Memaksimalkan Proses Optimasi Website Anda

Memaksimalkan Proses Optimasi Website Anda

Apa yang terpikirkan oleh anda ketika mendengar kata SEO? Bagi pengguna website melakukan SEO itu sangat penting agar website bisa optimal di mesin pencarian. Kebanyakan orang hanya fokus pada kata kunci utama saja tanpa mempertimbangkan faktor lainnya yang dapat mendukung kualitas website di mesin pencarian.

Tetapi ketika anda hanya berfokus kepada satu kata kunci saja, ada kemungkinan bahwa usaha-usaha yang telah anda lakukan agar website anda memperoleh posisi yang tinggi di mesin pencari seperti Google akan gagal.

Di dalam algoritma mesin pencari sekelas Google, hanya melakukan optimasi keyword saja tidak cukup untuk membuat Google menilai website anda mempunyai kredibilitas yang layak untuk ditampilkan dengan ranking yang tinggi saat pencarian kata kunci.

Di dalam artikel ini  akan dijelaskan berbagai aspek sederhana yang dapat memberikan dampak positif pada ranking SEO website anda.

Menentukan pasar bisnis anda secara spesifik (Niche Market)

Di dalam dunia online jika anda ingin membangun bisnis, maka anda harus mempunyai gambaran siapa target pasar sesuai dengan bisnis yang anda geluti.

Dengan mengetahui target pembelinya, maka lebih mudah untuk anda untuk menyasar pangsa pasar yang tepat sehingga tidak membuang waktu.

Dan dengan mentargetkan pasar yang spesifik, hal ini akan memperbesar peluang website anda ditampilkan oleh mesin pencari ketika ada seseorang melakukan pencarian yang spesifik tentang bisnis anda.

Membuat dan menerbitkan artikel yang berkualitas tinggi

artikel yang bermanfaat

Dwell time” atau waktu tinggal,  merupakan jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di dalam website anda dan hal ini juga memberi pengaruh terhadap peringkat website anda.

Ketika anda membuat artikel yang menarik, bermanfaat, dan sesuai dengan topik bisnis maka artikel anda akan disukai oleh banyak orang dan bahkan orang-orang akan membagikan artikel anda kepada teman-temannya di akun sosial media mereka. Hal ini akan memberikan website anda nilai plus.

Berapa jumlah kata yang ideal untuk sebuah artikel ?

Jumlah kata dalam artikel tidak terlalu memberikan pengaruh di dalam dunia SEO  – namun anda berkesempatan untuk memberikan nilai lebih dalam artikel, seperti memasukan beberapa kata kunci, memasukkan outbound link (tautan ke website lain sebagai referensi), dan mempercantik susunan kata di dalam artikel anda.

Hal-hal ini dapat membuat orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu membaca artikel anda.

Masukan kata kunci dan outbound link secara wajar di dalam artikel anda karena website dapat terkena penalti oleh algoritma mesin pencari bila anda memasukan kata kunci secara asal-asalan dan tidak wajar.

Kecepatan loading website anda

Mesin pencari sekelas Google dan Bing ikut menyertakan kecepatan loading website ke dalam algoritma mesin pencari mereka.

Bayangkan apa yang akan terjadi jika website yang anda kunjungi memiliki waktu loading yang lama, maka besar kemungkinan pengunjung website akan membatalkan niatnya untuk masuk ke dalam website dan peluang anda untuk mendapatkan konsumen baru menjadi hilang.

Terdapat banyak cara untuk mempercepat waktu loading website anda, beberapa diantaranya yaitu;

  • menggunakan plug-ins yang benar-benar anda butuhkan untuk mengelola website dan menghapus plug-ins yang tidak anda butuhkan
  • membuat cache untuk website anda
  • mengoptimasikan gambar di dalam website dengan mengurangi ukuran gambar
  • menggunakan kata kunci website anda sebagai alt tag gambar.
  • dan masih banyak lagi.

Hal-hal tersebut membantu mempercepat loading website anda dan membantu mesin pencari untuk mengetahui relevansi gambar pada website anda dengan apa yang diketikan para pencari di mesin pencari.

Broken link

Siapa yang ingin mendapatkan 404 page atau forbidden page saat melakukan pencarian di internet?

Apa yang akan anda lakukan jika tidak dapat mengakses sebuah halaman website? Tentu anda akan segera keluar dari website tersebut.

Broken link atau link yang rusak dapat menyebabkan algoritma mesin pencari memberikan citra buruk bagi website anda dan bagi pengunjung website anda, maka dari itu penting bagi anda untuk melakukan pengecekan setiap halaman pada website, apakah bisa diakses atau tidak.

Untungnya anda tidak perlu melakukan pengecekan link secara manual, terdapat beberapa tool dan app yang dapat melakukan pengecekan tautan URL secara otomatis, salah satunya menggunakan tool yang disediakan oleh Google, yaitu Google Webmaster Tools.

Anda cukup mendaftarkan website anda ke Google websmaster tool dan setelah beberapa waktu anda bisa melihat laporan tentang website anda secara lebih detail.

Social Sharing

sosial media

Siapa yang tidak mengenal Facebook, Twitter, Pinterest,  dan berbagai media social yang bermunculan sekarang ini? Media-media tersebut selain berperan sebagai media sosial juga dapat memberikan referensi yang bagus bagi website anda.

Dengan  membagikan artikel blog website anda melalui social media dan memfokuskan pada pasar target bisnis dalam sosial media, maka anda akan memberikan 2 manfaat bagi website anda, sudah tentu mempromosikan bisnis anda melalui sosial media dan memberikan pengaruh bagi pembaca tentang kredibilitas bisnis anda.

Anda juga dapat  memasukan tombol sosial sharing di website anda untuk memudah pengunjung website anda untuk membagikan artikel anda melalui platform sosial medianya.

Dengan mengikuti beberapa petunjuk sederhana di atas, seyogianya dapat membantu meningkatkan peluang website anda memiliki peringkat website yang bagus pada mesin pencari. Semakin baik posisi website anda, peluang untuk memperoleh konsumen baru lebih besar.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat