Mengatasi Website Yang Terkena Hack

Mengatasi Website Yang Terkena Hack

Mengatasi Website Yang Terkena Hack

Tips – Akhir – akhir ini sedang heboh dengan berita atau kasus hack pada situs website. Hal ini tentunya menjadi sebuah perhatian bagi para pemilik website agar lebih meningkatkan keamanan terhadap website nya. Tujuan dari hacker biasanya adalah beraksi pada situs website yang besar dan populer. Untuk itu, para pengguna website dihimbau untuk lebih berhati – hati ketika menggunakan website dan mengetahui permasalahan yang ada pada website mereka. Berikut cara mengatasi website yang terkena hack

1. Biarkan Website Down
Hal ini agar serangan tidak menyebar ke website lainnya dimana tempat web host anda berada.

2. Rubah Semua Password
Jika Anda memiliki beberapa pengguna atau Anda menggunakan beberapa akun, maka ubahlah password masing-masing akun tersebut. Pantau semua akun Anda karena kemungkinan besar hacker membuat akun baru pada website anda.

3. Google Webmaster Tool
Periksa Google Webmaster Tools untuk setiap pesan mengenai virus dengan cara masuk ke Health >> Malware lalu klik Request a review, maka Google akan meninjau website Anda lagi dan menghapus peringatan jika situs Anda sudah bersih.

4. Scan Komputer Anda.
Periksa komputer Anda apakah ada virus yang menyamar sebagai gambar (it happens!). Ini adalah salah satu cara termudah untuk meng-hack seseorang.

5. Fitur Fetch as Google
Fitur Fetch as Google pada Webmaster Tool berfungsi untuk mendeteksi halaman lain yang mengandung virus, gunakan Link Removal Tool untuk menyembunyikan halaman tersebut dari mesin pencari sehingga pengguna terhindar dari virus.

6. Menyingkirkan Konten Yang Di-Hack
Jika sudah diketahui dimana serangan hack tersebut terjadi makan gunakan halaman Google Webmaster Tool’s Malware untuk melihat halaman yang terserang malware dan menghapusnya. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan dengan Google Safebrowsing diagnostic, dan halaman Malware untuk melihat apakah masih ada aktifitas yang berbahaya.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat