Mempercepat Proses Index Artikel pada Google

Mempercepat Proses Index Artikel pada Google

Istilah index dalam sebuah artikel maupun blog merupakan sebuah proses dimana artikel tersebut tercatat oleh mesin pencari dan diakui oleh mesin pencari tersebut. Proses ini cukup memakan banyak waktu. Waktu yang dibutuhkan untuk mengindex artikel baru biasanya sekitar 2-3 hari setelah publikasi. Untuk melakukan reindex artikel yang sudah lama akan membutuhkan waktu lebih lama.

Bagaimana caranya mempercepat proses index artikel pada website atau blog? Cara berikut ini bisa Anda coba untuk mempercepat proses index maupun reindex.

Gunakan Sitemap

Pembuatan sitemap dan mengirimkannya ke Web Master Tools Google akan memudahkan bot dalam menganalisa pembaharuan atau penambahan artikel yang telah dilakukan pada web atau blog anda.

Untuk membuat mesin pencari mengenali artikel mana yang terbaru atau dalam waktu dekat dimodifikasi, maka anda harus mencantumkan tag <lastmod> yang berisikan waktu terakhir modifikasi dari setiap artikel yang dipublikasikan.

Terkait format dari waktu modifikasi terakhir dari artikel yang nantinya diletakkan pada tag <lasmod> dapat anda cari di internet. Jika anda tidak mau repot dengan format sitemap maka anda dapat menggunakan salah satu tools yang disediakan pihak ke tiga yang dapat diakses di URL www.xml-sitemaps.com.

Dengan bantuan dari tag <lastmod> ini, bot mesin pencari akan melihat bahwa dari sekian artikel yang terdaftar di sitemap terdapat beberapa artikel yang baru atau diperbaharui. Dengan data tersebut maka google akan melakukan perayapan kembali kepada url yang baru saja dimodifikasi atau dipublikasikan.

Gunakan tools submit URL (Fetch as Google)

Cara untuk mempercepat proses index dan reindex Google yang kedua yaitu dengan cara submit URL ke Google. Submit URL ke Google dapat dilakukan pada Web Master Tools yang anda miliki dengan masuk ke menu crawl > fetch as google.

Gunakan fungsi google ping

Google ping berfungsi untuk memberitahukan mesin pencari Google untuk melakukan kunjungan ke URL yang di tunjuk. URL yang ditunjuk dalam hal ini adalah URL yang diinginkan untuk di index atau di reindex.

Penggunaan ping secara bijak dan tidak berlebih, akan membuat artikel baru atau artikel lama anda akan lebih cepat di index atau di reindex oleh Google.

Cara untuk melakukan ping ke Google yaitu dengan cara mengunjungi web blog search Google ping. Dengan memanfaatkan tools tersebut maka URL yang anda inginkan akan di index atau di reindex lebih cepat.

Membuatkan tautan ke halaman yang ingin di index

Cara untuk membuat artikel lama dapat di reindex lebih cepat berikutnya yaitu dengan cara membuat artikel baru kemudian memberikan link atau tautan ke artikel lama yang ingin di reindex.

Dengan bantuan link internal (internal link) yang menuju ke artikel yang ditautkan maka dapat membuat bot Google untuk mengecek kembali artikel lama anda asalkan link tautan tersebut bersifat dofollow. Bot Google biasanya akan melakukan pengecekan terkait seberapa relefan tautan tersebut dengan konten baru anda, dengan hal ini secara tidak langsung akan membuat google melakukan perayapan pada artikel lama anda dan sekaligus akan melakukan index ulang.

Share artikel ke sosial media

Dengan melakukan share artikel ke sosial media akan membuat bot Google melirik artikel anda, apalagi jika artikel anda di share berulangkali dan menjadi topik bahasan dari banyak orang maka mesin pencari akan mempertimbangkan index atau reindex artikel tersebut.

Dengan cara diatas, Anda dapat mempercepat proses index dan reindex artikel oleh Google.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *