Membangun Konten SEO dalam Bisnis Online

Membangun Konten SEO dalam Bisnis Online

Membangun konten yang sejalan dengan keinginan mesin pencari sangat kritikal. Konten tesebut disebut konten SEO. SEO adalah Search Engine Optimization.

Jadi, Anda harus membuat konten yang memang memenuhi kaidah – kaidah SEO, supaya nanti konten tersebut bisa muncul di halaman pertama hasil mesin pencari. Lalu bagaimana membangun konten SEO dalam Bisnis Online secara tepat? Perhatikan hal berikut ketika membuat sebuah konten.

Pahami Pengunjung

Meskipun berkaitan dengan mesin, tepatnya search engine, namun pihak yang melakukan pencarian adalah manusia. Karena itu, Anda harus memahami kemauan dan kegemaran manusia yang mencari info di mesin pencari tersebut. Apa tujuannya memahami pengunjung ?

Pertama, membuat informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika informasinya cocok dengan yang dicari, sudah pasti pengunjung akan senang dan betah di situs.

Kedua, menulis dengan gaya bahasa yang sesuai dengan pengunjung. Ini untuk memastikan bahwa informasi disampaikan dengan baik.

Riset Kata Kunci

Mesin pencari memberikan hasil berdasarkan keyword atau kata kunci yang disampaikan oleh pengunjung atau pencari informasi.

Jika situs tidak memiliki informasi mengenai kata kunci tersebut, mesin pencari tidak akan menampilkan situs Anda di hasil pencarian.

Tulis untuk Manusia

Pembaca Anda adalah manusia. Maka tulis untuk manusia. Meskipun banyak aturan mengenai cara penulisan SEO, tetapi menulis sesuatu yang enak dibaca itu jauh lebih penting.

Selain itu, mesin pencari sudah semakin canggih. Mereka bisa memahami artikel dengan baik. Karena itu, tulislah untuk manusia. Jangan tulis untuk mesin.

Pahami Basic On-Page

Karena berhubungan dengan mesin, sejumlah ketentuan mengenai cara penulisan dan teknik SEO wajib dipahami dan diikuti dengan baik. Ada sejumlah hal yang penting secara teknik penulisan artikel SEO, antara lain:

  • Title tag. Ini wajib diisi dengan keyword utama tercantum di dalamnya. Sudah ada plugin yang membantu menulis title tag dengan baik.
  • Meta description. Ini muncul di hasil pencarian sebagai ringkasan artikel anda. Ini bisa meningkatkan klik ke website anda apabila dimanfaatkan dengan tepat.
  • Umumnya URL website muncul secara otomatis, dibuat sama dengan judul artikel anda. Lebih baik gunakan URL yang dimodifikasi, yaitu: mengandung keyword utama, tidak terlalu panjang dan tidak mengandung preposisi.
  • Di dalam setiap artikel, usahakan gunakan heading (H2 dan H3) untuk mempermudah membaca dan memberikan petunjuk kepada mesin pencari mengenai struktur artikel kita.

Manfaatkan Sosial Media

Hampir semua orang bermain social media sekarang. Manfaatkan itu. Setelah posting artikel, Anda bisa men-share posting itu di social media. Supaya teman – teman bisa membagi ke teman – teman lain.

Jika artikelnya bagus dan menarik, itu bisa jadi viral dan tentu saja meningkatkan volume pengunjung Anda.

Kesimpulan

Mesin pencari adalah sumber utama pengunjung. Karena itu Anda harus bisa membuat konten yang sesuai dengan keinginan mesin pencari.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *