi usaha Anda dengan lengkap di Google Places maka ini akan memudahkan para pengguna Google untuk menghubungi Anda.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk mendaftarkan usaha Anda pada berbagai listing yang relevan di dunia internet. Misalnya dengan mendaftarkan alamat usaha Anda di Foursquare.com, Urbanesia, dan jangan lupa untuk membuat akun media sosial untuk usaha Anda. Semakin mudah Anda ditemukan di Internet maka akan semakin besar kemungkinan calon pelanggan akan menghubungi Anda.

2. Memasang Iklan di Google Adwords

Setelah mendaftarkan usaha Anda di Google Places, langkah berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah memasang iklan di Google Adwords. Media iklan dari Google ini sangat efektif untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih luas lagi, baik lokal maupun mancanegara, tergantung pengaturan yang kita lakukan.

Situs para pengiklan akan tampil di bagian paling atas halaman pencarian search engine Google, dimana iklan tersebut muncul berdasarkan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna mesin pencari Google. Selain itu, iklan tersebut juga akan ditampilkan pada situs-situs para publisher Google Adsense.

Pada awalnya kita memang membayar untuk iklan di Google sehingga website bisnis yang dipromosikan akan mendapat lebih banyak kunjungan visitor yang sudah ditarget. Langkah berikutnya adalah menjaring para vistor tersebut untuk menjadi Fans media sosial, subscriber, atau pelanggan tetap untuk bisnis Anda. Tentunya ini secara langsung akan berpengaruh pada SEO sebuah website.

3. Meminta Orang Lain Untuk Memberikan Review

Review atau ulasan dari orang lain yang memiliki blog adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan nilai SEO sebuah situs bisnis. Selain itu, ulasan yang ditulis pada blog yang memiliki trafik pengunjung yang cukup besar akan menyumbangkan trafik langsung menuju situs bisnis yang diulas.

Selain review dari pemilik blog, review bisnis juga bisa didapatkan dari beberapa situs terkenal seperti Google Places, Urbanesia, Yelp, Facebook, dan Foursquare. Rate situs bisnis Anda akan semakin baik jika banyak orang memberikan ulasan tentang bisnis Anda, dan tentu saja peluang usaha Anda ditemukan di internet akan semakin besar. Pelanggan yang puas pasti tidak akan sungkan untuk memberikan ulasan singkat tentang bisnis Anda, dan ini akan sangat baik untuk meningkatkan skor Anda di internet dan mesin pencari.

4. Mengadakan Lomba Berhadiah atau Menawarkan Kupon

Sebuah lomba atau promosi dengan memberikan kupon, hadiah kepada para pelanggan yang menggunakan perangkat mobile adalah salah satu strategi yang sangat efektif karena ini bisa membuat peluang usaha Anda akan ditemukan di situs-situs media sosial dan juga mesin pencari.

Mesin pencari Google sangat memperhitungkan aktivitas para pengguna media sosial. Sebuah brand atau bisnis yang hangat dibicarakan di media sosial biasanya akan menjadi salah satu tolak ukur apakah brand tersebut cukup populer, yang kemudian akan mempengaruhi ranking website bisnis brand tersebut di mesin pencari.

5. Membuat Aplikasi Mobile Untuk Situs Bisnis

Seperti yang telah disebutkan di paragraf awal, para pengguna internet akan semakin banyak mengakses internet melalui smartphone mereka. Jika Anda memiliki sebuah aplikasi mobile untuk website bisnis Anda, maka ini adalah sebuah keuntungan tersendiri buat bisnis Anda. Namun perlu diketahui bahwa untuk membuat aplikasi mobile untuk website bisnis biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pastikan Anda memperhitungkan keuangan di dalam usaha Anda.

Nah, dari penjelasan yang sudah disebutkan di atas kita bisa mengerti langkah-langkah apa sajah yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan SEO website bisnis kita di pasar lokal. Jika Anda atau karyawan Anda mengerti dalam melakukan proses tersebut maka Anda tidak perlu menyewa seorang pakar SEO untuk melakukannya karena biasanya biayanya cukup mahal


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *