Menaikkan Situs Web Tanpa Iklan

Menaikkan Situs Web Tanpa Iklan

Menaikan Situs Web Tanpa Iklan

Web Tanpa Iklan –  Jalan menuju kesuksesan tidak bisa dilalui secara instan. Setiap orang pasti pernah memulai dari nol. Tidak punya nama, tidak punya koneksi, dan tidak punya dana melimpah. Di saat seperti ini, satu-satunya modal yang kamu miliki adalah dirimu sendiri. Kamu harus bekerja ekstra keras dan tidak boleh takut turun ke lapangan untuk melakukan “pekerjaan kotor”.

Mungkin saat ini kamu baru saja membuat situs web, atau baru merintis produk di bidang tertentu. Kamu ingin situs webmu diminati pengunjung, tapi belum bisa menganggarkan iklan untuk meningkatkan traffic. Bila kondisimu seperti ini, jangan berkecil hati. Ada beberapa Tips yang bisa anda terapkan untuk Situs web anda.

Tips Menaikan Situs Web Tanpa Iklan 

 

1. Pajang Namamu Di Situs Lain

Bila kamu ingin menjual produk, maka idealnya semua pembeli langsung datang kepadamu tanpa perantara. Dengan demikian kamu akan mendapat keuntungan seratus persen. Tapi bila kamu baru merintis, para pembeli bahkan tidak kenal produkmu. Kamu bisa mengakalinya dengan menumpang di situs lain yang sudah punya audiens.

 

2.Buat Program Referral

Program referral adalah salah satu cara membuat produkmu viral di masyarakat. Ini disebut sebagai viralitas dari mulut ke mulut berinsentif. Kamu bisa menawarkan kupon diskon untuk produk apabila mereka membantu promosi situsmu, misalnya mengajak teman bergabung, share di media sosial, dan sebagainya.

Cara ini memang melibatkan biaya, tapi perbedaannya dibanding iklan adalah kamu tidak perlu mengeluarkan uang di depan. Insentif yang kamu berikan pada pengguna adalah biaya yang baru kamu keluarkan ketika terjadi pembelian. Jadi secara teknis kamu tidak keluar uang, hanya memangkas keuntungan sementara.

 

3.Sering-seringlah Menulis

Dua cara di atas bisa diterapkan untuk usaha yang melibatkan penjualan produk. Tapi bagaimana dengan situs non e-commerce? Sebetulnya mirip dengan cara pertama, kamu bisa menumpang di situs lain yang sudah punya massa. Bedanya, yang kamu tumpangkan bukan produk, melainkan tulisan. Yup, selamat datang di content marketing.

Banyak situs populer yang akan dengan senang hati menerima konten dari luar (termasuk Tech in Asia Indonesia!), selama konten tersebut berkualitas. Bila kamu punya keahlian, bagikan ilmumu untuk orang lain. Semakin sering namamu muncul di artikel, reputasimu akan semakin meningkat. Mungkin kamu juga akan diundang menjadi pembicara di acara-acara tertentu.

 

4.Rajin Datang Ke Event

Bertemu tatap muka adalah salah satu taktik marketing paling efektif. Pergilah ke luar rumah, siapkan stok kartu namamu, dan datanglah ke event. Di sana kamu bisa menjalin relasi dengan banyak orang, baik itu calon pembeli atau calon partner bisnis. Kamu juga akan mendapat kesempatan untuk memperkenalkan usahamu secara lebih personal.

Setelah berkenalan secara offline, kamu bisa membawa relasi itu ke ranah online pada waktu yang tepat. Kamu bisa mengajak orang lain bekerja sama, saling mempromosikan brand di situs masing-masing, dan sebagainya. Jangan meremahkan kekuatan networking. Turun ke lapangan memang melelahkan, tapi ikatan yang kamu dapat dari tatap muka tidak akan bisa digantikan oleh relasi online.

 

5. Bangun Relasi Dengan Pers

Luangkan waktumu untuk menjalin hubungan baik dengan media massa, bloger, atau influencer. Caranya bisa dengan cara mengirim siaran pers atau berkenalan dengan anggota media itu secara personal.

 

6. Jangan Terobsesi Pada SEO

SEO memang sangat penting, dan kamu harus tetap mengusahakannya. Tapi kamu tidak boleh hanya mengandalkan SEO dan berharap traffic melonjak tiba-tiba. Daripada fokus kepada bagaimana menjadi nomor satu, fokuslah kepada menciptakan konten terbaik yang akan berguna untuk para pengguna kamu. Lakukan ini secara konsisten (termasuk di dalamnya menyediakan UX/UI, seperti navigasi dan kecepatan web) maka kamu sudah berada di jalur yang tepat.

 

Keuntungan Situs Web Tanpa Iklan

1. SEO Friendly

Entah kalian sepemikiran dengan saya atau tidak, namun saya mencari tahu sendiri dimana konten yang sama dengan blog tanpa dan memiliki iklan, maka yang lebih diutamakan dalam tampilan pencarian adalah konten yang blognya tidak memiliki iklan sama sekali, termasuk Adsense.

2. Pengunjung Merasa Nyaman

Mungkin hampir semua sepakat bahwa blog yang bermutu, yang menyajikan konten original dan berkualitas dan tidak ada iklan di blog itu, tentu akan sangat disenangi oleh pengunjung. Tidak hanya mesin pencari, manusia biasa juga pastinya akan betah berlama-lama bahkan kembali lagi untuk membaca isi blog tersebut karena blognya clear dari segala jenis iklan. Dari sini kita bisa melihat bahwa si penulis blog dengan kemurnian dan ketulusan hati ingin menuangkan ide dari pikirannya untuk dibaca oleh oranglain tanpa harus berpikir tentang keuntungan uang semata.

3. Bisa Menggunakan Donasi

Tentu memiliki blog, apalagi dengan domain premium serta hosting berbayar memiliki biaya tersendiri yang harus dibayar lunas di depan. Namun yakinlah. Tanpa iklan, kita juga bisa mendapatkan uang untuk sekedar biaya internet dan ngopi dengan membuat fitur Donasi di blog kita. Hal ini tentunya tidak termasuk pada kategori iklan. Sebab kita tidak mempromosikan produk atau jasa tertentu, karena kita hanya membuat wadah kepada siapa saja pembaca kita yang merasa terbantu dengan tulisan yang kita muat untuk dengan sukarela memberikan bantuannya dalam bentuk donasi.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat