Kenali Tentang Nama Domain

Kenali Tentang Nama Domain

Kenali Tentang Nama Domain

Kenali Tentang Nama Domain – Bagi Anda yang baru saja ingin membuat sebuah website, menentukan domain merupakan hal yang paling penting. Tapi, apa itu domain? Mungkin bagi orang-orang yang sudah mahir di dunia IT dan Web sudah paham mengenai domain dan fungsinya. Namun, bagi Anda yang belum menguasai atau mungkin terbilang baru di dunia web mungkin istilah domain ini cukup membingungkan.

Nama Domain atau Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi satu atau lebih IP Address yang mengarah pada suatu server seperti web server atau email server yang berada di jaringan komputer ataupun internet. Contohnya jos.co.id

Pada dasarnya, fungsi Nama Domain adalah untuk memudahkan para pengguna internet dalam mengakses suatu situs web. Dengan menggunakan nama domain, kita tidak perlu lagi mengingat angka alamat IP server untuk mengakses web.

Contohnya kamu ingin mengakses situs web google.co.id, jika kamu ingin mengaksesnya menggunakan Alamat IP maka kamu harus mengaksenya melalui kombinasi angka seperti 74.125.68.94, hal tersebut untuk akan menyulitkan kita dalam mengakses suatu situs web dikarenakan kita harus menghafal angka – angka rumit tersebut. Maka dari itu muncul lah sistem yang dinamakan Nama Domain untuk memudahkan kita dalam mengakses situs web tanpa mengingat alamat IP dari situs web tersebut.

Karena Internet didasarkan pada alamat IP, bukan nama domain, setiap server Web memerlukan Domain Name System (DNS) server untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP.

Setiap nama domain memiliki akhiran yang menunjukan ekstensi Top-Level Domain atau disingkat dengan TLD. Contohnya:

  1. .id – TLD domain Indonesia
  2. .com – TLD untuk bisnis komersil
  3. .net – TLD untuk penyedia layanan jaringan
  4. .org – TLD untuk organisasi
  5. dan lain sebagainya.

Selain TLD ada juga yang namanya Second-Level Domain atau yang sering disingkat dengan SLD yaitu ekstensi domain yang berada dibawah ekstensi domain utama. Contohnya:

  1. .co.id – SLD untuk perusahaan yang berada dibawah TLD Indonesia .id
  2. .or.id – SLD untuk organisasi yang berada dibawah TLD Indonesia .id
  3. .net.id – SLD untuk penyedia layanan jaringan yang berada dibawah TLD Indonesia .id
  4. .web.id – SLD untuk pengguna pribadi yang berada dibawah TLD Indonesia .id

Sekian artikel pembahasan tentang Apa itu Nama Domain dan Apa Saja Fungsinya?, semoga artikel ini bermanfaat.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *