Keuntungan Menjadi Blogger

Keuntungan Menjadi Blogger

Keuntungan Menjadi Blogger

Blogger – Blogger merupakan sebutan bagi seorang penulis dalam sebuah blog atau web log. Secara umum blog digunakan untuk mencatat personal yang kemudian perlahan digunakan untuk berbagai ilmu pengetahuan dan bahkan sebagai penunjang internet marketing sebuah website.

Blogger tidak selalu berasal dari kalangan berpengetahuan diatas rata-rata, melainkan blogger bisa berasal dari berbagai kalangan tanpa ada batasan umur, status sosial dll. Biasanya seorang blogger memiliki keinginan untuk berbagi pengalaman sekaligus untuk mendapatkan uang.

Untuk mengenal lebih jauh tentang blogger, perlu kiranya mengetahui keuntungan menjadi blogger dan kekurangan menjadi blogger.

 

Apa Keuntungan Mempunyai Situs Blog atau Menjadi Blogger?

 

Menjadi seorang blogger dan memiliki situs blog yang populer, menjadikan anda memiliki banyak keuntungan atau kelebihan yang menjadikan blogger berbeda dengan yang lainnya. Beberapa keuntungan menjadi seorang blogger yaitu:

  1. Punya daya pikir kreatif dan inovatif 

    Keuntungan menjadi blogger yang pertama yaitu mempunyai daya pikir kreatif dan inovatif. Kenapa memiliki kelebihan dalam daya pikir kreatif dan inovatif bisa dibilang merupakan keuntungan menjadi seorang blogger? Kenapa tidak, menjadi seorang blogger diharuskan untuk membuat karya yang orisinal dan baru yang dapat memikat pengunjung untuk mengunjungi blog mereka.

    Selain baru, semua harus unik dan original buatan sendiri. Walaupun pada dasarnya ide dan materi banyak di dapat dari berbagai sumber yang ada di internet. Namun dalam hal penyampaian sudut pandang tentang sebuah kasus pasti akan jauh berbeda dengan cara penyampaian blogger lainnya.

    Setiap blogger memiliki ciri khas dalam hal penyampaian materi yang dibawakan. Ada blogger yang berbelit-belit dalam penyampaian dan ada membahas dengan bahasa ringan dan mudah dimengerti. Dalam hal ini jam terbang, tingkat kreativitas serta inovasi yang sangat berperan penting untuk menjadikan ciri khas tersebut semakin tampak.

    Bukan hanya dalam hal konten, tampilan blog dan strategi marketing blog juga membutuhkan pemikiran kreatif dan inovatif. Dengan pemikiran ini, maka blog yang mereka miliki dapat menarik lebih banyak pembaca setia untuk sekedar berkunjung, berkomentar, atau bahkan berbagi ke sahabat terdekat.

    Dengan daya pikir kreatif dan inovatif maka blog tidak terkesan sama dengan jutaan blogger yang ada di dunia inilah kenapa bisa dibilang keuntungan menjadi blogger. Inovasi dan kreatifitas tanpa batas yang dimiliki dalam diri blogger mampu membuat blogger lawas tetap kuat sampai kapanpun. Bahkan tidak akan mudah terkalahkan oleh blogger pemula karena konsistensi mereka sudah tidak bisa diragukan lagi.

  2. Tekun dan konsisten

    Keuntungan menjadi blogger yang ke dua adalah memiliki sifat tekun dan konsisten. Ketekunan dan konsistensi dari seorang blogger adalah kunci sukses mereka dalam meraih target yang mereka idamkan.

    Di dalam dunia marketing, penilaian peringkat website juga bersumber dari konsistensi dalam pengelolaan blog atau website. Dengan adanya hal tersebut maka blogger akan dituntut selalu melakukan inovasi dan pembaruan terhadap konten maupun web atau blog yang mereka kelola.

    Semakin tekun dan konsisten maka akan semakin menguntungkan untuk posisi dari blogger tersebut. Jika konsistensi itu dilakukan dalam jangka panjang maka mesin pencari akan menilai blog tersebut memiliki kelebihan dibandingkan dengan blog yang lain dan ujung-ujungnya posisi blog tidak akan mudah dikalahkan oleh kompetitor.

    Untuk bisa bersaing dalam pesatnya perkembangan teknologi website yang kian hari melakukan pembaharuan yang signifikan, menjadikan blogger harus lebih tekun dalam mempelajari pembaharuan-pembaharuan tersebut dan menerapkannya pada blog mereka.

    Selain hal tersebut, publikasi dan pembuatan artikel juga membutuhkan ketekunan yang ekstra. Tidak mudah untuk konsisten dalam publikasi artikel blog, butuh ketekunan yang ekstra keras yang dapat menguras pikiran dan waktu.

    Tidak jarang untuk menyelesaikan sebuah artikel blog yang baik membutuhkan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Itupun tidak dilakukan untuk satu atau dua hari kedepan, ada periode publikasi yang harus dicapai.

    Seperti contoh dalam seminggu harus publikasi dua artikel yakni pada hari senin dan hari kamis. Dengan target tersebut maka blogger mau tidak mau harus tekun untuk mencapai konsistensi tersebut.

    Kenapa harus konsisten dalam publikasi artikel?

    Tujuannya sederhana yaitu untuk membuat bot mesin pencari memberikan penilaian positif terhadap web atau blog yang sedang kita kelola karena ada unsur keberkalaan dari blog tersebut.

    Selain hal tersebut, konsisten dalam publikasi juga dapat memberikan sumber bacaan yang lebih banyak kepada pembaca sehingga target pasar akan menjadi lebih luas dan bervariatif. Dalam hal ini tentunya harus sesuai niche website dan kata kunci yang ditargetkan.

    Dengan kata lain, konsisten dalam hal publikasi akan mendongkrak SEO web dan sekaligus meningkatkan rengking hasil pencarian untuk web atau blog tersebut.

  3. Berdaya saing tinggi

    Keuntungan menjadi blogger yang ketiga yaitu mempunyai jiwa berdaya saing yang tinggi. Memiliki jiwa dengan daya saing tinggi akan memberikan keuntungan tersendiri bagi blogger dan blog yang dikelola. Kemauan untuk bersaing akan bertahap menjadikan konten atau blog lebih baik dan kian hari akan semakin lebih baik.

    Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

    Jika dilihat kepada personal blogger itu sendiri, blogger yang memiliki daya saing yang tinggi akan memiliki kelebihan dimana tidak akan pernah menyerah walaupun yang diajak bersaing adalah blog-blog besar yang sudah memiliki popularitas yang tinggi.

    Dengan daya saing ini, seorang blogger akan berusaha dengan kemampuan yang dimiki saat ini untuk mengejar target yang mereka inginkan (dalam hal ini peringkat SERP). Berbagai upaya mereka lakukan hingga target yang mereka ingin capai dapat dicapai sesuai dengan keinginan.

    Dalam proses pencapaian tersebut, blogger membutuhkan ilmu yang dinamakan internet marketing untuk memasarkan web atau blog mereka agar dikenal dan dikunjungi pembaca. Seperti yang diketahui, dalam hal internet marketing tidak memiliki cara yang valid untuk menjadikan posisi web atau blog berada di posisi atas.

    Mau tidak mau mereka membuat dan menemukan cara sendiri yang besar kemungkinan berbeda dengan jalan yang pernah blogger lain lalui. Disinilah daya saing tersebut menjadi motivasi untuk mewujudkan target yang ingin dicapai.

    Tidak perlu takut bersaing hanya karna pemula dalam dunia blogging. Yang terpenting adalah mau mencoba dan berusaha untuk menjadikan blog semakin baik dan perlahan tanpa disadari sudah menempati posisi terbaik dalam pencarian mesin pecari.

  4. Memiliki penguasaan dalam bidang IT

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya yaitu memiliki penguasaan dalam bidang IT atau teknologi terkini. Hal ini dikarenakan blogger sudah terbiasa menggunakan internet dan teknologi seperti mobile dan desktop untuk mengelola data yang nantinya akan diunggah pada halaman blog.

    Pengusaan bidang IT bukan hanya sekedar dalam hal membuat blog, namun lebih jauh daripada itu. Seperti contoh dalam membuat artikel dengan topik “smartphone” maka blogger tersebut secara otomatis akan belajar tentang smartphone dari berbagai merek dan tipe.

    Pembahasan akan dilakukan secara mendetail disesuaikan dengan sudut pandang masing-masing blogger. Dengan hal ini, akan ada penguasaan baru yang dikuasai yaitu terkait teknologi smartphone.

    Selain itu pengusaan terhadap tools yang digunakan sebagai sarana pemasaran di internet juga bisa dibilang penguasaan dalam bidang IT. Hal ini dikarenakan aplikasi yang digunakan membutuhkan pemahaman-pemahaman khusus yang hanya diketahui oleh pelaku internet marketing itu sendiri.

    Dari sekian banyak tools yang perlahan dikuasai, yang menjadi dasar dan fokus dari seorang blogger yaitu penguasaan dalam bidang website. Kemampuan ini akan sangat membantu blogger dalam mengelola blog agar sesuai dengan kebutuhan yang ada.

    Dengan penguasaan coding web maka blogger dapat membuat atau sekedar mengubah tampilan web atau blog sesuai dengan keinginan dan kebutuhan yang ada. Tentunya dalam hal ini perlu belajar lebih jauh dan lebih banyak dengan cara membaca tutorial atau menanyakannya pada forum diskusi blog.

    Dengan berbagai alasan diatas maka dapat dikatakan bahwa blogger memiliki keunggulan dalam hal pengetahuan atau penguasaannya terhatap IT yang diatas rata-rata.

  5. Teliti dalam bekerja 

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya adalah mempunyai ketelitian dalam bekerja. Disamping teliti dalam menulis artikel juga teliti dalam memilih topik bahasan yang nantinya akan dibahasa dan disebarluaskan secara publik di internet.

    Semakin menarik topik yang dibahas (biasanya ditandai dengan adanya banyaknya pencarian terhadap topik yang dimaksud) maka akan semakin berpeluang untuk tampil pada posisi teratas di SERP.

    Ketelitian dalam menganalisa kekuatan kompetitor baik dari sisi SEO on page maupun off page akan menjadikan setiap hasil karya yang dibuat akan menempati posisi terbaik dalam pencarian.

    Ketelitian dalam mencati cara menentukan kata kunci, menempatkan kata kunci, mencari kata kunci terkait (Keyword LSI) dan seberapa padat kata kunci tersebut dalam sebuah artikel merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Agar jangan sampai artikel yang dibuat dinilai sebagai artikel spam karena memiliki kata kunci yang terlalu padat dan terkesan tidak natural. Dalam hal ini perlu dilakukan pengecekan-pengecekan lanjutan sebelum akhirnya artikel tersebut dipublikasi dan ditawarkan untuk dilakukan pengindeksasian oleh mesin pencari.

    Selain itu, ketelitian dari seorang blogger juga akan memberikan keuntungan bagi pembaca artikel. Hal ini disebabkan karena artikel tersebut ditulis secara detail dan menyeluruh tanpa ada tertinggal sedikitpun. Bisa dikatakan kesalahan yang dibuat telah diminimalisir sedemikian rupa melalui beberapa tahapan yang sistematis.

    Semakin teliti maka akan semakin baik bagi blogger dan tingkat kesalahan yang ada akan semakin sedikit.

  6. Bisa internet marketing

    Kentungan menjadi blogger selanjutnya yaitu bisa internet marketing. Internet marketing adalah hal mutlak yang harus dikuasai oleh seorang blogger. Seperti yang telah disebutkan di atas, internet marketing akan membantu blog atau web untuk menempati posisi terbaiknya di SERP.

    Kaitannya dengan blogger yaitu berada pada sisi persaingan global yang diterapkan oleh mesin pencari. Untuk bisa bersaing dengan jutaan blogger di dunia dalam pembahasan yang sama maka seorang blogger harus belajar tentang internet marketing. Karena kebutuhan tersebut, maka secara otomatis blogger memiliki kelebihan dalam hal penguasaan teknik-teknik internet marketing.

    Dengan bantuan internet marketing maka akan sangat membantu blogger dalam menggapai target pasar yang diincar. Dimana seorang blogger yang menguasai teknik optimasi akan jauh lebih berhasil dan berkembang dibandikang dengan blogger yang tidak memahami konsep optimasi blog.

    Belajar internet marketing berarti mempelajari cara kerja mesin pencari ataupun media lain yang digunakan sebagai pendukung pemasaran. Dengan memahami cara kerja maka kita bisa mengoptimalkan apa yang kita kerjakan (dalam hal ini konten artikel).

    Dengan pengoptimalan artikel dengan membuat artikel yang SEO friendly dan User friendly akan sangat mendukung anda untuk mencapai target yang diincar. Perlu adanya pemahaman-pemahaman khusus yang senantiasa anda gali dan cari karena perkembangan teknik dan ilmu internet marketing sangat dinamis dan cepat berkembang.

  7. Punya hoby membaca dan menulis

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya yaitu mempunyai hoby membaca dan menulis. Seorang blogger sudah barang tentu memiliki kelebihan atau keunggulan dalam bidang kegemarannya dalam hal membaca. Dengan membaca maka ide-ide baru dapat tercipta dan artikel barupun akan bisa dipublikasikan.

    Apakah ada blogger yang tidak gemar membaca?

    Saya rasa kemungkinan itu pasti ada namun kecil. Kenapa saya katakan kecil? Karena blogger pada umumnya bekerja merangkai kata menjadi tulisan kemudian mempublikasikannya. Dalam proses menulis artikel saja akan ada proses membaca artikel berulang kali, baik membaca dari sumber lain terkait topik juga membaca artikel yang telah atau sedang dibuatnya.

    Dengan alasan tersebut sudah tentu seorang blogger mau tidak mau akan gemar membaca hal baru untuk mendapat inspirasi yang baru.

  8. Memiliki bahasa yang informatif dan mudah dimengerti

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya yaitu memiliki bahasa yang informatif dan mudah dimengerti. Sebagian besar blogger yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi akan memiliki bahasa yang informatif dan mudah dimengerti.

    Hal ini merupakan modal utama mereka untuk mengajak lebih banyak pembaca agar setia membaca hasil karya mereka. Dengan pembahasan yang informatif dan ditambah dengan cara penyampaian yang mudah dimengerti akan membuat pembaca betah membaca artikel yang dibuat.

    Bahasa yang informatif akan memberikan dampak yang positif kepada pembaca, dimana pembaca mendapatkan banyak ilmu yang dituangkan ke dalam bahasan yang mudah dipahami. Kemudian jika dilihat dari sisi blogger, dia akan merasakan kepuasan tersendiri karena ide dan gagasan yang menjadi buah pikirannya dapat tertuang dan diterima dengan baik oleh pembaca.

  9. Mampu menyampaikan pendapat dengan jelas dan rinci

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya yaitu mampu menyampaikan pendapat dengan jelas dan rinci. Menjadi seorang blogger akan dituntut untuk mengemukakan pendapat dengan jelas dan rinci. Tujuannya yaitu memberikan pandangan atau pemikiran terkait penyelesaian sebuah masalah yang dihadapi sehingga mencapai sebuah kesimpulan yang pada akhirnya akan membantu pembaca.

    Dengan penjelasan yang jelas dan rinci akan membuat permasalah yang rumit menjadi mudah dipahami. Seperti halnya dengan penguasaan bahasa yang informatif, penyampaian pendapat dengan jelas dan rinci menjadi hal yang sangat diperlukan oleh seorang blogger.

    Dengan adanya hal ini maka pembaca akan sangat dimudahkan dalam memahami tujuan dan maksud dari penulis blog. Sehingga gelar artikel yang informatif akan mudah untuk didapat.

  10. Memiliki popularitas tersendiri

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya yaitu memiliki popularitas tersendiri. Bagi blogger profesional yang sudah memiliki nama di kalangan blogger maka akan secara otomatis memiliki popularitas tersendiri. Biasanya blogger profesional pernah aktif dalam berbagai forum yang menunjang aktifitas blogging.

    Tidak hanya untuk menggali ilmu namun juga akan berbagi kepada sesama member dalam forum. Perlahan sesuai dengan perkembangan ilmu yang dimiliki maka akan semakin banyak orang yang mengikuti dan sekaligus menjadi pembaca aktif dalam blog.

    Karena ada rasa terbantu dari setiap tulisan yang dibuat oleh penulis, maka akan semakin besar popularitas yang didapat oleh blogger tersebut.

    Selain dari forum atau grup diskusi, pencapaian popularitas bisa disebabkan karena sebagian besar artikel yang dibuat menempati posisi terbaik di mesin pencari dan menjadi perbincangan di sosial media. Bahkan tidak jarang dipakai menjadi acuan dalam karya blogger yang lain.

    Dengan hal tersebut maka menjadi seorang blogger akan membuat anda memiliki popularitas tersendiri berdasarkan kemampuan atau profesionalisme yang dimiliki.

  11. Perkerja keras dan visioner

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya yaitu memiliki jiwa pekerja keras dan visioner. Seorang blogger biasanya memiliki jiwa pekerja keras dan visioner. Kenapa demikian? Karena disamping hasil dari membuat blog tidak bisa dinikmati dalam hitungan hari atau minggu, juga menjadi blogger butuh kerja keras dalam hal membangun blog yang SEO friendly, menciptakan artikel yang user friendly, dan juga dalam bidang menciptakan backlink yang berkualitas.

    Semua hal di atas butuh kerja keras dan target yang telah ditentukan dari awal. Sehingga visi yang ingin dicapai dapat terwujud sesuai dengan keinginan.

    Penentuan target dan memperhitungkan kemampuan diri dalam mencapai target adalah strategi terpenting yang harus dimiliki. Jika kemampuan diri masih kurang maka perlu belajar lebih keras hingga mencapai target yang diharapkan.

  12. Tidak terpaut usia, latar belakang pendidikan, dan status sosial

    Keuntungan menjadi blogger yaitu tidak terpaut usia, latar belakang pendidikan, dan status sosial. Siapa saja bisa menjadi seorang blogger dan berhak bersaing dengan siapa saja.

    Hal ini dikarenakan luasnya topik bahasan yang bisa dibahas dalam setiap blog dan topik pembahasannya pun sangat fleksibel asalkan pembahasanya konsisten dan saling terkait.

    Dengan adanya hal di atas tidak ada lagi batasan yang berarti untuk menjadi seorang blogger.

  13. Senang belajar hal baru

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya  yaitu memiliki wawasan yang luas, hal ini disebabkan karena untuk menjadi blogger harus senang belajar hal baru, sekalipun topik bahasan yang dibahas bukan bidang ilmu yang dimiliki. Semakin banyak yang bisa dipelajari maka akan semakin baik dan semakin banyak wawasan yang bisa diketahui.

    Kebanyakan blogger membuat hasil karya yang mungkin bukan bidang ilmunya atau profesionalnya. Biasanya dalam hal ini meraka melakukan riset terlebih dahulu sebelum menulis artikel. Riset yang dilakukan mulai dari membaca materi terkait topik yang dibahas kemudian dilanjutkan ke pencarian kata kunci yang yang sesuai. Setelah semua dirasa cukup maka akan dilanjutkan ke penulisan artikel.

    Disamping hanya sekedar belajar langkah-langkah menulis di blog, seorang blogger akan belajar menyesuaikan diri dengan platform yang digunakan, baik itu Blogspot maupun WordPress. Biasanya di awal, blogger pemula akan banyak belajar tentang bagaimana cara menambah artikel pada blog yang telah dibuat. Seperti halnya cara memposting artikel di blog (baik cara memposting artikel di blogspot maupun cara memposting di blog wordpress) agar memenuhi SEO dan memiliki tampilan yang menarik.

    Dengan hal tersebut, menjadi seorang blogger akan menjadikan pribadi anda untuk senang belajar hal baru, tentunya akan jauh lebih mudah jika anda berbekal hoby membaca dan keinginan belajar hal yang baru.

  14. Mempunyai analisa yang baik

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya yaitu mempunyai analisa yang baik. Menjadi blogger akan membuat anda selalu mengasah kemampuan analisa yang dimiliki. Kemampuan analisa ini diperlukan pada saat pembuatan artikel, pencarian keyword yang tepat, maupun dalam hal menganalisa kebutuhan pasar.

    Dengan kebiasaan dalam hal analisa, maka seiring dengan waktu akan membuat blogger itu sendiri mempunyai kemampuan atau kelebihan dalam bidang analisa. Lambat laun kelebihan dalam analisa akan membawa dampak yang menguntungkan bagi blogger tersebut.

    Dengan analisa yang baik maka proses pembuatan artikel akan jauh lebih mudah dan yang terpenting adalah informasi yang disampaikan dari artikel tersebut tidak melenceng dari fakta-fakta yang ada.

  15. Tahu banyak hal

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya yaitu mengetahui banyak hal. Blogger hampir bisa disamakan dengan wartawan yang mengetahui banyak hal tergantung dari tren terkini. Dibantu dengan kemampuan analisa yang baik dan cara penyampaian informasi yang baik maka seorang blogger mampu menyampaikan informasi yang mereka dapatkan di lapangan dengan keunikannya sendiri.

    Layaknya jurnalis, blogger sudah terbiasa menulis artikel dengan topik yang berbeda-beda. Mereka hanya butuh mencari referensi dari berbagai sumber yang bisa dipercaya dan selanjutnya merangkumnya dengan bahasa sendiri hingga menjadi sebuah artikel yang menarik.

    Dengan hoby membaca yang dimiliki dan kemampuan lainnya, tidak berlebihan jika saya menyebut blogger mengetahui banyak hal.

  16. Bisa membantu banyak orang

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya yaitu bisa membantu banyak orang. Dari berbagai macam hasil karya seorang blogger, maka sudah barang tentu satu atau beberapa hasil karya mereka dapat membantu banyak orang yang kebetulan mengalami permasalahan seperti yang mereka tulis.

    Banyak blogger yang membuat artikel berdasarkan pengalamannya sendiri tentang suatu kasus yang kemudian dirangkum sedemikian rupa hingga permasalahan tersebut bisa terselesaikan. Dengan pengalaman ini maka akan memberikan informasi yang dapat membantu sebagian besar orang yang memiliki permasalahan yang sama.

    Disamping hal tersebut, banyak blogger yang memiliki keinginan untuk memberikan pandangan baru tentang suatu topik dengan tujuan untuk memberikan edukasi yang dapat membantu mereka maupun lingkungan di sekitar.

    Pandangan-pandangan tersebut biasanya diambil dari kehidupan nyata dari si penulis. Tidak jarang hasil karya seperti ini menginspirasi dan menggerakkan masyarakat luas untuk berubah ke arah yang lebih baik.

    Dengan beberapa hal di atas, menjadi seorang blogger memiliki keuntungan dalam hal membantu menyelesaikan banyak hal yang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

  17. Bisa mengikuti tren terkini

    Keuntungan menjadi blogger selanjutnya yaitu mengikuti tren terkini. Seorang blogger yang aktif akan memiliki kelebihan dalam penguasaan pasar berdasarkan tren terkini. Dengan memanfaatkan fasilitas Google trend maka seorang blogger mampu mengetahui tren apa saja yang sedang banyak dibicarakan saat ini.

    Dengan hal tersebut, blogger dapat dimudahkan dalam mencari topik bahasan yang sedang ramai dibicarakan, sehingga blog yang dibuat mampu menampung dan menarik minat baca dari pengunjung. Namun dalam hal ini blogger hendaknya menciptakan artikel yang sesuai dengan trend terkini tanpa meninggalkan niche blog yang dimiliki.

    Strategi yang bisa digunakan yaitu dengan mengaitkan fenomena tren terkini dengan niche yang dimiliki oleh blog. Bisa diambil dari sisi dampak tren terhadap niche atau hal lain.

    Dalam hal ini kreatifitas dan inovasi anda sangat diperlukan.

  18. Memiliki Aset Digital

    Keuntungan menjadi blogger yang terakhir dan didamba-dambakan yaitu memiliki aset digital. Seperti yang telah diketahui, blog bisa memberikan anda penghasilan yang tidak tanggung-tanggung jumlahnya. Mulai dari penjualan dari produk yang semakin meningkat, meningkatnya nilai pembayaran iklan yang dipasang pada blog anda, atau bahkan adanya tawaran untuk melakukan review terhadap produk tertentu.

    Dengan alasan tersebut maka blog bisa dipakai sebagai aset digital yang tentunya menguntungkan anda dari sisi finansial.

    Untuk mencapai hal ini tidaklah mudah, tidak akan bisa terwujud jika hanya sekedar membuat dan mendiamkannya bertahun-tahun. Ada proses yang panjang dan konsisten yang perlu dilakukan hingga menjadikan blog tersebut bisa disebut sebagai aset digital yang bernilai jual tinggi.

 

Kerugian Menjadi Blogger

 

Selain banyaknya keuntungan menjadi blogger yang bisa didapat, ternyata menjadi blogger juga memiliki kerugian. Berikut adalah beberapa kerugian menjadi blogger:

  1. Banyak waktu dihabiskan untuk membuat artikel

    Kerugian menjadi blogger yang pertama datang dari banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk membuat artikel. Seperti yang sebelumnya telah disebutkan di atas, dalam pembuatan sebuah artikel bisa saja menghabiskan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Dengan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa “banyaknya waktu yang dihabiskan untuk membuat artikel” merupakan sebuah kerugian menjadi blogger.

    Artikel merupakan bahan baku untuk memutar roda kehidupan dan keberlangsungan dari blog. Tanpa artikel maka tidak akan ada hal yang bisa dibaca atau dilihat oleh pembaca. Dengan hal ini secara otomatis akan menghambat segala keuntungan yang bisa dicapai oleh seorang blogger.

    Menjadi seorang blogger maka anda harus siap menghabiskan banyak waktu untuk membuat artikel sesuai dengan niche yang dipilih dan selalu konsisten dalam melakukan publikasi artikel.

    Dengan konsistensi dan kerja keras dalam membuat artikel maka kerugian dalam hal banyaknya waktu yang dihabiskan dalam membuat artikel akan terbayar dengan banyaknya keuntungan menjadi blogger.

  2. Butuh waktu panjang untuk menghasilkan uang

    Kerugian menjadi blogger yang ke dua yaitu adanya waktu yang panjang untuk dapat menghasilkan uang. Untuk mencapai semua target yang diincar, seorang blogger harus bersabar hingga dapat menghasilkan uang. Akan butuh waktu yang panjang hingga menjadikan blog tersebut bisa dipakai sebagai aset digital yang dapat memberikan hasil berupa financial maupun popularitas.

    Popularitas tidak akan sertamerta datang begitu saja, akan ada proses yang panjang yang harus dilalui untuk mencapai hal ini. Perlu adanya upaya-upaya khusus yang menarik banyak orang untuk mengenal dan menjadikan karya anda sebagai sebuah acuan. Anda harus banyak belajar dalam hal menulis dan strategi internet marketing, agar semua tujuan yang ingin dicapai dapat dicapai dengan mudah.

    Tidak ada yang instan dalam hal menjadi blogger, perlu kerja keras dan pengetahuan yang selalu ditambah dan diperbaharui setiap saat. Pembenahan dan perawatan adalah kunci dari penghasilan blogger, tanpa semua itu akan sulit untuk mencapai apa yang didambakan.

    Dari banyaknya proses yang perlu dipersiapkan dan dilakukan oleh seorang blogger, maka waktu yang panjang untuk bisa menghasilkan uang dari blogger merupakan kerugian menjadi blogger.

  3. Harus kreatif dan inovatif

    Kerugian menjadi blogger ketiga dan terakhir yaitu harus mempunyai pemikiran kreatif dan inovatif.

    Pemikiran kreatif dan inovatif akan selalu dibutuhkan dalam membuat artikel baru. Ditambah lagi, kemungkinan artikal tersebut sudah pernah dibahas dan diulas oleh blogger lain.

    Bagi blogger pemula akan mempunyai kendala dalam hal pembuatan artikel. Kadang mereka bingung dengan artikel apa yang harus dibuat untuk postingan selanjutnya. Karena kurang kreatif dan tidak mampu berinovasi akhirnya publikasi artikel jadi molor dan lama-kelamaan akan mengalami krisis artikel.

    Pemikiran kreatif dan inovatif menjadi kendala banyak blogger untuk bisa tetap konsisten dengan niche blog dan publikasi blog. Terkadang karena saking tidak adanya ide yang bisa dibuat sebagai artikel, mereka akhirnya membuat artikel yang melenceng dari niche yang mereka miliki. Pada akhirnya blog mereka jadi tanpa arah, tidak tau ini blog ber-niche apa atau bisa disebut sebagai blog gado-gado.

    Atau bahkan yang terparah, karena tidak ada ide dalam membuat artikel akhirnya mereka menyerah dan memutuskan berhenti menjadi blogger dan mereka beranggapan kalau menjadi blogger itu susah.

    Dengan beberapa uraian di atas, maka dapat dikatakan bahwa dengan tidak memiliki kreatifitas dan inovasi bisa menjadi kerugian menjadi blogger. Hal ini dikarenakan blog tidak akan memiliki konten yang berkualitas dan pada akhirnya akan ada banyak waktu yang terbuang sia-sia tanpa hasil yang pasti.

 

Itulah merupakan keuntungan dan kerugian dari seorang blogger. Dari penjelasan diatas tentunya lebih banyak keuntungan dari pada kekurangan menjadi seorang blogger. Tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk menjadi blogger. Yaa setidaknya untuk mengisi waktu luang kita dengan memberikan sedikit pengalaman kita kepada masyarakat. Selamat Mencoba 🙂

 

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat